Motor Rawarontek

thunder1_001

Siang hari sehabis jum’atan tak disangka olehku adalah hari naas buatku,aku mengalami kecelakaan,tabrakan antara motor adiku yang ku pinjam,dengan motor Honda Grand yang dikendarai oleh seorang pria paruh baya.
Kronologisanya adalah ketika aku hendak menyebrang dari gapura samping Dealer motor Honda Netral Jaya Tasikmlaya.
Aku sebenarnya bukan tipikal orang yang suka ugal-ugalan jika naik motor,tapi karena motor yang ku pakai type sport yg memakai knalpot aftermarket,walaupun sudah type DBkiller bermerk NOB1,tp presepsi orang kalo saya pake motor itu tetep disebut ugal-ugalan.
Ya tepatnya tanggal 1 Maret 2013 jam 13.30WIB,aku yang hendak menyebrang bersamaan dengan motor JupiterZ yang saya tidak kenal,kami bersamaan menunggu jalanan kosong,sampai keadaan aman kami berdua beriringan menyebrang kesebrang ke arah kanan,tapi yang bawa JupiterZ maju secara lurus kedepan,tidak belok kesamping,jadi saya bermaksud menyalip dari kiri,nah disaat bersamaan mucul seorang pria paruh baya yang datang menghantam motor saya dari samping,dan brakkkk…
Kami pun “ngararacleng”,saya menghantam mobil bak yang sedang parkir,motor yang saya bawa masuk ke kolong mobil,dan yang parah motor yang menabrak saya terbang melintasi tubuh saya.
Saya masih tersadar saat itu yang saya rasakan sakit di bagian tulang pipi yang menghantam karasori mobil,saya melihat tubuh pria itu menggelinding,saya pun bangun mencoba mengeluarkan motor dari dalam kolong,dan ternyata hanya patah dibagian stang yang bukan bawaannya dan telah diganti dengan stang type jepit.
Orang2 berdatangan,saya bangun menghampiri si pria itu,ya ampun tangannya bergetar ketika saya ajak bersalaman,kulihat darah mengucur dari kakinya,”waduh gawat nih,panjang urusannya” kacau pikiran saya pada waktu itu,saya memutuskan membawanya ke Rs.Prasetya bunda Tasikmalaya.
Tapi alhamdulillah kami berdua berhasil selamat,dengan biaya yang ditanggung berdua,dan urusan ke kantor Polisi yang diselesaikan dengan cara damai hingga akhirnya semua terselesaikan dengan baik.

Yang mau saya bahas disini adalah,motor yang saya pakai hingga tabrakan tapi ajaibnya ketika terjadi benturan yang begitu kerasnya,tapi motornya tetep mulus…
Wow…
Pengen tahu motornya,dialah motor Suzuki Thunder125 non kickstarter,motor yang memiliki spesikasi mesin bervolume Silinder 125cc,Daya Maksimum 11,2PS/9.000rpm,Torsi Maksimum 9,4N.m/7.500rpm Perbandin gan Kompresi 9:2:1,sering dicemooh orang,dicaci maki dihina disantet dll
haha…
Tapi motor ini buatku benar2 terbukti ketangguhannya,saya ingat dulu ketika adik saya membeli motor ini,dalam benak saya “lah motor kyk gini pasti rewel”,tapi ternyata dibandingkan dengan Vario saya yang boros dan perawatan dan sparepart2minggu inden yang mahal,tapi setelah bertahun2 berlalu motor ini lumayan bandel dan terbukti.
Memang sih pertama2 ada masalah,contohnya

-Di sektor Accu,karena motor ini ketika start,mengandalkan sepenuhnya pada Accu,karena tanpa kick starter,tapi setelah diganti dengan Accu yang berarus 10ampere,selama kiprok(akiaki keprok) masih bagus,masalah terselesaikan.

2-Karburator,penyakit motor ini biasanya di sektor karburator yang mengalami masalah,itu memang kekurangannnya,tapi maslah itu terselesaikan setelah diganti dengan Karburator Yamaha RX-King,dan itu terbukti awet sampai sekarang setelah 4tahun.

Dan yang lainnya sya rasa normal2 saja,dan perawatannnya cukup gampang,tapi yang menurut saya ini motor punya lebihnya,motor ini Tangguh dan Bandel,dan terbukti setelah saya mengalami tabrakan dengan motor ini,walaupun tubuh saya terluka tapi motor ini tetep utuh,hanya lecet2 saja,atau mungkin motor ini memiliki fitur “rawarontek” kali ya 🙂
bukan,tapi karena motor ini import dari negaranya Doraemon dan bukan buatan negara JawaBarat,menjadikan kualitas material sparepats dan sasisnya dijamin mantap masbro,gk kaya CheryBerRe atau motor2 Fiktif lainnya yang buatan lokal,yang kalo tabrakan,pasti ke bengkel untuk Pressbody minimal ke bengkel las karena pedal bengkok. :).
Tapi itu semua bukan faktor utama keselamatan,yang terpenting adalah rawatlah motormu seperti merawat dirimu sendiri,minimal ganti oli rutin dan service berkalajengking ke dealer atau bengkel terjauh.
.

. http://warungasep.heck.in/
Sekian kisah dari saya tentang motor”Rawarontek” Suzuki Thunder125thunder02_001
b
b

Advertisements
Advertisements

25 Comments

  1. wah pernah dulu, waktu pulang dari surabaya, kejadian di depan pabrik maspion 2, ada anak smp bawa motor bodong lalu nggak pakai tengak tengok langsung mengarah kanan, lah yang saya sendiri waktu itu lagi “ngebut” langsung banting setir ke kiri, situ yang nggak apa-apa sama sekali cuma kaki, lah saya sendiri jatuh & motor saya “terbang” di atasku, jatuhnya arah kanan di belakang, pas setelah terseret 10 meter baru motor ada didepan & jatuh sebelah kiri….

    • Wah saya juga,masuk rumahsakit,gk pake asuransi atau Jamkesmas,cuma pake betadine doang Rp.400ribu, 🙂
      yang parah yang nabrak saya,kakinya sobek jaitannya banyak,sampe darah tinggi untung gk sampe stroke,hehehe…

      • tapi Alhamdulillah tidak sampai masuk rumah sakit, hanya luka di lutut & mata kaki (kebetulan pulang kuliah), jaket kuliah robek di dada kiri…
        motor saya parah banget, dari streering handle patah, sein retak, shroud pecah tapi tak teralu parah…

        anak smpnya kaya ketakutan kalau mau diadu ke polisi, tapi namanya hati nurani tak tega juga ngelihatnya…

        • Ya betul,alhamdulillah hati nurani bisa menyelesaikan permasalahan,saya juga waktu pra kejadian,pengen marah sama tu orang yang nabrak tapi pas lihat yg nabrak orang tua,jadi inget almarhum ayah saya,jadi berubah kasian,makanya saya bawa dia ke rumahsakit,diselesaikan dgn cara damai,dan membayar uang RS bersama2.
          Coba kalo dengan cara lain,misalnya salah satu pihak menuntut,jadi berabe urusannnya apalagi sama polusi,wah jadi panjang nol dari nominal yang bakal keluar,jadi alhamdulillah selama kita masih bisa mengambil jalan terbaik pasti akan menghasilkan hasil yang baik…. Tapi yang penting tetep jaga keselamatan….

  2. ngan gelo na anu kieu mah spare part na marahal mang,thla ge dteun urg anu turun mesin mun d ganti knu ori suzuki lewat ti 2 jt,vario mah paling oge 400 rb an gs jag jag deui mun turun mesin

    • Hehe…. Nya suzuki mah sparepartna marahal + di Tasikmah langka,tapi alhamdulillah tos 9taun can turun mesin,mulus keneh,karek ganti karbu+accu nu 10ampere…
      Vario mah lamun ka Ahass tiap aya masalah sok tara beres,kamari ge ganti kanvas kopling Rp.240rbu inden,+ongkos pasang,tos kitu teh anchor pin 25rbu,2minggu rusak bossna 80rbu,teu beres kalah parah,Ganti bearing CVT inden 150rbu,pasang rusak CVTna,ganti 250rbu, dsb dsb dsb haduuuuh…. Ampun motor teh…. Hehehe

  3. kaia jupi mx ku ,bandell bgt dah 9 taun masi josss ga rewel meski sering dipuja2 fbh sbagai mbahnya r 15,nevil dsb
    spare part mesin paling baru kampas kopling sekali bulan kmaren

  4. Thunder saya perawatan irit luar biasa mas, ganti oli 1 thn sekali, servis rutin ga pernah, aki baru ganti sekali, lainnya paling ganti lampu depan aja 🙂
    Sampe sekarang masih waras….

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Update Status | Warungasep.com
  2. 1 Tahun Lalu Saya Kapok Balapan | Warungasep.com
  3. 1 Tahun Yang Lalu Saya Jadi Kapok Balapan | Warungasep.com
  4. Video Riding Thunder 125 di Jalan Mangin Tasikmalaya | WARUNGASEP★★★☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.