NGOBRAS: Ngobrol Bersama Orang Tua Yang Memberikan Tips Awet Muda Dan Selalu Sehat di Warungasep

Warungasep – Pemirsa jika kita sadari disekitar kita sepertinya yang namanya orang tua lanjut usia sepertinya sangat jarang ditemukan, berbeda dengan negara lain contoh Jepang yang masih banyak terdapat lansia karena dinegara mereka, tingkat harapan hidup masih sangat tinggi, mungkin mereka sangat memperhatikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dan karena faktor budaya juga yang membuat kesehatan menjadi prioritas utama.

Kembali ke negara kita, rata masyarakat tidak memperdulikan kesehatannya, terlihat dari banyaknya jumlah penduduk meninggal di usia muda, saya gak bisa memberikan statistiknya, tapi begitulah yang saya dengar.
Sekarang kita coba berpikir, apakah kita ini sehat pemirsa?
Apakah jika saat ini kita sehat, beberpa tahun kemudian kita akan terus sehat?
Bagaimana jika kita sakit?
Bagaimana jika kita meninggal karena penyakit?
Mungkin sebagian ada yang menjawab, gampang kan ada asuransi dan pemerintah juga sudah memberikan program untuk kesejahteraan dan kesehatan masyarakat dsb.

Ya mungkin sebagian itu ada benarnya dijadikan solusi. Tapi sepertinya tidak akan berlaku merata disemua kalangan masyarakat, bisa dibilang program tersebut belum terealisasi sepenuhnya dan memberikan hasil positif, terutama bagi masyarakat miskin yang menganggap hal itu sama saja malah memberatkan.

Lalu bagaimana solusinya?
Wah kalo nanya itu, saya jawab tidak tahu pemirsa, tapi saya kan share pengalaman saya Ngobrol bersama orang tua yang terlihat sehat dan awet muda.

Ceritanya pada tahun kemarin, orang tua tersebut habis olahraga bulutangkis di sebuah gor yang berada tepat didepan Warungasep, ia membeli minuman dan saya pun mengajaknya ngobrol, dan ternyata ia kenal dengan alm.ayah saya. Saya pun tanya,


☺”kang, usia akang sama dengan ayah saya ya?”

☻”jauh atuh, waktu saya pemuda saya ingat bapakmu masih kecil,masih digendong sama emaknya, nah saya kenal karena bapakmu itu temen adik saya karena seumuran”.

☺”oh gitu,jadi sekarang umur akang berapa tahun?”

☻”lupa,70 atau 80 kayaknya”

☺”wah, umur segitu tapi kok masih kuat badminton ya,kalah saya hehe?”

☻”jangankan badminton, saya kan suka jualan makanan pake sepedah lewat sini tiap hari”.

☺”wah,gak nyangka… Kok bisa sih tetep sehat gitu kang,apa rahasianya?”

☻”hahaha,sekarang saya tanya,bapak kamu meninggal umur berapa?”

☺”55tahun”

☻”nah,bapak kamu sering olahraga gk?”

☺”waktu pemuda sih iya katanya,udah tua gk pernah”.

☻”nah itu masalahnya,badan itu biar sehat ya harus digerakan,seperti saya, badminton hampir seminggu 2kali,gk bosen saya,malahan suka joging,sepakbola atau cuma sepedahan”.

☺”oh gitu,saya malah jarang olah raga kang,aduh…”

☻”hahaha… Makanya tubuh kamu melar Sep, tapi bukan itu saja tipsnya”.

☺”apa lagi kang?”

☻”yang paling utama itu ini”.
si bapak itu menunjuk ke kepalanya, sesaat saya tidak mengerti apa maksudnya.


☻”ini yang selalu jadi penyebab,orang cepet tua dan cepet mati,hahaha”

☺”maksudnya?”

☻”iya,pikiran… Makanya banyak yang sakit jantung,stroke terus mati itu semua penyebabnya pikiran… Mikirin dunia,mikirin orang pada punya mobil,kita kagak… Orang punya duit milyaran,kita kagak.. Mikirin orang pada punya bini cakep,kaya raya,kita kagak… jadi pikiran.. Makanya saya mah enjoy aja,kagak punya mobil,motor,asal punya rumah,anak sekolah tinggi,udah kerja pada nikah,udah nikmatin aja… Sampe sekrang gk mikirin yang lain,tinggal nunggu mati… Haha…”

☺”oh gitu,cuma itu kang?”

☻”yang lain ya biasa,hidup sehat,makan teratur,maksudnya makn gk banyak2 asal cukup gijinya aja,hehe..”

☺”merokok gimana kang?”

☻”ah saya suka merokok,bohong kalo orang yang merokok cepet mati,saya buktinya,hahaha…”

☺”oh gitu kang”

☻”tapi yang penting mah,ibadah..
Kita hidup bukan cuma didunia,tapi nanti di akhirat yang kekal,jadi bersyukurlah… orang yang dikasih umur panjang tapi gk ibadah,percumah…”

Singkat sekali percakapan kami,tapi sangat berarti buat saya khususnya, si bapak itu pun setelah membayar ale-ale langsung pulang, tapi tahukah anda apa yang mengejutkan saya? Sibapak itu pulang sambil joging, busyet dah habis badminton pulangnya langsung joging,wew…

Postingan ini,pernh saya buat di status facebook Desember2013,kalo anda teman fb saya,pasti pernah baca.

25 Comments

  1. sibuk ngejar dunia malah dapet mati…… sibuk ngejar akhirat hidup awet… Ironi kang asep…. nice artikel. pengingat buat kita yang masih punya pilihan. i’m feel gagaro.

Komen Gratis !