Cara Membuat Sebuah Lagu Ala Warungasep


Warungasep – Sebenarnya saya sudah buat konsep tentang postingan sesuai judul diatas, cuman karena sepertinya terlalu panjang lebar dan kurang sesuatu banget,maka saya putuskan untuk membuat postingan lagi,sambil nungguin ngantuk tiba,mungkin jika nanti postingan ini selesai,maka saya masih belum tidur,wew…

Lagu adalah bagian dari musik adalah suatu karya seni yang diciptakan manusia yang berakal,karena dari dulu musik sudah ada,nah hingga sekarang musik mengalami kemajuan pesat mengikuti perkembangan jaman dan dengan kecanggihan teknologi membuat musik menjadi beragam,hingga mengakibatkan musik menjadi beberapa jenis antara musik klasik(jadoel) dan musik modern(masa kini).


Sudahlah langsung pada intinya saja pemirsa,karena tulisan saya limitnya sampe 5000karakter,jadi saya akan memberikan tips tentang bagaimana caranya saya bisa membuat lagu? Dan akan saya share sesuai dengan janji saya kepada kang Andri pemilik blog (kommotor.com).

Sebelumnya saya ingin bercerita,awal mulanya bagaimana saya bisa membuat lagu,itu karena kesukaan saya pada musik sejak dini,dan juga karena faktor orang tua yang juga mendukung,pernah dibahas ( disini ),dan juga faktor lingkungan seperti teman dengan hobi yang sama.
Saya masih ingat bagaimna dulu,saya dan teman saya belajar gitar,main band,belajar drum berinprovisasi memakai galon bekas air mineral,huh sekarang mereka sudah sukses kayaknya,cuman sayang cu,a saya yang gk maju-maju malah jadi penjaga warung,karena mungkin ini jalan saya.
Lalu apa gunanya saya buat lagu?
Entahlah kalo ditanya,apa gunanya,tapi lebih kepada sebuah luapan ekspresi saya melalui media sebuah karya seni yang mungkin sudah menjadi bakat yang diberikan tuhan,dan saya memilih lagu karena sesuai dengan kemampuan saya.

Kembali ke topik,duh saya mulai ngantuk pemirsa…
Bagaimana sebuah lagu bisa tercipta?
Banyak cara sebenarnya,anda bisa cari di google atau dibuku tutorial,tapi jika ingin tahu versi saya,simak saja.
Pertama ada 2cara membuat lagu,

  • Membuat irama lalu lirik
  • Membuat lirik lalu irama
    nah saya akan bahas,point yang pertama dulu,apa saja yang harus diperdiapkan?berikut diantaranya.

1.Alat Musik
Rasanya ini hal yang wajib,karena tanpa ini lagu gk akan harmonis,dan saya merekomendasikan GITAR sebagai media pengiringnya,dan jika anda belum bisa,coba lihat postingan saya tentang chord gitar disanaaaa

2.Moment dan mood yang tepat
Ini hal yang penting,upayakan pada waktu yang serileks mungkin,santai dan terhindar dari gangguan atau pekerjaan yang lain,karena itu bisa mempengaruhi mood anda hingga mempengaruhi hasil karya anda.

3.Mencari Inspirasi
Saya pernah menciptakan lagu berjudul Hujan yang dibuat saat hujan tiba hingga saya dapatkan inspirasinya,hingga menjadi lagu berikut ini:

4.Tentukan Tema
Lalu tentukan tema atau sesuai aliran musik yang anda sukai,atau juga sesuai mood anda tadi,baik itu melow ketika anda sedih atau pop disaat anda bahagia.

Nah jika semua itu sudah anda dapatkan,kina saatnya beraksi.

1.Mainkan Gitarnya
Pertama-tama mainkan gitarnya,sesudah menentukan tema lagunya,sekarang buat rangkaian chord gitar hingga anda menemukan suatu irama yang anda inginkan.

2.Rasakan soulnya
Terus mainkan hingga anda mendapatkan “nyawanya” sebuah lagu yang akan anda temukan iramanya,anda akan menemukannya seperti lagu itu merasuki jiwa anda seperti hantu yang merasuk ke tubuh.ajaib bukan?
Bagaimana sudah anda temukan iramanya?
Jika sudah,terus ulangi hingga anda hapal berulang-ulang dan yang pasti jangan dulu berfokus pada lirik,bebas saja dulu lirik mentah yang akan nanti anda sempurnakan.
Saya malah sering menggunakan lirik ♪na-na -na-na-na♪ sebagai lirik sementara.

3.Merancang Lirik
Nah setelah anda hapal iramanya,lalu buat liriknya yang harmonis,bisa berdasarkan apa saja,sesuai inspirasi,atau puisi yang klop dengan tema.

4.Tentukan bagian lagu
setelah anda menemukan harmonisasi antara irama,lirik dan suara musiknya,sekarang tentukan intro,melodi,reffrain dsb.

5.Rekam
Rekam lagu tersebut,supaya bisa mengetahui bagian mana yang perlu dikoreksi,atau direvisi secara keseluruhan.

Dan setelah anda merasa puas,maka anda telah berhsail membuat sebuah lagu.
Sempurna…

Mungkin hanya itu yang bisa saya share,semoga berguna…

18 Comments

  1. Perfect… 😎
    Nuhun Kang Asep, mau langsung praktek, lamun berhasil dikabaran, lamun gagal mah moal dikabaran… 😀
    Hujan… hujan… bocor… bocorr…

  2. Ah kapok sayamah maen gitar,..
    ceritanya mau belajar gitar sampe beli gitar bolong,.. trus saya lupa naro gitar di tempat duduk sofa,.. tiba2 kk gue datang lalu duduk …””’pleeeeeetookkk”” gitar kedudukin….. wuaseemmmm

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. SoundCloud… Musik Aing Kumaha Aing, Sundul Gan… :D | KomMotor
  2. Antara Imajinasi Dan Realita | Warungasep.com
  3. ♪ Cara Memasang Senar Gitar ♪ | Warungasep.com
  4. Pengen Ngetes Yammaha, Gimana Sih Rasanya??? | WARUNGASEP★★★☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published.