Suara Dering Hp Saat Ibadah Jum’at

Warungasep – Tak terasa sudah memasuki jum’at lagi ya pemirsa, mungkin kita terlalu betah di alam dunia ini menjadikannya setiap detik ini begitu cepat terlewati, tapi mudah2an setiap detik yang kita lewati itu menjadi berkah dan senantiasa kita masih berada di jalanNya yang benar,aamiin…

Bicara soal Jum’at adalah merupakan hari yang special bagi umat muslim didunia karena terdapat ibadah fardhu yaitu ibadah jum’at yang terdapat khutbah dan sholat didalamnya.

Tapi terkadang yang saya lihat, moment ibadah yang diselenggarakan di mesjid ini seringkali dijadikan kepentingan2 yang lain seperti
– waktu tidur siang
– waktunya nongkrong dan ngobrol di teras masjid, dan yang saya temukan akhir2ni ini adalah
– waktunya ngoprek gadget atau handphone

Nah hal itu hampir saya temukan setiap jum’at di masjid tempat saya sholat, apakah anda juga mendapatinya pemirsa?

Padahal di tembok-tembok masjid sudah terlihat jelas peringatan “dilarang membawa hp kedalam mesjid” , tapi apa yang terjadi masih saja orang2 itu dengan tidak ada rasa malu ngoprek hpnya sewaktu khutbah Jum’at, wew…

Ada satu kejadian yang membuat saya cukup terganggu pemirsa, pernah dulu saya duduk bersebelahan dengan seseorang paruh baya, sewaktu khatib khutbah tiba-tiba hpnya berdering. Suara nyaring hp produksi china yang saya lihat itu begitu nyaring menggema diruangan masjid, hingga sesaat khatib pun menghentikan khutbahnya sebentar.

Saya perhatikan si bapak itu lagi membalas sms dan kembali menyimpan hpnya kedalam saku kemejanya, tapi beberapa menit kemudian hpnya pun kembali berdering. Ringtone mp3 lagu country amerika itu begitu mengganggu, hingga sebagian jemaat ada yang menoleh ke arah saya dan sibapak tadi. Dan sibapak tadi pun kembali mengotak atik hpnya dan menyimpannya kembali ke saku.

Nah tidak sampai disitu, suara hp pun berdering kembali, hingga salah satu jemaat menegur saya dengan tatapan jengkel,
“pareman sorana atuh…”
“matikan suaranya…”

loh kok saya yang ditegur???
mungkin dia pikir saya yang ngoprek hp, padahal si bapa yang disamping saya yang asik membalas sms, waduh gawat nih godaannya, tapi alhamdulillah saya kuat sampai khutbah selesai, dan anehnya itu si bapak tadi tanpa rasa malu atau bersalah malah enjoy ngoprek hp, entah gak tau cara ngatur volume atau kurang didikan tentang bagaimana rukun atau aturan ibadah jum’at, minimal etikanya dia tahu ternyata enggak,hmmm miris sekali pemirsa….

Padahal dalam konteks fiqih masalah semacam ini biasa disebut dengan tayswisy, yaitu berbagai macam tindakan yang mengganggu atau menimbulkan keraguan orang yang berada disekitranya. jika tasywisy itu berasal dari bunyi dering HP, atau suara orang berkomunikasi melalui HP di dalam dalam masjid? Jika melihat maslah diatas jelas hukumnya haram, baik mengganggu ataupun tidak. Karena bentuk tasywisynya tidak mengandung ibadah yang mendekatkan diri pada Allah swt. Apalagi jika menimbang etika dalam masjid yang merupakan ruang untuk berdzikir Allah swt tidak untuk yang lain.

Jadi jika melihat masalah ini, apa tindakan kita pemirsa, atau mungkin ada pengalama anda tentang hal2 yang mengganggu ketika ibadah sholat jum’at, monggo ditulis pemirsa…

Semoga bermanfaat…

39 Comments

  1. Tampiling we sakali sakali mah, tuman teuink geus kolot kalakuan oon wae.. halal ngadegulkeun sirah nage ka jelema belegug kitumah..

  2. kakara boga hp mereun kang.

    pengalaman sya dah mulai takbir di depan ada yg bawa hp bunyi ringtone nya oplosan. haduhhh nga khusuk jadinya 🙂

  3. maap kang kalo emang g boleh buka hp, tp ko’ anda bisa foto orang yg lg tidur itu,,,??
    berati maen hp juga dong,,,???

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.