Fenomena Pasar Kojengkang Dadaha di Kota Tasikmalaya


Kompleks Olahraga Dadaha dilihat dari satelit Google.

Warungasep – Jika di Jakarta punya Senayan, kota kecil kami juga punya suatu area yang dikhususkan untuk sara olahraga untuk masyarakat Kota Tasikmalaya, namanya komleks olahraga Dadaha yang letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Tersedia bermacam-macam sarana olahraga, dari mulai stadion sepakbola Wiradadaha yang namanya diambil dari Bupati Tasikmalaya jaman dulu, lalu gor Bulutangkis Gelora Susisusanti yang namanya diambil dari atlet Bulutangkis Senior Indonesia mbak Susi Susanti. Masih banyak lagi seperti lapangan Basket, Voli, kolam renang, dsb.

Namun yang saya bahas kali ini adalah sebuah fenomena unik yang terjadi di tempat ini, yaitu berubahnya tempat sarana olahraga menjadi sebuah pasar dadakan yang terjadi hanya di hari Minggu pagi saja.

Mungkin penduduk Tasikmalaya sudah pada tahu dan tak perlu dijelaskan lagi tentang fenomena ini, tapi mungkin jika anda pembaca diluar kota, tidak ada salahnya untuk mengunjungi daerah ini sekedar berekreasi belanja, berinteraksi dengan penduduk Tasikmalaya, yang mungkin sebagian besar pada berkunjung ke tempat ini di Minggu pagi, bukan sekedar berolahraga tapi juga untuk berbelanja di sebuah pasar dadakan bernama Pasar kojengkang Dadaha

Disebut pasar kojengkang, mungkin dalam istilah lain bahasa sunda ngajengkang, atau bisa diartikan dalam bahasa Indonesianya “ngangkang”.
Tapi sebenarnya kojengkang arti sebenarnya adalah pasar sekejap, atau pasar dadakan, atau pasar kaget.

Disebut begitu mungkin karena kondisi pasar yang begitu penuh pengunjung dalam satu hari saja, hingga para pengunjung jika berada disana merasakan sensasi berdesak-desakan hingga susah untuk bergerak, pokonya seru deh pemirsa.

Pasar ini menjual beraneka ragam jenis dagangan, dari mulai barang2 antik, barang langka, obat tradisional, binatang pelijharaan, binatang langka. Banyak juga beraneka ragam pakaian atau kebutuhan ruamah tangga lainnya, tukang lem tikus, alat penambal panci, bahkan semua yang anda cari yang tak ditemukan ditempat lain. Pasti anda temukan ditempat ini, dijamin… 😀
Selain itu juga banyak tempat rekreasi keluarga, apalagi anak-anak sangat dimanjakan ditempat ini karena begitu beragam jenis hiburan, diantaranya, ada tempat bermain anak, taman yang asri, pohon yang rindamg untuk santai, dan yang unik banyaknya arena bermain anak, seperti Odong-odong, kereta mini, dan yang paling unyu adalah Deldom atau Delman Domba.

Ditempat ini juga tersedia wisata kuliner, jadi jangan heran selain tujuan masyarakat kesini untuk berolahraga dan belanja barang barang yang sangat murah, mereka juga tertuju pada beragam jenis makanan, seperti Bubur Ayam, Bakso, Soto, Mie ayam, dll

Nah, ada 1 tips loh jika ingin mencari makan yang enak dan murah, carilah tempat atau stand jajanan yang banyak pengunjungnya atau penuh tempat duduknya, karena apa? Pengunjung disini sudah selektif memilih makanan yang mana yang enak dan murah, karena saya pernah memilih yang jualan makan yang tempat duduknya kosong, eh ternyata udah mahal, gak enak lagi, hihihi…

Ditempat ini juga sering diadakannya event-event besar, seperti Pameran, Tasik Fair, pagelaran musik band2 papan atas Indonesia, acara music live di televisi seperti Inbox, dan kemarin digelarnya Yamaha Motor Show di Kota Tasikmalaya, dan saya sempat bertemu kang Aher Gubernur Jawa Barat disini.

Nah tertarik untuk berkunjung pemirsa??? Langsung datang saja ke Komlek olahraga Dadaha di hari minggu pagi, dijamin seru… Dan dapatkan yang anda cari…

54 Comments

  1. tiap kota sebenarnya ada, kalo di Purwakarta dulu di Situ Buleud, terus pindah ke daerah Maracang, kalo Di Cikampek di Gerbang kawasan Kota Bukit Indah, kalo di Karawang di sepanjang jalur dari Galuhmas-KCP-puri artha, kota Tasik emang rambu-rambu bikin bingung, banyak jalur searah, jalur muter-muter, banyak tulisan sunda kuno, banyak tulisan arab, banyak cewe cantik make tiung #eh :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  2. janten emut keur jaman sakola sma tiap malam minggu sok ameng ka dadaha sareng kabogoh, tras tengah wengi sok ningal anu trek2an di jalan HZ… iraha atuhnya abdi ka tasik deui?

1 Trackback / Pingback

  1. Tasik Festival 2015… Jalan-jalan ke Event Tahunan Festival di Kota Tasikmalaya | WARUNGASEP★★★☆☆

Komen Gratis !