Oh… Kirain Scorpio Facelift


Yang Jelas Ini bukan membahas Yamaha Scorpia jet 😀

Warungasep – Kemarin sore saya dikejutkan oleh teriakan istri saya di dalam rumah
“..Oemji(oh mai got) look at kolong, ada something disanah…”
setelah saya periksa ternyata ada makhluk hidup disana, lalu saya ambil, langsung masukin kedalam kantong plastik bening.

Entah dari mana datangnya itu makhluk aneh, yang jelas gitu aja ada di kamar tidur.
Mungkinkah kiriman teluh?
Halah.. Hare gene pemirsa, positif thinking aja, saya ingat waktu minggu kemarin saya bawa sandal yang disimpan dalam kantong keresek yang diambil dari rumah nenek dikampung, mungkin makhluk itu ikut bertransportasi dalam keresek tersebut,wew…

Nah sekarang yang buat saya penasaran, makhluk apa ini?
Secara fisik, bentuknya mirip kala jengking, tapi berkaki bala-bala eh laba-laba, tapi kalo kala jengking, kok gak ada ekor yang menjadi ciri khas scorpion seperti biasanya, ini berupa ekor seperti bulu gitu aja.

Wah mungkinkah ini, species baru yang pertama kali ditemukan, dan saya adalah penemunya?
Eureka!!!(lebay edisyen)

Karena penasaran, langsung saja saya bertanya kepada si mbah sakti yang bernama Ki Gugle, soalnya sudah sangat tersohor akan kesaktiannya menjawab apa yang ingin ketahui, dan yang pertama saya dapatkan, ternyata makhluk itu ternyata kalajengking langka dari meksiko. Wow… Ini kalajengkin latin pemirsa, Jauh ternyata, bisa nyampe Tasikmalaya.


Kalajengking Cambuk
Arakhnida menakutkan ini memiliki pedipalus (penjepit) besar dan “cambuk” di tepi perut mereka. Yang lebih menakutkan adalah, hewan ini dapat menyemprotkan berbagai cairan kimia dari perut mereka, termasuk asam semut (asam formiat) (CH2O2), klorin dan campuran asam asetat (C2H4O2) dan asam oktanoic (C8H16O2), tergantung dari spesies mereka. Semprotan terakhir mereka baunya seperti cuka, karena itulah mereka juga disebut “Vinegarroons”. Hewan serupa yang termasuk kalajengking cambuk (juga dikenal dengan sebutan kalajengking cambuk tanpa ekor) dan kalajengking cambuk mikro.

Tapi rasanya gak mungkin ini hewan langka, makanya saya cari di si jenius Wikipedia, dan…
Taraaaaaa…
Ini dia jawaban yang incredible, ternyata makhluk itu ada nama lokalnya yang bernama Ketonggeng.


Ketonggengadalah sekelompok hewan beruasmirip kalajengkingnamun memiliki semacam “cambuk” di bagian belakangnya, alih-alih sengat.

Semua ketonggeng termasuk ke dalam bangsaThelyphonida. Sebelumnya, ordo ini digabung bersama Schiyomida membentuk ordo Uropygi. Dalam bahasa Inggrishewan ini disebut “whip scorpions” (kalajengking cambuk).

Ketonggeng(theliphonyda)
Hewan ini mudah dikenali dari warnanya yang gelap, memiliki bagian depan mirip kalajengking (lengkap dengan sepasang capit di sekitar kepala), namun tidak memiliki “ekor” dengan ujung sengat seperti kerabatnya itu, ekornya menyerupai sebuah jarum kecil berwarna coklat. Panjang badannya antara 10 – 15cm Bagian abdomennya(disebut sebagaipygidium) dilengkapi dengan organ berbentuk cambuk ( flagellum) memanjang yang agak kaku.

Ketonggeng (Whiptail Scorpion / theliphonyda) dikenal juga Vinegaroon (Vinegar = cuka) karena ketika terancam, dia akan menyemprotkan cairan gabungan dari asam asetat dan asam oktanoat yang menimbulkan bau seperti cuka. Binatang ini tidak berbisa dan juga tidak bisa menggigit, hanya bisa mencapit.

Bagi manusia tidak berbahaya sama sekali. Tetapi tetap saja jika terkena capitnya akan terasa sangat sakit, karena capitnya tergolong kuat. Ketonggeng aktif mencari makan pada malam hari.

Makanan utama ketonggeng pada umumnya adalah serangga, kaki seribu, kalajengking, dan cacing. Ketonggeng sangat efektif dalam mengontrol populasi jangkrik dan kecoa.

Nah sudah jelas kan pemirsa, ternyata ini bukan evolusi dari kalajengkin atau facelift scorpio 225cc, Mungkin karena saya kepo jadi heboh dan lebay edisyen, first sight in the world sih soalnya pemirsa…

Ya segitu aja, makanya lain kali hati2 jika membawa barang dari mana saja, jangan lupa periksa dulu,siapa tahu ada harta karunya pemirsa.. 😀

selamat malam…

Advertisements

24 Comments

  1. Baru liat yang begitu mah kang,,,
    oh ia kang sy ngirim gambar ke emailnya akang.

    semangat terus…!!! Inspiratif-Realistis-Informatif

  2. rasanya sedikit panas kalo kena cairan dari ekor nye kang. ya kalo ga sensitif biasa aja. di youtube atau NATgeoWild pernah nonton keren kalo dia lagi bomb. slow motion gitu.

1 Trackback / Pingback

  1. ☻ Penampakan Honda CS1 150cc ☻ | Warungasep.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.