☻ Saya Mengalami “Enter The Wind” ☻

Warungasep – Istilah bahasa Inggris yang saya maksud cuma plesetan aja pemirsa, maksudnya adalah saya mengalami “masuk angin” nah masuk angin dalam istilah kedokterannya disebut Catch a Cold , tapi ada juga yang menyebutnya Trapped Wind seperti pada kemasan produk Teangin cap badak yang dijual di Warungasep seharga Rp.5000 ☻.

Kejadian yang saya alami kemarin, hingga saat ini mengganggu aktifitas saya jaga warung hingga ngeblog adalah masuk angin, tapi ternyata efek masuk angin ternyata gk cuma meriang atau perut kembung doang, tapi banyak juga seperti:

  • Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil)
  • Selalu merasa kedinginan (terutama di ujung jari kaki dan tangan)
  • Cegukan
  • Perutkembung
  • Mudah lelah
  • Sering mengantuk
  • Pilek
  • Demam
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Berkeringatdingin
  • Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa
  • Nafsu makan berkurang

nah semua gejala diatas saya alami, tapi yang paling mengganggu adalah gejala diare, duh sampe harus bolak-balik ke WC gara2 si angin masuk.

Masuk angin adalah suatu “penyakit” yang disebabkan karena berkumpulnya gasyang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit ini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.

Namun uniknya, hanya orang Indonesia yang menderita masuk angin sedangkan orang asing tidak pernah mengalaminya. Lah lalu ngapain Pak Dahlan Iskan iklan produk obat masuk angin diluar negri ya? 😀

Biasanya penyebab “enter the wind” adalah udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuacayang dingin, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah. Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak. Badan tidak enak yang disebabkan masuk angin, umumnya terjadi di masa pergantian cuaca dari musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya (pancaroba).

Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambungdan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.

Sebenarnya penyebabnya bukan cuaca dingin, bukannya anginlah yang memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Sebenarnya penyempitan pembuluh darahini merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tubuh tidak perlu mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Namun, dampak kurang menyenangkan dari penyempitan pembuluh ini adalah peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asamlaktat, terakumulasi pada otot-otot. Inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal.

Nah karena itu, biasanya pengobatannya dengan cara ini:

tuh sampe merah2 gitu pemirsa.

Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan diurut, digosok dengan minyakgosok (dikerok), atau minum air hangat. Selama menderita masuk angin, penderita tidak boleh berada di ruangan dingin (terutama ruangan AC) dan tidak boleh terlalu lelah, jadi saya harus istorahat duli pemirsa, makanya saya kemarin gak posting blog.

Nah, yang saya dengar tenyata ada juga penyakit yang namanya Site Wind eh “Angin Duduk”, pernah dengar???
Wah penyakit ini bisa menyebabkan kematian pemirsa, karena penyakit ini merupakan penyakit akibat menyepelekan masuk angin biasa jadi luar biasa,wew…

Maka dari itu,jangan sepelekan jika tubuh anda kedatangan angin ya? Karena si angin itu amat berbahaya, kalo kita jadi Avatar Aang sih gampang tinggal di bending tuh angin, kalo kita, cukup beli obat masuk angin ke Warungasep…

Semoga kita semua diberi kesehatan…
Aamiin…

Referensi: Wikipedia Indonesia

Advertisements

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.