Tasikmalaya Macet… Pantauan Dari Depan Warungasep

Warungasep – Jika tadi pagi lalu-lintas tampak lengang berbeda setelah siang hari tepatnya setelah ba’da Jum’at, jalur selatan macet sampai detil ini, Jl Ir H juanda depan Warungasep terpantau belum terlihat lengang.


Kendaraan pemudik mulai padat selepas Ciamis hingga memasuki Kota Tasikmalaya sekitar 30 Kilometer. Kendaraan berjalan bahkan cenderung berhenti hingga memasuki Tasikmalaya.

Arus lalu lintas menuju Bandung dan Jakarta dialihkan melalui dalam Kota Tasikmalaya. Pasalnya, jembatan Cibarunyan di Cihaurbeuti Ciamis, yang sempat roboh kini hanya dapat dilalui satu lajur khusus dari arah Bandung menuju Ciamis.

Kendaraan roda empat atau lebih menuju Bandung seluruhnya tidak diperbolehkan melalui jembatan Cibarunyan yang telah dipasang jembatan sementara. Aparat kepolisian hanya memperbolehkan sepeda motor yang dapat melewati jalur jembatan Cibarunyan dari arah Ciamis.

Kemacetan terus terjadi hingga di Rajapolah Tasikmalaya. Tampak petugas kepolisian dan masyarakat turut membantu pengaturan lalu lintas.

Seperti yang dikatakan bapak AKP Anton Purwanto:

“Ya, pengalihan arus balik dari kemarin dibuang ke jalur Singaparna berlanjut ke Garut. Jalur Singaparna sejak siang tadi mulai padat merayap,” ungkap Kepala Satlantas Polres Tasikmalaya,

Dari arah Tasikmalaya, kemacetan cukup parah terjadi sejak Bundaran Simpang Lima hingga Singaparna, dan Mangunreja. Sedangkan dari Mangunreja menuju Garut kendaraan terbilang padat lancar.

Kemacetan kembali menyergap memasuki daerah Cilawu hingga perempatan Maktal Garut Kota.
Dari Maktal melalui jalan RSU dan Jalan Pembangunan arus kendaraan cukup lancar, dan baru kembali terjebak macet memasuki kawasan Bunderan Simpang Lima Tarogong Kidul, terus bersambung ke sekitar arah menuju kawasan wisata pemandian air panas Cipanas, dan Alun alun Kecamatan Tarogong Kaler.

Antrean berbagai jenis kendaraan bersambung terus melewati Leles hingga melewati jalur rel kereta api, dan simpang pertigaan arah jalur alternatif Cijapati Kadungora.

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya macet adalah,

  • Keluar masuknya para pengendara dari arah tempat wisata Pantai Pangandaran yang sekarang merupakan menjadi tempat favorit para wisatawan lokal maupun para pemudik.
    • Karena memang penduduk lokal Tasikmalaya juga sudah biasa penuh dengan aktifitas menggunakan kendaraan bermotor, jadi juah kendaraan semakin bertambah.
    • Ya karena pengen ngerasain bagaimana sih rasanya macet kayak Jakarta setahun sekali, hehe…

Buat yang lagi merayap di kemacetan lewat jalur Tasik garut, gak ada salahnya mampir bentar untuk sekedar ngopi di Warungasep


Alamat:
Jl Ir H Juanda No3a samping RS Prasetyabunda Tasikmalaya

15 Comments

Komen Gratis !