Haahh… Ada Yang Mau Jual Honda F1???

Warungasep – Masih terasa rasanya guncangan doktrin DOHC adalah 2 silinder ala prof.Khoirul yang menggemparkan jagat blogsphere. Membuatnya banyak dibully dan dicibir, tapi ada juga yang prihatin akan ketidak tahuan dirinya, tapi apa daya itulah mengapa jika kita bicara itu harus hati-hati jangan sampai berujung bencana, apalagi jika di dunia maya yang artinya dilihat dan didengar banyak orang.

Melihat hal itu, saya jadi ingat kejadian dulu, kalo gak salah ketika awal-awal Honda meluncurkan motor matic pertamanya di Indonesia yaitu Vario 110 CW.
Saya ingat kejadian itu sewaktu saya masih bekerja di bengkel sekitar tahun 2007an, seseorang yang saya kira umurnya sekitar 50tahunan membawa motor Mio kebanggaanya. Singkatnya ia tak terima ketika mengobrol dengan boss saya yang mempunyai Vario, dan ia dengan tinggi hati berbicara seperti ini:

“… Vario itu katanya produk gagal ya, punya temen saja juga ditarik lagi sama dealer?…” kata pemilik Mio.
Dan boss saya menjawab.
“oh itu bukan di tarik kang, tapi penggantian part di area CVT(anchor pin),punya saya juga tuh..”
dan karena gak mau kalah si pemilik mio menjawab seperti ini:
“…iya motor ini produk gagal, coba saja, saya kemarin pakai Vario, distandarin, eh malah mati mesinnya susah hidup, distarter juga gak nyala”
#athooh..
Kami semua tertawa terhabak-bahak mendengar keawamannya…
Ha… Ha…. Ha….. 😀

Bicara soal awam, ternyata masih banyak orang-orang yang belum mengerti tentang motor atau istilah-istilah mesin, jangan dulu pada hal itu yang pastinya membutuhkan pemahaman lebih lanjut, dan ternyata masih banyak orang yang bahkan membaca sebuah emblem, atau kata bahkan penyebutan sebuah merk pun mereka masih salah.

Contohnya sebagai berikut yang pernah saya alami:

  • Ada yang mau jual motor(Honda) F1???

    Vario150 ala mang peysblog 😀

Beberapa hari setelah lebaran, kakak saya mendapat sebuah SMS dari temannya, bahwa ada yang mau jual butuh motor F1(ia bacanya ep wan), harganya 11juta pass, gak bisa nego.
Saya kaget, kok ada yang mau jual Yamaha F1ZR sangat mahal, waah saya penasaram, langsung saja saya tanya siapa yang mau jual?
Dan ternyata saya pun kenal dia, saya pun menghubunginya, tanya motor F1 yang 2tak kok mahal banget?
Ia bilang “…bener, mau jual cepat motor Vario F1, Rp.11juta…”
#athoooh
Huruf FI(Fuel Injection) dibaca F1(ep wan).
Wak…wak…wak…

  • PGM-FI adalah upgrade dari Platina dan CDI???

Ingat akan obrolan dengan seorang mantan tentara di Warungasep, ia berpikir bahwa teknologi PGM-FI(injeksi) itu adalah sebuah pengembangan dari sebuah teknologi jadul yaitu dari sistem pengapian Platina lalu CDI nah sekarang PGM-FI???
Saya bilang.
“oh… Kalo yang injeksi itu gak pake karburator ya pak?” 😀
“ya pake lah, masa motor gak da karburatornya? Mau gimana masukin itu bensinya, ke mesin??”
#athoooh…
Ngah…ngah…ngah… 😀

  • TwinCam adalah Dual Kamera???

Nah ini saya akui bahwa saya juga sempat mengiyakannya, soalnya waktu itu sebelumnya saya benar-benar belum mengerti soal mesin, kalo gak salah tahun 2005/2006an lah, saya lihat di striping Satria FU(dulu dibilang satria 4tak 😀 ), sewaktu diparkiran depan Kantor Disdukcapil Tasikmalaya, saya duduk sambil merhatiin striping motor Satria FU yang sedang parkir, lalu saya tanya sama seorang kawan,
“Satria 4tax itu 150cc ya, TwinCam itu apaan ya?”
teman saya jawab
“TwinCam itu Kameranya ada 2,Twin itu 2,Cam itu Camera”
#athooh…
Entah dia ngibulin saya atau gak,tapi yang jelas dia begitu yakin jika motor itu ada kameranya…
Wek…wek…wek…

  • Honda Tiger mesinnya 2000cc???

Kejadian ini saya ingat waktu sewaktu saya masih ngeband.
Nah disebuah studio musik di Jl.RE Marthadinata, ada sebuah motor Honda Tiger yang masih kinyis-kinyis, kebetulan disebelahnya ada Honda Kharisma 125D, teman saya dengan yakinnya bilang gini:
“wah… Pantesan motor Tiger mah kenceng, soalnya 2000cc, kalo Kharisma cuma 125cc”
#athooh…
Dia pikir kalo sebuah angka pada emblem Honda Tiger2000 adalah nilai kubikasi dari motor tersebut, sama seperti pada striping Honda Kharisma yang 125cc…
Nyiw…nyiw…nyiw…

Cukup segitu saja pemirsa, sudah malam, saya ngantuk, tadinya saya gak mau posting ini karena gak lucu, tapi untuk sekedar berbagi cerita unik yang saya alami.
Pembelajarannya adalah, ternyata masih banyak orang yang masih awam dari pada kita, dan tugas kita yang paham untuk memberikan pengetahuan bagi mereka. Berbagi ilmu yang sangat bermanfaat adalah ibadah.

Mungkin anda ada pengalaman seputar pemaham mereka yang awam atau salah kaprah?
Monggo di share pemirsa… 😀

Advertisements

48 Comments

  1. iya bnyak yg sotoy, jdnya salah kaprah, ini sama dng cerita sy: hbs masak mie instan, sblm bumbunya dimasin, kuahnya sy ganti pake air panas baru, pas mau makan ada yg bilang: “sekarang ind*mie kuahnya bening, kalo dulu mah ampe pekat putih kekuningan….”
    …….sotoy!

  2. ada cerita neh..
    teman kantor (tk) pake tiger dan saya (sy) pake soul gt..
    tk : pake motor apa?
    sy : soul gt, sdh injeksi
    tk : boros ya? mio kan boros..
    sy : ga pa, irit banget, sudah injeksi..
    tk : oooh..
    sv : iya pa, sekarang sudah jamannya injeksi. injeksi yamaha lbh unggul dr honda..

    • tk : massaa..??
      sy : iya pa, buktikan aja, jgn katanya2 dan dogma..
      tk : mmmhh.. (sambil mengernyitkan dahi dan menyedot2 trs rokoknya..

      • ada yg lbh aneh lg, saya (sy) pake soul gt ama temen perkumpulan (tp) pake beat fi..
        tp : berapa km untuk 1 liter?
        sy : wkt sy ngitung2, ya sekitar 48-50 kman untuk 1 ltr dgn kondisi macet dan naik turun. kamu gmana?
        tp : kol iritan sy, sy setelah pake oli tiansi, untuk 1 liter bisa 90 km/ltr, waktu pake oli pabrikan 70km/ltr. bisa PP..
        sy : masa hebat ya..??

      • tp : hehe.. hebat ya.. (berbungah2 saking senengnya)..
        sy : emang dr mana kemana@
        tp : dari ‘x’ ke ‘y’..
        sy : ooh pantesan.. jarak x ke y kan cuma 20 kman..
        tp : masa sih? motor sy irit loh PP dr x ke y trs balik lg, bensin msh nyisa..
        sy : hehe.. (dalam hati, makanya jgn termakan bohongnya honda.
        kasihan temanku)..

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Unik juga… Yamaha RX-King pakai Radiator??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Apakah Akan Ada Generasi Vario Baru Setelah Honda Vario 150 eSP??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  3. Ketika Media Asing Salah Ketik… Greget!!! | WARUNGASEP★★★☆☆
  4. “Koflak Sekali Ente”, GSX disebut Honda, CBR Disebut Ninja, Nmax disebut PCX? | WARUNGASEP★★★☆☆

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Haahh… Ada Yang Mau Jual Honda F1???

Warungasep – Masih terasa rasanya guncangan doktrin DOHC adalah 2 silinder ala prof.Khoirul yang menggemparkan jagat blogsphere. Membuatnya banyak dibully dan dicibir, tapi ada juga yang prihatin akan ketidak tahuan dirinya, tapi apa daya itulah mengapa jika kita bicara itu harus hati-hati jangan sampai berujung bencana, apalagi jika di dunia maya yang artinya dilihat dan didengar banyak orang.

Melihat hal itu, saya jadi ingat kejadian dulu, kalo gak salah ketika awal-awal Honda meluncurkan motor matic pertamanya di Indonesia yaitu Vario 110 CW.
Saya ingat kejadian itu sewaktu saya masih bekerja di bengkel sekitar tahun 2007an, seseorang yang saya kira umurnya sekitar 50tahunan membawa motor Mio kebanggaanya. Singkatnya ia tak terima ketika mengobrol dengan boss saya yang mempunyai Vario, dan ia dengan tinggi hati berbicara seperti ini:

“… Vario itu katanya produk gagal ya, punya temen saja juga ditarik lagi sama dealer?…” kata pemilik Mio.
Dan boss saya menjawab.
“oh itu bukan di tarik kang, tapi penggantian part di area CVT(anchor pin),punya saya juga tuh..”
dan karena gak mau kalah si pemilik mio menjawab seperti ini:
“…iya motor ini produk gagal, coba saja, saya kemarin pakai Vario, distandarin, eh malah mati mesinnya susah hidup, distarter juga gak nyala”
#athooh..
Kami semua tertawa terhabak-bahak mendengar keawamannya…
Ha… Ha…. Ha….. 😀

Bicara soal awam, ternyata masih banyak orang-orang yang belum mengerti tentang motor atau istilah-istilah mesin, jangan dulu pada hal itu yang pastinya membutuhkan pemahaman lebih lanjut, dan ternyata masih banyak orang yang bahkan membaca sebuah emblem, atau kata bahkan penyebutan sebuah merk pun mereka masih salah.

Contohnya sebagai berikut yang pernah saya alami:

  • Ada yang mau jual motor(Honda) F1???

    Vario150 ala mang peysblog 😀

Beberapa hari setelah lebaran, kakak saya mendapat sebuah SMS dari temannya, bahwa ada yang mau jual butuh motor F1(ia bacanya ep wan), harganya 11juta pass, gak bisa nego.
Saya kaget, kok ada yang mau jual Yamaha F1ZR sangat mahal, waah saya penasaram, langsung saja saya tanya siapa yang mau jual?
Dan ternyata saya pun kenal dia, saya pun menghubunginya, tanya motor F1 yang 2tak kok mahal banget?
Ia bilang “…bener, mau jual cepat motor Vario F1, Rp.11juta…”
#athoooh
Huruf FI(Fuel Injection) dibaca F1(ep wan).
Wak…wak…wak…

  • PGM-FI adalah upgrade dari Platina dan CDI???

Ingat akan obrolan dengan seorang mantan tentara di Warungasep, ia berpikir bahwa teknologi PGM-FI(injeksi) itu adalah sebuah pengembangan dari sebuah teknologi jadul yaitu dari sistem pengapian Platina lalu CDI nah sekarang PGM-FI???
Saya bilang.
“oh… Kalo yang injeksi itu gak pake karburator ya pak?” 😀
“ya pake lah, masa motor gak da karburatornya? Mau gimana masukin itu bensinya, ke mesin??”
#athoooh…
Ngah…ngah…ngah… 😀

  • TwinCam adalah Dual Kamera???

Nah ini saya akui bahwa saya juga sempat mengiyakannya, soalnya waktu itu sebelumnya saya benar-benar belum mengerti soal mesin, kalo gak salah tahun 2005/2006an lah, saya lihat di striping Satria FU(dulu dibilang satria 4tak 😀 ), sewaktu diparkiran depan Kantor Disdukcapil Tasikmalaya, saya duduk sambil merhatiin striping motor Satria FU yang sedang parkir, lalu saya tanya sama seorang kawan,
“Satria 4tax itu 150cc ya, TwinCam itu apaan ya?”
teman saya jawab
“TwinCam itu Kameranya ada 2,Twin itu 2,Cam itu Camera”
#athooh…
Entah dia ngibulin saya atau gak,tapi yang jelas dia begitu yakin jika motor itu ada kameranya…
Wek…wek…wek…

  • Honda Tiger mesinnya 2000cc???

Kejadian ini saya ingat waktu sewaktu saya masih ngeband.
Nah disebuah studio musik di Jl.RE Marthadinata, ada sebuah motor Honda Tiger yang masih kinyis-kinyis, kebetulan disebelahnya ada Honda Kharisma 125D, teman saya dengan yakinnya bilang gini:
“wah… Pantesan motor Tiger mah kenceng, soalnya 2000cc, kalo Kharisma cuma 125cc”
#athooh…
Dia pikir kalo sebuah angka pada emblem Honda Tiger2000 adalah nilai kubikasi dari motor tersebut, sama seperti pada striping Honda Kharisma yang 125cc…
Nyiw…nyiw…nyiw…

Cukup segitu saja pemirsa, sudah malam, saya ngantuk, tadinya saya gak mau posting ini karena gak lucu, tapi untuk sekedar berbagi cerita unik yang saya alami.
Pembelajarannya adalah, ternyata masih banyak orang yang masih awam dari pada kita, dan tugas kita yang paham untuk memberikan pengetahuan bagi mereka. Berbagi ilmu yang sangat bermanfaat adalah ibadah.

Mungkin anda ada pengalaman seputar pemaham mereka yang awam atau salah kaprah?
Monggo di share pemirsa… 😀

Advertisements

48 Comments

  1. iya bnyak yg sotoy, jdnya salah kaprah, ini sama dng cerita sy: hbs masak mie instan, sblm bumbunya dimasin, kuahnya sy ganti pake air panas baru, pas mau makan ada yg bilang: “sekarang ind*mie kuahnya bening, kalo dulu mah ampe pekat putih kekuningan….”
    …….sotoy!

  2. ada cerita neh..
    teman kantor (tk) pake tiger dan saya (sy) pake soul gt..
    tk : pake motor apa?
    sy : soul gt, sdh injeksi
    tk : boros ya? mio kan boros..
    sy : ga pa, irit banget, sudah injeksi..
    tk : oooh..
    sv : iya pa, sekarang sudah jamannya injeksi. injeksi yamaha lbh unggul dr honda..

    • tk : massaa..??
      sy : iya pa, buktikan aja, jgn katanya2 dan dogma..
      tk : mmmhh.. (sambil mengernyitkan dahi dan menyedot2 trs rokoknya..

      • ada yg lbh aneh lg, saya (sy) pake soul gt ama temen perkumpulan (tp) pake beat fi..
        tp : berapa km untuk 1 liter?
        sy : wkt sy ngitung2, ya sekitar 48-50 kman untuk 1 ltr dgn kondisi macet dan naik turun. kamu gmana?
        tp : kol iritan sy, sy setelah pake oli tiansi, untuk 1 liter bisa 90 km/ltr, waktu pake oli pabrikan 70km/ltr. bisa PP..
        sy : masa hebat ya..??

      • tp : hehe.. hebat ya.. (berbungah2 saking senengnya)..
        sy : emang dr mana kemana@
        tp : dari ‘x’ ke ‘y’..
        sy : ooh pantesan.. jarak x ke y kan cuma 20 kman..
        tp : masa sih? motor sy irit loh PP dr x ke y trs balik lg, bensin msh nyisa..
        sy : hehe.. (dalam hati, makanya jgn termakan bohongnya honda.
        kasihan temanku)..

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Unik juga… Yamaha RX-King pakai Radiator??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Apakah Akan Ada Generasi Vario Baru Setelah Honda Vario 150 eSP??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  3. Ketika Media Asing Salah Ketik… Greget!!! | WARUNGASEP★★★☆☆

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.