Tahun 1898 di Indonesia Pernah Berdiri Menara Eiffel di Tasikmalaya


image

Tahukah menara ini ada di Tasikmalaya???

Warungasep – Sebagai warga kotaTasikmalaya saya pastinya bangga dengan kota ini, tempat saya lahir dan tempat dimana saya belajar dan tumbuh menjadi seorang putra bangsa yanh berjuang mencapai cita-cita.


Beberapa hari yang lalu Kota Tasikmalaya sudah merayakan hari jadinya yang ke 13, Tapi sebenarnya menurut sejarah daerah Tasikmalaya berdiri pada tanggal 21 Agustus 1111.Dan dalam sejarah yang panjang tersebut setelah diberlakukannya otonomi daerah Kota Tasikmalaya yang sebelumnya adala ibukota Kab.Tasikmalaya kini menjadi sebuah kotamadya Tasikmalaya.

Jika melihat artikel di id.wikipedia yang membahas tentang kota Tasikmalaya maka ada sebuah foto yang membuat saya penasaran, yaitu foto yang mirip menara eiffel di Paris Prancis yang katanya dulu pernah berdiri di TasikmLaya.

image

Tidak ada keterangan lebih lanjut di wikipedia tapi setelah liat postingannya grup facebook Tasikmalaya Tempoe Doeloe barulah saya tahu jika Memang benar Menara tersebut pernah berdiri di Tasiikmalaya.

image

Sejarahnya dulu sekitar tahun 1898 seorang inspektur jendral Belanda yang bernama  Air AH Van Bebber mbahnya justin beber kali berinisiatif dan merancang bangun sebuah menara yang menyerupai menara Eiffel yanh saat itu menjadi maha karya besar yang sepertinya menjadi trendingtopic pada masanya hingga menjadi sebuah inspirasi.

Tujuan dibangun menara tersebut ternyata dibuat dalam ranggka menyambut perayaan penobatan sang Ratu penguasa kerajaan Belanda Ratu Wihelmina di tahun 1898 silam, wow…

image

kakek buyut siapa ya itu???

image

tingginya diperkirakan sekitar 40-50 meteran

, dan yang mengejutkan lagi kontruksi menara secara keseluruhan dibuat dari bahan bambu, wow…. kreatif banget  ya mbah kita…

Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang dimana letak berdirinya menara tersebut, tapi menurut perkiraan letaknya seppertinya di Alun-alun di depan pendopo Bupati Tasikmalaya dulu, nah mungkin jika dilihat di foto google earth seperti ini:

image

Foto alun-alun kota Tasikmalaya diambil dari google earth

Nah akhirnya saya tahu jika dulu di kota Tasikmalaya pernah berdiri sebuah monumen bersejarah yang menakjubkan, dan walauupun jejaknya sekarang sudah tidak ada tapi dengan adanya postingan ini semoga senantiasa menjadi jendela lorong waktu untuk melihat sejarah daerah kita.

semoga berguna…
sumber gambar: grup Fb Tasikmalaya Tempoe Doeloe

Email : warungasep@gmail.com
Facebook:
http://facebook.com/warungasep.coffeecenter

Posted from WordPress for Nokia X2-01

31 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tasik Festival 2015… Jalan-jalan ke Event Tahunan Festival di Kota Tasikmalaya | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Ada Menara Eiffel di JawaBarat, Tasikmalaya Mendadak Jadi Kota Paris | WARUNGASEP★★★☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published.