ISL 2014: Alhamdulillah.. Penantian Selama 19 Tahun, Akhirnya Persib Juara…

image

Final ISL 2014

Warungasep -Mungkin bukan hanya terjadi di daerahku saja tepatnya Tasikmalaya Jawa Barat, malam ini jalanan terlihat sedikit sepi dari biasanya. Penyebabnya adalah karena mayoritas masyarakat ternyata sengaja melihat acara Final ISL 2014 di Televisi.

Bukan acara final biasa pemirsa, karena apa? Karena yang bermain di final adalah team kesayangan atau team yang dicintai dari turun temurun, team yang sudah menjadi idola di hati masyarakat Jabar dari generasi ke genarasi, tua muda, pria wanita tak mengenal kasta dan kedudukan, semua pasti sangat mendukung club sepakbola dari Jabar ini yaitu Persib Bandung.

Optimisme kemenangan Persib terlihat oleh para bobotoh ketika kemarin Persib sukses mengalhkan Arema Indonesia di babak Smifinal, dan ternyata benar acara final kali ini sungguh menyedot antusiasme masyarakat Jabar yang haus menonton team idola mereka akan gelar juara.

Dan benar ternyata, seperti yang terjadi di tempat saat ini saya berada, suasana riuh terjadi di rumah masing-masing yang menggelar acara nonbar, dan yang lebih meriah lagi setiap Persib mencetak gol, maka kembang api pun menggelegar, seru sekali…

Pertandingan Imbang 2 – 2
Pada pertandingan Final ISL di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014) malam WIB, kedua kesebelasan bermain selama 120 menit dengan skor 2 – 2.

Pertandingan yang sangat seru dan menegangkan disetiap menitnya.

Persipura unggul lebih dulu lewat Ian Louis Kabes di menit kelima. Tapi, petaka bagi mereka hadir di masainjury timebabak pertama. Mereka mendapatkan kartu merah karena akumulasi kartu.

Sebelum turun minum, Persib bisa mencetak gol penyeimbang. Gol bunuh diri Emmanuel Wanggai menjadi penyama kedudukan.

Dan kemudian tujuh menit usai restart, Persib berbalik unggul. Muhammad Ridwan yang menjadi pencetak golnya. Kendati kalah jumlah pemain, Persipura malah bisa menyamakan kedudukan. Boaz Salossoa yang menjadi pencetak golnya.

Di babak tambahan, giliran Persib yang kehilangan satu pemainnya. Vladimir Vujovic diusir dari lapangan karena menerima dua kartu kuning. Dikarenakan sikap yang kurang menyenangkan karena dengan sengaja menyundul bola yang tengah dipegang oleh penjaga gawang Persipura dan melakukan protes keras kpd wasit, sungguh sangat disayangkan.

Menang Akibat Adu Penalty
Setelah 120 menit tanpa menghasilkan kemenangan di ke 2 team, tiada pilihan lain selain langsung melakukan adu Penalti. Dan akhirnya 2 tendangan yang gagal menjadi penentu kemenagan Persib malam ini.

Made Wirawan melakukan penyelamatan, sepakan Nelson Alon berhasil dia tahan. Ahmad Jufrianto memastikan gelar juara Persib karena menang adu penalti dengan skor 5-3.

image

#persib_juara

Sungguh menjadi kebahagian yang memuncak, penuh haru dan membanggakan. Karena apa? Bagi Persib, mimpi mereka untuk kembali mengangkat trofi Liga Indonesia akhirnya terwujud, setelah menanti selama 19 tahun. Kali terakhir mereka menjadi kampiun adalah di musim 1994/1995. Nah kita lihat tabel para juara ISL(Liga Indonesia) yang dimulai pada tahun 94/95 lalu:

  • 1994-95 Persib Bandung / Runner Up Petrokimia Putra
    1995-96 Bandung Raya / Runner Up PSM Makassar
    1996-97 Persebaya Surabaya / Runner Up Bandung Raya
    1997-98 –
    1998-99 PSIS Semarang / Runner Up Persebaya Surabaya
    1999-00 PSM Makassar / Runner Up PKT Bontang
    2001 Persija Jakarta / Runner Up PSM Makassar
    2002 Petrokimia Putra / Runner Up Persita Tangerang
    2003 Persik Kediri / Runner Up PSM Makassar
    2004 Persebaya Surabaya / Runner Up PSM Makassar
    2005 Persipura Jayapura / Runner Up Persija Jakarta
    2006 Persik Kediri / Runner Up PSIS Semarang
    2007-08 Sriwijaya FC/ Runner Up PSMS Medan
    2008-09 Persipura Jayapura / Runner Up Persiwa Wamena
    2009-10 Arema Indonesia / Runner Up
    2010-11 Persipura Jayapura / Runner Up Arema Indonesia
    2011-12 Sriwijaya FC / Runner Up Persipura Jayapura
    2013 Persipura Jayapura / Runner Up Arema Indonesia
    2014 Persib Bandung / Runner Up Persipura Jayapura

8 Comments

  1. wah dramatis pisan eung ieu laga final ,nu akhirna persib juaraaaaa……..!!!!!!!!
    Abi warga TASIKMALAYA nu nonton di BOGOR ,di dieu ge rame pisan eung ,da dasar emang jeung sadulur hhehe

1 Trackback / Pingback

  1. Meriah… Persib Bandung Juara Piala Presiden 2015 Usai Kalahkan Sriwijaya FC di Final | WARUNGASEP★★★☆☆

Komen Gratis !