image

Gembira Loka Zoo Jogjakarta

Warungasep – Masih cerita di waktu liburan kemarin, setelah sebelumnya tentang Wisata ke Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah bus yang kami tumpangi langsung menuju ke tempat tujuan wisata selanjutnya. apalagi kalo bukan tempat wisata favorit di daerah istimewa Jogjakarta yaitu Kebun Raya Gembira Loka Zoo.

image

Perjalanan ditempuh selama 1 jam 30 menit dari Candi Borobudur menuju pusat kota Jogja karta. Serunya melewati tempat tempat bersejarah yang biasanya melihatnya di media televisi atau buku-buku sejarah kini menikmatinya langsung walaupun hanya melewatinya dan melihatnya di balik jendela bus.

Tiba di tempat tujuan.

image

Billboard yang sangat besar terlihat berdiri di atas bukit dan disekitarnya terlihat keadaan menjadi rindah dan banyak pepohonan tinggi, tanda jika kami telah tiba di tempat tujuan. Dikarenakan kami datang di hari minggu otomatis pengunjung pun penuh, sampai bus yang kami tumpangi pun parkir lumayan jauh dari lokasi.

Memasuki gerbang lalu mencari pintu masuk, dan ternyata petugas GLZ(Gembira Loka Zoo) sudah menyambut kami. Dikarenakan kami sudah membooking dari jauh hari dan lumayan harga tiket rombongan kami pun dapat diskon, hehehe… Dan sekedar info jika harga tiket di hari biasa adalah sebesar Rp.20.000 dan Rp.25.000 di hari minggu/libur(info dari google).

image

Liburan kali ini sungguh menyenangkan selain berniat membawa keluarga untuk liburan dan juga memberikan edukasi buat s kecil untuk melihat binatang koleksi di kebun raya ini karena  di kebun raya ini terdapat kebun binatang dan juga banyak terdapat arena rekreasi seperti sarana ATV, wisata air semacam motor boat, perahu dll yang terdapat di danau yang berada di tengah tengah kebun raya ini.

image

Lokasi kebun raya ini cukup unik karena berada di pinggir sungai Gajah Wong dan banyak ditumbuhi pohon lohon rindang sehingga memberikan kesan pengunjung berada di hutan alami dan pengunjung juga di manjakan denngan berbagai macam sarana umum seperti toilet umum, mushola dan Free WiFi… mantap…

Dikarenakan saat liburan kemarin itu saya mau ngetes kekuatan batrei hp android saya karena walaupun bawa powerbank tapi lupa gak di isi dulu wkwkwk… jadi pengen mengabadikan bayak moment pun terbatas. Nah berikut ini beberapa yang sempat saya abadikan sebelum hp kehabisan batre, cekidot pemira beberapa koleksi kebun binatang GLZ berikut ini:

Koleksi Reptil

image

– 1.Ular

image

– 2.Kadal

image

Koleksi Burung

image

image

image

image

image

penguin jackass Dll

Bintang Lainnya…

image

image

image

image

image

Sesudah puas jalan jalan mengelilingi kebun raya yang sangat luas banget dan sepertinya gak cukup buat seharian untuk menikmatinya sampai puas dikarenakan waktu yang terbatas di tambah hp yang mati jadi gak bisa mengabadikan tempat yang lainnya.

image

dilanjutkan dengan makan nasi kotak yang isinya gudeg, ayam semur, sambal goreng tempe dan 1 lagi yang baru saya temui yaitu yang mirip perkedel tapi rasanya seperti kulit sapi, atau jika di jawa barat mungkin rarabak namanya yang lezat banget…

Meliha

Kondisi kebun raya yang bersih terawat dan nyaman membuat betah para pengunjung, dan yang saya perhatikan dari berbagai macam pohon yang tumbuh kok seperti ditanam secara sengaja tapi tampak alami. dan ternya kebun raya Gembira Loka ini telah berdiri sejak penjajahan Belanda dulu, tepatnya sejak 1933 atas perintah Sri Sultan yang ingin mewujudkan sebuah taman rekreasai untuk masyrakat Jogjakarta.

Namun pada waktu itu pembangunannya terhenti dan dilanjutkan pada tahun 1950 atau setelah ibu kota Nkri kembali ke wilayah DKI Jakarta(sebelumnya Jogjakarta sempat menjadi ibukota negara NKRI) dan mulai di oprasikan pada tahun 70an.

Dan sempat mengalami kerusakann akibat gempa di tahun 2006 lalu dan sempat terpuruk dan mengalami penurunan kwantitas pengunjung GLZ kemudian melakukan renovasi dan perbaikan. dan sekarang menjadi lebih baik dan koleksinya pun semakin bertambah…mantap..

Sekian cerita wisata di kebun raya Gembira Loka ini pemirsa, dan masih ada cerita lainya di kota asal Sheila on 7 ini dan akan saya posting di artikel berikutnya.

Mohon koreksinya jika ada penulisan nama… trimakasih semoga berguna…

Email : [email protected]
Facebook:
http://facebook.com/warungasep.coffeecenter

Posted from WordPress for Nokia X2-01

Comments

  1. mantap! saya suka. kepingin juga. di kalimantan ga ada kebun raya.sebagus itu 🙁

    dulu punya lumayan bagus. cuman manajemennya ga beres. konflik. akhirnya ga terurus. dan kumuh. malah bernuansa mistis jadinya. kebun raya unmul samarinda. kasihan 🙁

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!