Membuat Widget Google Translate Blog Di WordPress


image

bule bertanya, mengapa motor di Indonesia diberi nama bebek?

Warungasep.net – Blog yang kita buat ternyata tak hanya dari dikunjungi oleh pengguna internet dari Indonesia saja pemirsa, tak sedikit juga yang berasal dari luar negeri yang secara tak sengaja atau sengaja mengunjungi blog kita.

Oleh karena itu terbayang kan oleh kita, seandainya orang luar sana mengunjungi blog kita namun mereka tak memahami isi daripada blog kita, sangat disayangkan sekali bukan?

Nah untuk itu, saya punya tips nih bagaimana caranya kita memberikan fasilitas terjemahan atau translate isi blog kita ke dalam bahasa asing. yaitu dengan cara memasang widget Googgle translate di halaman blog kita. Saya ambil sample dari Blog Agregator DGujubar  https://dgujubar.wordpress.com/ seperti ini:

 

Awalnya seperti gambar diatas, lalu biar mereka para Bule itu bisa mengerti apa yang kita tulis, maka kita sediakan sebuah widget yang telah disediakan pihak WordPress untuk menterjemahkan ke dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya menjadi seperti ini :

Wuiih, tak hanya artikel saja sampe ke judul juga link juga ditranslate-in sama Google, gimana? Keren banget bukan??? Penasaran bagaimana cara memasangnya? saya akan memberikan beberapa langkah untuk meng aplikasikanya ke dalam blog anda secara mudah, berikut ini:

  • Pertama, Buka Dasbor WordPress pemirsa, kemudian pilih menu bagian “Tampilan” di panel menu sisi kiri Dasbor, kemudian pilih sub menu yang bertuliskan “Widget”, seperti ini :

  • Langkah selanjutnya setelah masuk ke dalam menu Widget, pemirsa cari widget Blog bertuliskan “Googgle Terjemahan”, kemudian geser menuju ke area Widget yang kita inginkan, baik itu di bagian sisi kanan atau kiri blog kita, atau dibagain Footer atau bagian bawah blog kita, naaah, saya pilih widget ini untuk disimpan di aera Footer, seperti ini :

Klik simpan, kemudian lihat hasilnya di Tab baru dengan membuka Blog milik kita, maka hasilnya di area Footer akan ada Widget Google Translate seperti ini :

Gokilnya lagi, kita gak cuma bisa terjemahan ke basa Inggris saja tapi juga bisa ke berbagai bahasa yang disediakan Google, ada bahas China, India, Jepang dll. Dan misalkan ada orang Italia tetangganya Valentino Rossi yang baca Blog kita, maka mereka akan pilih widget Translate ke dalam Bahasa Italia seperti ini :

Dan hasilnya, Blog kita isinya akan berbahasa Italia, seperti ini :

Wuiih, jadi bahasanya Valentino Rossi nih pemirsa, hehe… Oh ya sekedar tips tambahan jika dirasa Tips diatas kurang lengkap terutama bagi Blogger pemula yang ingin belajar Nge-Blog di platform WordPress, pemirsa bisa belajar langsung ke Suhu-nya nih, mereka punya tutorial tentang ngeblog yang lengkap selengkap lengkapnya, caranya pemirsa kunjungi saja situsnya di link ===>>> Tutorial Cara Membuat Blog di WordPress, caranya mudah dimengerti dan dipraktekan.. jadi monggo yang mau belajar, semoga sukses ya..

Advertisements

34 Comments

  1. wah kang asep top markotop dagh 🙂 tapi resikonya tanda baca harus pas, kosa kata indonesia harus tertulis dengan baik, & tata bahasa indonesia harus benar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.