Vixion DOHC itu cuma HOAX!!! Iya Hoax, Sehoax produk Hoax Yamaha lainnya…

image

Kabar mesin Yamaha 150cc DOHC itu ternyata Hoax, seperti Soul GT,R15 dan MX-King yang dulu pernah juga Hoax???

Warungasep.net – Sering kita mendengar kutipan bijak dari wak haji TMCblog yang selalu bilang “silakan dikunyah-kunyah dulu” , nah, ungkapan itu ternyata wajib kita lakukan tatkala mendengar atau membaca informasi dari dunia maya, baik dari blog atau media lainnya. Karena jika informasi tersebut ditelan mentah-mentah, wah jadinya akan tersedak ehh terjadi kehebohan dan para blogger jemuran kebanjiran hits pemirsa.. 😀

image
Mesin Yamaha DOHC??? Itu gosip wal hoaxul yakin..

Seperti berita yang akhir-akhir ini menyeruak adalah kabar tentang tes mesin DOHC Yamaha yang mengalami kegagalan ( klik disini ) yang banyak ditepis dan dibantah habis-habisan bahwa berita tersebut adalah hoax!

Saya sendiri pun masih ragu, masa Yamaha ngetes mesin sampai meledak dan bahkan ada mesin 180cc juga yang dites, weleh.. ada-ada gajah ya berita seperti itu? 🙄
Jadi darimana sih kabar hoax itu berasal???
Berita tersebut berasal dari seorang blogger yang juga berprofesi sebagai Fotografer Model mas Listofan Hidayat yang mendapat info dari kenalannya yang bisa dipercaya karena ia adalah orang yang punya kenalan orang internal Yamaha, jadi itulah alasan mengapa mas PB(sebutan Potretbikers) berani memposting berita tersebut karena yakin akan kredibilitas narasumbernya yang sangat ia kenal.. wow 😎

Nah, sekarang pertanyaanya apa benar berita itu Hoax? Berita itu cuma mengada-ada? Atau berita itu dibuat untuk menjatuhkan pamor Yamaha? Hmm… oke, pertama kita flashback dulu, darimana info tentang Yamaha DOHC ini?
Saya pernah mengulasnya ( disini ) , berita yang saya kategorikan sebagai “gosip” ini bersumber dari blognya Mariodevan.com , blogger yang satu daerah dengan mas PB yaitu Jawatimur, wew, nah, apa mungkin sumber mas PB dan Mariodevan Orang yang sama?? Entahlah.. 😀

Namun kali ini yang menarik perhatian saya adalah efek dari menyebarnya berita rancu ini, menarik bos-bos yamaha untuk berkomentar dan memberikan sanggahan tentang gosip Yamaha bermesin 150 DOHC, seperti ini :

“Rumor soal pengembngan mesin V-Ixion 150 cc DOHC dan 180 cc SOHC itu tidak benar. Kami masih tetap menggunakan mesin yang sudah ada sekarang karena masih cukup superior,” ucap M. Abidin melalui otomotifnet.

“Yamaha V-Ixion mesinnya tetap akan 150 cc SOHC. Kemungkinan rumor tersebut dibuat agar para customer over expectation dan bisa kecewa dengan Yamaha apabila mesin tersebut tidak terealisasi,” tambahnya oleh seorang GM Aftersales dan Motorsport YIMM.

Nah, jelas kan, bos-bos Yamaha pun sampai menegaskakan bahwa mesin mereka saat ini masih Superior, wow… tapi akapah eh apakah kita akan menelan mentah-mentah sanggahan tersebut tanpa dikunyah-kunyah terlebih dahulu???

Oke, percayakah anda jika ini bukan kali pertamanya Yamaha memberikan sanggahan atau bantahan terhadap gosip yang beredar??? Sebenarnya banyak sekali rumor yang beredar tentang seluk-beluk Yamah, namun selalu ditepis, seperti gambar screenshots berikut ini:

image
Yamaha membantah perihal kehadiran Yamaha Soul GT Injeksi tahun 2012 lalu..

Dulu, tahun 2012 waktu Soul GT YMJet-FI(bukan bluecore) spyshotsnya menyebar(ingat yang pertama memberitakan adalah Mariodevan cmiiw), pihak Yamaha memberikan bantahan jika Yamaha Soul akan diinjeksikan, kenyataannya???
Apakah Yamaha Soul GT injeksi itu Hoax???

Lalu masih ingat tentang pemberitaan Yamaha akan mengubah kubikasi Jupiter MX menjadi 150cc?? Tapi, Yamaha pun kembali membantahnya, seperti ini:

image
Yamaha juga memberikan keterangan jika MX 150cc itu hanya gosip belaka.. kenyataanya??

Tuh kan?? Apakah Jupiter MX-King itu Hoax???
Dan masih banyak lagi hehe… 😀

Jadi bisa tangkap hikmah dari kejadian ini sebenarnya adalah sebuah fenomena pemirsa… maksudnya???
Jadi begini, disini jelas terlihat bahwa sebuah berita itu untuk bisa dipercaya harus punya kredibilitas yang tinggi, atau simplenya berita itu harus dari media online atau dari blogger papan atas pemirsa, kalo dari blogger Sekelas tukang Potret atau tukang warung membuat postingan mah, anggap aja kentut belaka.. 😀 , jadi ibaratnya gini, jika ada berita dari media online 1+1 itu 3 dan blogger membuat postingan 1+1 itu samadengan 4, maka biasanya kita selalu lebih cenderung percaya pada?? Ya itu dia 😀 😀 😀

Seperti fenomena lainnya pemirsa, dulu saya buat postingan tentang Yamaha MX-king, 10 bulan sebelum rilis saya buat bocorannya bahwa MX-king mirip R25 dan bahkan membuat sketsanya seperti ini , tak hanya sketsa, illustrasi olah sotosop pun saya buat, seperti ini:

image
Illustrasi Yamaha MX-King yang katanya cuma gosip, eh benera ada wkwkwk

Lalu, apa jadinya?? MX-king yang kata boss Yamaha cuma gooooo ssiiipp tadi, malah rilis dan sudah mengaspal dijalanan dibulan Mei kemarin…

Ya namanya juga blogger ecek-ecek gak ada yang lirik dan dianggap kentut semata, malah Media Vietnam yang lebih merilik dan nyomot gambarnya.. hehe lucu.. 😀

Dan uniknya, ketika blogger ecek-ecek ini membuat sketsa Honda K56 atau Sonic 150cc lalu di gambar blogger tukang jaga warung itu dipajang oleh blogger papan atas sekelas TMCblog baru deh, orang bilang “oooohh… beneran kayak gitu ternyata..” :mrgreen:

Jadi, bagaimana soal postingan mas potretbiker yang sempat membuat heboh itu pemirsa???
Lebih percaya siapa?? Blogger, media online atau petingi Yamaha yang selalu memberikan statemen-statmen yang selalu kita anggap mutlak???
Coba kalo yang buat postingan Yamaha DOHC ini yang pertama kali bahas adalah media online, hmm… pastinya gak akan ada fenomena seperti ini.. lagian pake ada berita meleduk segala lagi, ampun dah, dasar blogger segala rahasia dibongkar habis-habisan… hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe….

Dan terakhir, kabar rancu ini sebenarnya gak perlu dibuat heboh, entah berita mana yang benar, atau bohong yang jelas setiap berita harusnya kita menyikapi bijak, seperti ungkapan wak haji tadi “silakan dikunyah-kunyah” gak perlu ditelan bulat-bulat, maksudnya apa? Ya tinggal di bookmark aja dulu, jika nanti terbukti seperti kasus-kasus diatas, barulah kita menjudge siapa yang benar dan siapa yang salah…

Oke, sekian dari saya wabillahitaufik walhidayah.. wassalamu,alaikum warrahmatullahi wabarokatuh..

Ada juga cemilan yang enak buat dikunyah-kunyah pemirsa.. :

  • http://warungasep.net/2015/05/26/gosip-lagi-honda-siapkan-cbr150r-sp-monoarm-untuk-hadang-sport-yamaha-150cc-dohc/
  • http://warungasep.net/2015/06/23/honda-cbr250rr-akan-hadir-oktober-nanti-di-tokyo-motor-show-2015/

  • http://warungasep.net/2015/03/18/gosip-lagi-yamaha-akan-buat-jupiter-vesi-ayago-bermesin-selonjoran-125cc/

  • http://warungasep.net/2014/12/22/yamaha-akan-mengupgrade-jupiter-z1-menjadi-125-cc/

  • http://warungasep.net/2015/02/04/ini-dia-sosok-motor-yamaha-bermesin-150cc-dohc-benarkah/

  • http://warungasep.net/2015/05/06/gosip-lagi-akan-ada-sport-yamaha-150cc-frame-tralis/

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Whatsapp : 085222233573
  • BBM : 5451DFC1

Posted from WordPress for Kalkulator

Advertisements

60 Comments

  1. juozzz juozzz juozzzz bantai hidangan buka puasa pada saat maghrib tiba kawan. bantai hidangan kang asep blogger ecek2 sekarang juga. mmm lezat juga. sajian bermutu. ga usah pakai kunyah2 ujar mastaufik :mrgreen:

    *semua sudah tau bhwa frame new r15 akan sama dengan milik vixion. paling ubahan ada pada sisi engine dan zedikit major change pada wajah. tentu indikasi nya semakin kuat bakal ada vixion 150 DOHC. nama vixion adalah pemegang tahta. mau diganti? bisa saja. apakah nanti namanya vixion 150 DOHC atau MT-150, ini strategi selanjutnya. secara basis frame sama kok.

  2. justru dari para bloger yg bikin sketsa motor terbaru dan menyasar ke salah satu motor garapanya itulah

    para desainer pabrikan mengambil mana yg paling oke

    dari postingan tersebut di jiplak
    jadi gak perlu mikir mumet

    mereka justru d untungkan
    tapi

    pura pura ngomong gosip dan gosip

    padahal

    memang kenyataan ada

    cuman

    biar di patenkan dari pihak desainer pabrikan ter sebut

  3. (●´ο`●) ŐŐŐŐŐŐŐ… ternyata banyak bohong nya prtinggi yamaha tu.. kita lihat saja nanti.. 🙂 waktu yang akan membuktikan • °ωkωkωkωkωkωkωk° •.

  4. super sekali kang asep pembahasannya..saya juga entah kenapa yakin dari awal kok boss yamaha itu bohong ya..dibalik nanti kedepan vixion bakal dohc atau 180 saya yakin akan ada pengembangan kearah sana..tapi pastinya bakal masih sangat lama brojolnya..baru sebatas pengembangan mesin itu saya yakin pasti dilakukan..
    soal bos yamaha ngomong gto saya rasa di dunia industri semua petinggi perusahaan bakal menjaga rahasia dapur R&D nya..karena itu menyangkut masa depan..dan akan sangat menggangu penjualan sekarang jika memang yamaha meng’Iya kan rumor itu..jadi semua petinggi pabrik H maupun Y pasti menolak jika ada rumor itu..

    • Hehe… biasanya gk ada yg bocorin, eh ini ada blogger yg bocorin, pake ada berita meledak segala, jadinya kacau dah sape botak sariawan barusuh dan sakit tenggorokan 😀 😀

  5. berarti aya 2 kemungkinan mang asep..
    1. lamun di iyakan era bisi gagal teu jadi”.
    2. gosip wae lah dimana teu jadi na ge moal erakeun..

    pasti na ge milih no 2…

  6. Analisa yg josss…justru dri blogger yg katane pinggiran ini lah…si RnD nya ambil dn ubah dikitt…kya kasus MXKing…”the power of pinggiran itu lebh menjurus nyata”…pa lgi rumor awal vixi dohc ntu dri madev…udh jelas ada ntu proyek Vixi Dohc nya…sya mah dah yakin dri bocoran madev dlu…smpe perkembngn skrg semakin mengkrucut k nyata nya…hehehe

  7. Gila bray.. yamaha trnyata suka ngibulin konsumennya.. minimal klo ditanya gtu cukup bilang msi dlm pengembangan atau msi dipelajari lah.. jdinya ya lebih ramah sm konsumennya.. bukannya malah bohong sprti itu.

15 Trackbacks / Pingbacks

  1. 5 Kode Baru Produk Yamaha… Gosipnya, Dari mulai MT-15 hingga X-Ride UpSideDown | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Nama Matic baru Yamaha… 5 Huruf, Depannya “X” Belakangnya “E”? “XRide” atau “Xente” R ya??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  3. “Yamaha MT-15″ Kabarnya akan Produksi Masal di Akhir Tahun 2015??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  4. Yamaha BG7 Gosipnya adalah Yamaha YZF-R15 V3.0 di India | WARUNGASEP★★★☆☆
  5. Yamaha BG4, Senjata Yamaha untuk hadapi CBR250R, GSX-R250 dan Ninja 250 4 slinder??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  6. Seperti Inikah Velg Yamaha MT-15??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  7. Spyshots Yamaha MT15… Terlihat di Thailand, buntut mirip R25, Suspensi depan UPSideDown | WARUNGASEP★★★☆☆
  8. Ternyata Yamaha MT15 Mirip Dengan Renderan Peysblog, Februari Lalu!!! Kebetulan kah??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  9. Tampak Jelas Yamaha MT15… Wuih, Ada yang warna Orange-nya… | WARUNGASEP★★★☆☆
  10. Inilah Headlamp Yamaha MT15, Dual Keen Eyes LED… Sangaarrr… | WARUNGASEP★★★☆☆
  11. Apa Gak Kepengen Jika Wajah Yamaha MT15, Sport Naked 150cc DOHC Sesangar Ini??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  12. Mesin Yamaha MT15 Masih SOHC??? Ya Anggap Saja Ini Vixion Upsidedown atau R15 Versi Naked | WARUNGASEP★★★☆☆
  13. Penampakan Yamaha MT15 Yang Dites di Jalanan Indonesia | WARUNGASEP★★★☆☆
  14. Yamaha YZF-R15 2016… Jika Sport Fairing Yamaha 150cc Suspensi UpSideDown Desain Ala R125??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  15. Sport Fairing Yamaha 150cc DOHC Akan Pakai Rem Cakram Depan di Kiri? | WARUNGASEP★★★☆☆

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.