Review Tes Konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1.. Irit atau Boros???

jet wahid

Mang Dede Yusuf dengan motor jagoannya Yamaha Jupiter Z1 (Jet Wahid)

Warungasep.net – Ada kiriman dari sahabat dari Jonggol, wah tetangganya Mang Peysblog nih hehe… Namanya Mang Dede Yusuf, seorang ayah teladan yang mempunyai 2 motor, tapi merk Yamaha semua tuh pemirsa, jadi pastinya mang Dede ini adalah seorang FBY tulen, mantap… Nah mang Dede ini mengirimkan hasil tes review konsumsi BBM yang dilakukan oleh salah satu motornya yaitu Yamaha Z1… Penasaran bagaimana hasil tesnya?? oke kita ulas sama-sama pemirsa…

Mang Dede ini punya julukan unik buat motornya yang punya spesifikasi mesin selonjoran 115cc SOHC air cooled bergigi 4 ini, namanya adalah si “Jet Wahid” hehe, Wahid artinya Satu dalam bahasa Arab. Nah kemarin saat ia mudik dari Bogor ke Sukabumi ia mempunyai kesempatan untuk mencoba mengetes seberapa borosnya sih si Jet Wahidnya tersebut? apakah seperti anggapan semua orang jika motor Yamaha itu Boros?? dan untuk membuktikannya, mang Dede pun berbagi beberapa Foto untuk kita ketahui bagaimana kronologisnya. Oke, langsung saja ini dia hasilnya :

z1 dede yusup1

Pertama Mang Dede mengisi ulang si Jet Wahidnya di Sukabumi saat pulang, untuk kita ketahui bahwa Mang Dede ini memiliki profil tinggi badan 165cm dan berat badan 55kg, dan jenis BBM yang dipakai adalah Pertamax(terlampir dipoto), cara pengetesannya dengan cara Full to Full dan dengan 2 kali jarak pengetesan, antara lain :

  • Jarak pertama : Sukabumi – jonggol dengan total jarak 167km
  • Jarak kedua : dengan total jarak 158km

Dan untuk mengetahui bagaimana KM pada odometer diposisi awal pengetesan?,bisa dicek dibawah ini :

z1 dede yusup

Mang Dede melanjutkan perjalanan hingga menempuh jarak 167km, hingga tiba di pom Bensin Jonggol, dan kita lihat bagaimana hasilnya :

z1 akhir jarak jauh

Jarak yang ditempuh : 9787(km akhir pertama) – 9619(km awal pertama) = 168 km dan konsumsi BBM nya adalah :

z1 struk akhir jarak jauh

Membutuhkan BBM jenis Pertamak sebanyak 3,11 liter pemirsa… dan perhitungannya kira-kira seperti ini :

9787 – 9619 = 168 km dibagi 3,11 liter hasilnya adalah 54, 02 liter /km pemirsa… mantap…

Sebelumnya masih belum percaya kok irit bngaet katanya, lalu mang Dede pun mencoba mengetes lagi untuk membuktikannya… Nah untuk pengetesan jarak kedua, mang Dede pun melanjutukan perjalanannya menuju Cileungsi Bogor, dan akan kita bandingkan hasilnya antara pengetesan jarak jauh keluar kota dengan jarak dekat didalam kota. Dan kita lihat bagaimana angka odometer si Jet Wahid setelah pengetesan kedua, cekidot :

z1 akhir jarak dekat

Hasilnya adalah 9945(km akhir kedua) – 9787(km awal kedua) = 158 km konsumzi BBM dalam kota adalah sebagai berikut :

z1 struk jarak dekat

Ternyata memang sama pemirsa, beda dikit cuma 3,14 liter pemirsa.. perhitungannya berikut ini :

9945 – 9787 = 158 km dibagi 3,14 liter dan hasilnya adalah 50,3km / liter pemirsa… ajiibb

Dan jika ditotal secara keseluruhan dari perjalanan Mang Dede dengan Z1 nya adalah sebagai berikut :

9945(km akhir) – 9619(km awal) = total 326 km lalu dibagi (3,11 liter + 3,14 liter = 6,25 litter) hasilnya adalah

326 km dibagi 6,25 liter hasilnya 52,16 km/liter

Nah itulah hasil rata-rata pengetesan Konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1 2015 alias si Jet Wahid milik FBY Jonggol Mang Dede Yusup ini adalah 52,1km/liter, lalu bagaimana hasilnya pemirsa, irit atau boros????

monggo komentarnya pemirsa…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi
  • Twitter : @Warungasep
  • Whatsapp : 085222233573
  • BBM : 5451DFC1

Posted from WordPress for Jupiter Jet Whid

32 Comments

  1. Sayang banyak pemirsa yang cuma tahu motor irit itu Honda. Padahal sekarang hampir semua motor Jepang irit. Motor-motor India malah jauh meninggalkan motor Jepang dalam hal keiritan !!! MEMANG SUSAH MERUBAH MINDSET! Dan Honda diuntungkan oleh susahnya konsumen Indonesia menggeser mindset ini. Sama halnya Toyota di roda empat !!!

  2. Ini unit konsumen berarti….
    Boros neh…
    Dibanding ama sonic yg ditest motorplus 55kpl..
    Kalo ga percaya silahkan sambangi dealer terdekat. Kalo ga terbukti, duit kembali ke sales ..xixi

  3. Standar kang…
    Motor 110-115cc FI….
    Dibetot kaya gimanapun masih dapat 1:45-1:50an…..

    Ana bberapa kali ke bandung pk shooter dr cileungsi lewat puncak yg notabene lebih jauh drpada lewat cariu….

    Cuma isi 1 tangki full aja…..
    Baru isi lagi didaerah cibeureum, itupun masih diatas garis merah…

    Jarak cileungsi-bandung (margacinta) via puncak 182 km

    isi tangki 3,7liter

    yg namanya turing ya pasti main betot….

    115cc mah rpm tinggi terus kalo lewat puncak…..

  4. wah andai saja saya nitip pertanyaan sebelum review. performa mendakinya bagaimana boss?

    cz yg setau saya bebek zaman skrng kurang joss buat nanjak gunung. entah kalo Jet wahid belum pernah saya liat performa nanjaknya.

10 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kode Honda K47G, Sepertinya Honda Blade 125 FI Facelift 2016 Nih??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Daftar Harga dan Cicilan Motor Yamaha di Tasikmalaya November 2015 | WARUNGASEP★★★☆☆
  3. Seberapa Irit Sih Matic Yamaha Mio GT 2014??? Berikut Tes Konsumsi BBMnya… | WARUNGASEP★★★☆☆
  4. Tes Konsumsi BBM Honda Vario 125 eSP 2016, Boros!!! | WARUNGASEP★★★☆☆
  5. Inilah Yamaha Jupiter Z1 Versi 2016, Warna Biru, Merah dan Hitam Striping Baru | WARUNGASEP★★★☆☆
  6. Berapa Harga dan Cicilan Yamaha Xabre??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  7. Info Harga dan Cicilan Motor Yamaha terbaru Maret 2016 | WARUNGASEP★★★☆☆
  8. Yamaha Motor Show Tasikmalaya 2016 dan Update Info Harga Yamaha Terbaru April 2016 | WARUNGASEP★★★☆☆
  9. Diantara Motor Baru Sekarang, Mana Yang Paling Irit??? | WARUNGASEP★★★☆☆
  10. Dede Yusup, Komentator Sekaligus Kontributor Blog Otomotif » BMSPEED7.COM

Komen Gratis !