Penjelasan Dari AHM Tentang Honda CBR250RR, si “Supersport Kasta Tertinggi”

CBR250RR

Honda CBR250RR warna Hitam Mate GunPowder

Warungasep.net – Kita sudah ketahui terlebih dahulu tentang bagaimana sosok sport fairing 250cc baru yang menjadi penantang YZF-R25 dan Ninja 250 FI dari Honda ini Saat perilisan kemarin berdasarkan pengamatan visual, keterangan media dan testimoni para Blogger yang diundang . Tapi, setelah hanya puas melihat beberapa galeri foto, video dan spesifikasi dan bocoran Harga. Nah, sekarang kita ketahui lebih lengkap penjelasan tentang Honda CBR250RR yang diklaim sebagai motor Supersport dengan Kasta Tertinggi berikut ini :

PT. Astra Honda Motor memperkenalkan Honda CBR250RR di Indonesia sebagai yang pertama di Dunia. Motor ini sekaligus yang akan menjadi motor premium standar di Indonesia dari Honda. CBR250RR ini dibekali mesin generasi baru 250cc liquid-cooled 4 stroke DOHC 4 katup – 2 silinder dikembangkan melalui kolaborasi kuat antara tim engineer dari Jepang dan Indonesia sebelum akhirnya diproduksi langsung oleh putra bangsa di pabrik AHM Karawang. Dan Honda CBR250RR ini juga memiliki konsep yang disebut ” Total Control “.

Pertanyaannya apa itu Total Control???
Jadi Honda CBR250RR dikembangkan berdasarkan filosofi dasar Honda dalam mendesain motor supersports yaitu mengaplikasikan kasta motor balap tertinggi. Motor yang memenangkan balapan secara esensi tidak jauh berbeda dengan motor yang didesain untuk menghadirkan rasa senang saat berkendara. Mesinnya menjadi sarana terbaik untuk meningkatkan kemampuan pengendara. Motor ini harus dapat mengikuti keinginan pengendara, berbelok cepat ke arah yang dituju, berhenti dan melakukan akselerasi sesuai yang pengendara kehendaki. Semua gerakan secara mudah dilakukan oleh pengendara sehingga dapat memberikan rasa aman dan percaya diri. Pada akhirnya pengendara merasa semua ada dibawah kendalinya untuk berkendara ke mana saja. Mantap.

Selanjutnya dari sisi desain Honda selalu mengutamakan hasil yang diberikan dari setiap fungsi, sehingga styling yang ditentukan melalui pemahaman yang mendalam terhadap fungsi tiap parts. Styling secara mendasar memberikan kontribusi saat motor bermanuver. Honda membuat desain dari sisi luar, kemudian dilanjutkan ke frame, mesin dan terakhir suspensi jadinya Hal ini menghasilkan suatu bentuk yang paling ringan, memberikan fungsi optimal dan performa tertinggi.

Dan ingat CBR series ini adalah seri RR, sama seperti 2 kakaknya seperti CBR1000RR dan CBR600RR, maka motor ini harus cepat dan menyenangkan untuk dikendarai. Karena itu, desain menjadi sangat tergantung pada evolusi dari setiap fungsi beriringan dengan teknologi. All New Honda CBR250RR telah meraih lebih dari itu semua. Tampilannya yang menarik dan aspek fungsionalnya mampu menghadirkan kesenangan dalam berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

Jadinya dalam pengembangan All New Honda CBR250RR sebagai motor lightweight supersport terbaik di kelasnya ini telah dirumuskan beberapa tujuan untuk setiap bagian, antara lain :

Styling

buntutnya seksi bangeuutt
buntutnya seksi bangeuutt

Menampilkan desain yang membangkitkan sensasi terhadap power dan kecepatan.

Styling dari model ini disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terkini. Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

Garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang seperti pemangsa yang siap menerkam.

Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dari motor supersports sangat dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Chassis

rangka cbr250rr

menghadirkan kemampuan manuver yang optimal dan memberikan performa berkendara luar biasa.

Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Frame ini turut mendukung output yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.

Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.

Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.
Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

Power unit

buntut cbr250rr

Karakter mesin yang optimal di seluruh putaran dan suara knalpot memberikan sensasi saat menikmati kecepatan didukung desain engine yang compact. Hal ini menjadikannya motor yang ideal.

Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.

Untuk membuat mesin yang sangat compact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V. Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

Bagian penting lain di layout power unit yaitu Downdraft air intake. Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang compact, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

Karakter output dari All New Honda CBR250RR membuat pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver dan mengontrol secara penuh.

All New Honda CBR250RR menjadi motor terbaik di kelasnya dimulai dari akselerasi awal, menyalip hingga kecepatan tertinggi. Target tim development untuk mencapai karakter motor yang menjadikan pengendara mampu mengontrol sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi di setiap kecepatan mesin.

Elektronik dan sistem kontrol

tampilan speedometer Honda CBR250RR
tampilan speedometer Honda CBR250RR

hadir dengan kualitas terkini dan canggih sejalan dengan desain dan performa.

Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, telah diimplementasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW. All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.

cbr250rr kobayogas

Dan terakhir, Honda CBR250RR terdiri dari 3 warna antara lain, merah Racing Red, Abu Anchor Gray Metalic dan Black Metalic Gunpowder Hitam. Sedangkan untuk harga, AHM belum mengumumkan harga resmi, tapi sudah bisa dipesan dengan inden dan membayar Rp. 5juta rupiah sebagai tanda jadi di beberapa dealer khusus yang menjual CBR250RR dan produk Premium Honda lainnya di Dealer Wing Honda yang tersebar di Indonesia.

Sumber : Pressrilis AHM
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Posted from WordPress for Kalkulator

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Lihat Video Review Fisik Honda CBR250RR oleh OtomotifTV | WARUNGASEP★★★☆☆
  2. Mesin Honda CBR250RR Dimutilasi… Yuk, Lihat Detail Perintilan SparePartnya | WARUNGASEP★★★☆☆
  3. Melihat Sketsa Konsep Dasar Desain Honda CBR250RR | WARUNGASEP★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!