KTM 390 ADVenture Rilis di Indonesia, Harga 119 Jutaan

Warungasep.net – Memulai debutnya di Eropa akhir tahun lalu, KTM 390 Adventure 2020 akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Motor yang benar-benar dibuat untuk menjelajah ini ini sangat dinantikan para pecinta touring dan blusukan di tanah air. Selain karena modelnya yang kekar dan laki banget, juga karena motor ini mengusung nama KTM yang dikenal sebagai produsen motor-motor tangguh. Ditambah lagi dengan hype kemenangan KTM diajang balap MotoGP, pas banget nih moment peluncurannya di Indonesia sebagai penggemar Motogp terbesar di dunia.

KTM 390 ADVenture rilis di Indonesia

KTM 390 Adventure merupakan hasil pengembangan dari motor Rally KTM yang melegenda, maka dari itu motor ini mengambil platform rangka dari KTM 450 Rally Dakar yang legendaris yaitu steel trellis frame yang sangat ringan (ultra lightweight), Dengan design 2 piece, main frame dan removable subframe serta open lattice swingarm, KTM 390 dapat bermanuver dengan baik di berbagai kontur jalan. Tak hanya itu, motor ini mempunyai long wheel based, jarak terendah ke tanah, yang di design untuk kenyamanan touring jarak jauh, dan beratnya sangat ringan yaitu hanya 158 kg membuat KTM 390 Adventure mudah untuk dikendarai dalam segala medan.

Sebagai motor adventure sejati, KTM 390 Adventure ini memiliki keunggulan dari segi suspensi. Motor pesaing BMW G310GS ini mengusung Fully adjustable suspension baik depan maupun belakang, mempunyai jangkauan suspension travel 170 mm di depan dan 177 mm dibelakang, untuk suspensi depan pakai WP apex 43 mm, upside down front fork (yang dikembangkan secara khusus untuk enduro) dengan dual function adjustment capability. compression damping dan rebound dapat dengan mudah diubah dengan memutar switch adjuster di kiri dan kanan (untuk comfort, standard, sport , full payload). Fitur ini merupakan fitur yang sama dengan yang digunakan pada motor adventure premium KTM di cc besar. sedangkan shock belakangnya pakai WP apex rear shock dengan rebound damping and spring preload, keduanya dapat disetting.

Fitur KTM Adventure 390

Tak hanya itu, walaupun diperuntukan sebagai motor penjelajah, tapi beragam fitur elektronik canggih pun tersemat pada motor ini, diantaranya sbb :

  • First Class MTC (Motorcycle Traction Control) system : Meningkatkan stabilitas dan daya cengkram roda belakang saat throttle dibuka pada kondisi jalan berpasir/licin sehingga membuat roda tidak kehilangan traksi. Lebih aman dan akselerasipun menjadi lebih baik.
  • Build in Quick Shifter : Memungkinkan untuk melakukan perpindahan gigi tanpa menekan tuas kopling di rpm tertentu (up atau down shift), sehingga performa KTM 390 Adventure lebih powerfull dan optimal.
  • KTM Myride: Connection bluetooth antara handphone dan TFT speedometer untuk menelpon, music, dan map navigasi.
  • TFT speedometer : Tampilan speedometer sangat jelas baik siang maupun malam
  • Full LED light : Headlight dan indikator light
  • Cornering ABS, memungkinkan penggunaan full brakes pada segala kondisi jalan, termasuk pada tikungan tajam sekalipun yang memberikan keamanan lebih dan pengereman yang lebih terprediksi serta presisi. Fitur ini bisa dimatikan untuk kondisi off-road.
  • Off Road ABS, dengan mengaktifkan fitur ini, dimungkinkan untuk mematikan kinerja ABS roda belakang disaat kondisi jalan offroad, yang memudahkan pengendara menguasai motor lebih maksimal.
  • Slipper clutch: yang membuat effect engine brake lebih halus, meminimalisasi potensi roda terkunci karena engine brake dan juga save energy ketika riding.
  • Ride-by-wire: yang mengontrol open/ close throttle tanpa kabel dan memberikan tenaga optimal dan hemat bahan bakar.

Lengkap banget fiturnya euy… Sedangkan untuk dapur pacu, Motor adventure KTM ini mengusung mesin 373,2 cc DOHC single-cylinder, 4 valve , fuel injection , 6 speeds , power maksimum 32 kw (43 hp) dan torsi 37 nm memberikan best-performing single-cylinder best power-to-weight ratio di segment travel-enduro. Untuk lebih detailnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi KTM 390 adventure

Single-cylinder, 4-stroke
DISPLACEMENT 373.2 cc
BORE / STROKE 89 / 60 mm
POWER 32 kW (43 hp) @ 9,000 rpm
TORQUE 37 Nm @ 7,000 rpm
COMPRESSION RATIO 12.6:1
STARTER / BATTERY Electric starter / 12V, 8 Ah
TRANSMISSION 6 gears
FUEL SYSTEM Bosch EFI (throttle body 46 mm)
CONTROL 4 V / DOHC
LUBRICATION Wet sump
ENGINE OIL Motorex Formula 4T 15W/50
PRIMARY DRIVE 30:80
FINAL DRIVE 15:45
COOLING Liquid cooling
CLUTCH PASC™ slipper clutch, mechanically operated
IGNITION / ENGINE MANAGEMENT Bosch EMS with RBW
TRACTION CONTROL MTC
FRAME Steel trellis frame, powder coated
SUBFRAME Steel trellis frame, powder coated
HANDLEBAR Aluminum, tapered, Ø 26 / 22 mm
FRONT SUSPENSION WP APEX, Ø 43 mm, adjustable compression / rebound
REAR SUSPENSION WP APEX shock absorber, adjustable rebound and spring preload
SUSPENSION TRAVEL FRONT / REAR 170 / 177 mm
FRONT BRAKE Four piston, radially mounted caliper, brake disc Ø 320 mm
REAR BRAKE Single piston, floating caliper, brake disc Ø 230 mm
ABS Bosch 9.1MP Two Channel (incl. Cornering ABS and Off-road mode)
WHEELS FRONT / REAR Cast aluminum wheels 2.50 × 19”; 3.50 × 17”
TIRES FRONT / REAR 100/90 × 19; 130/80 × 17
CHAIN X-Ring 520
SILENCER Stainless steel primary and secondary silencer
STEERING HEAD ANGLE 63.5°
TRAIL 98 mm
WHEELBASE 1,430 ± 15.5 mm
GROUND CLEARANCE 200 mm
SEAT HEIGHT 855 mm
FUEL TANK CAPACITY approx. 14.5 litres / 3.5 litres resserve
DRY WEIGHT approx. 158 kg (without fuel)

Harga dan Pilihan warna KTM Adventure 390

Terakhir, untuk bandrol harga KTM Adventure 390 ini pihak PT Penta Jaya Laju motor, selaku APM merk KTM di Indonesia membandrol motor ini seharga Rp. 119.000.000 On The Road Jakarta. Dan sudah bisa dipesan di seluruh dealer KTM di Indonesia dan akan didistribusikan akhir Agustus ini. Dan untuk pilihan warnanya, sama seperti versi Global hanya ada 2 varian diantaranya warna Orange yang merupakan warna khas pabrikan Austria ini dan satu lagi warna putih. Berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

1 Comment

  1. ….seperti biasa semua motor ktm yg dibeli (lokal)bkn utk mtr pertama dan harian, lbh banyak hanya utk spesialis akhir pekan ……moge

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. KTM 890 Adventure R dan Rally 2021 Resmi Dirilis, Lawan Tangguh BMW F850GS - WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Kymco DT X360 2021, Maxi Skutik "Kebelet" Adventure - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!