Mirip Africa Twin, Honda Siapkan Motor Adventure Baru ?

Warungasep.net – Muncul sebuah gambar patent baru yang memperlihatkan desain sebuah motor adventure baru dari Honda. Desain bodynya terlihat mirip Africa Twin dengan half fairing yang menyiku tajam, jok yang landai dan knalpot yang posisinya disamping jok seperti motor adventure pada umumnya tapi jika dilihat ke bagian mesin dan rangkanya tampak sederhana dengan mesin berpendingin udara. Ada indikasi jika motor ini akan diberi nama Honda NX200, Benarkah?

Hmm, apakah ini adalah project Africa Twin versi mini yang sedang dikembangkan Honda? Oke, kita kesampingkan dulu nama dari produk ini. Kita focus ke desain patentnya saja dulu. Gambar yang diungkap oleh Blogger asal Jepang Kojintekibikematome ini menggambarkan sosok calon produk motor baru Honda yang mengusung konsep motor adventure.

Memang sekilas jika dilihat dari bagian samping, motor ini mirip dengan Honda Africa Twin terutama dibagian samping yakni model half fairingnya. Tapi sebenarnya model tersebut memang sudah banyak diaplikasikan oleh produk Honda, sebut saja diantaranya :

  1. Honda CRF190L yang hadir di China
  2. Honda CB200X di India
  3. Honda CB150X di Indonesia
  4. Honda XRE190 di Brasil
  5. Si kembar CB400X dan CB500X
  6. Moge bermesin slonjoran Honda NC750X
  7. dan yang terbaru ada Honda Transalp XL750

Lalu, motor baru apa lagi ini? Sebelumnya beberapa tahun lalu sempat muncul berita jika Honda mematentkan nama Honda NX series dari mulai 150c, 200, 400 dan 500cc. Inilah yang memunculkan banyak spekulasi, bahkan sebelum CRF190L muncul di China, patentnya bahkan beredar digosipkan sebagai NX200, tapi nyatanya bukan.

Dan dengan munculnya gambar patent ini, kuat dugaan jika inilah si Honda NX200 itu. Walaupun memang tak menutup kemungkinan jika motor ini bukanlah motor yang diduga tersebut. Bisa jadi varian lain untuk motor adventure, atau bisa juga facelift daripada XRE190 di Brasil yang memang sudah lama belum dapat penyegaran desain.

Lanjut lagi menurut Kojintekibikematome, jika gambar patent yang didaftarkan oleh Honda Jepang pada September tahun 2021 lalu ini hanya membahas seputar frame model baru yang bisa dibilang lebih efisien, termasuk desain tangkinya yang memiliki inovasi lubang tangki baru yang cukup unik.

Walaupun memang melihat platform mesin dengan pendingin udara ini memang akan membuat banyak spekulasi, apakah 150cc seperti CRF150L di Indonesia? atau 200cc seperti CB200X di India? Masih menjadi misteri. Jadi kita tunggu saja kejutannya dari Honda.

Dan sepertinya, motor ini bukan dijual di Indonesia, itu terlihat dari suspensi depannya yang menggunakan model teleskopik, waah bakal jadi bahan bullyan netizen kalau teknologi jadul seperti itu diaplikasi untuk model motor baru di tanah air, hehe… Karena hampir semua produk motor sport Honda disini sudah pakai model Upside down SFF-BP. Sudah lebih canggih dan tentunya untuk memanjakan konsumennya dengan fitur-fitur upto date.

8 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!