Adu Drag Suzuki GSX-R150 vs Bajaj Pulsar NS200, Siapa Yang Kalah? Lihat Videonya…

Warungasep.net – Sudah beberapa Video adu drag motor sport antara Suzuki GSX-R150 dengan rival yang sudah saya posting dibeberapa artikel, jika belum tahu, berikut ini diantaranya :

Dan diantara video yang sudah saya rangkum diatas, semuanya dimenangkan olehg motor sport fairing terbaru dari Suzuki yakni GSX-R150.. Mantap… Kali ini ada satu lagi video yang cukup heboh dan menjadi viral di media social nih pemirsa.. maklum karena sport fairing Suzuki dengan mesin 150cc DOHC 1 silinder yang mampu memuntahkan power hingga 19 Hp dan punya limiter RPM hingga 13ribu RPM ini lagi naik daun nih pemirsa, selain sebagai pendatang baru tapi juga karena ini motor sport 150cc pertama yang diproduksi secara lokal oleh Suzuki yang sangat dinantikan oleh para penggemarnya di Indonesia juga di seluruh dunia..


Dan Video yang akan saya ungkap di artikel ini adalah tantangan dari sport naked India, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS kepada Suzuki GSX-R150… Memang tidak imbang nih pemirsa, karena kedua motor sport tersebut berbeda genre juga berbeda kubikasi mesin, yang satu sport naked 200cc, dan GSX adalah sport fairing 150cc.. Dan biar gak penasaran, langsung saja pemirsa bisa lihat Videonya di bawah ini :

Kita bisa lihat jika disaat start, sang sport DOHC Suzuki mampu melaju lebih dulu, walaupun sempat sport naked India memimpin tapi menuju garis akhir, Suzuki GSX-R150 mampu menggunguli motor sport naked SOHC 200cc tersebut… Nah, mungkin pemirsa ada yang penasaran, perbedaan spesifikasi dari kedua motor sport tersebut? Untuk itu akan saya berikan komparasi GSX-R150 vs Pulsar 200BS pada tabel dibawah ini yang bersumber dari pak Iwan Motogokil :

Suzuki GSX-R150 memiliki spesifikasi mesin 147,3cc DOHC 1 silinder 1 busi yang mampu memuntahkan power sebesar 19,17 PS pada 10.500 rpm, bobotnya sekitar 131 kg saja, sedangkan Pulsar NS memiliki mesin 199cc 1 silinder SOHC 4 katup 3 busi, yang memiliki power maksimum sebesar 23,52 Ps pada 9500 rpm, bobotnya sebesar 145kg..

Nah, hasil analisa pak Dosen Motogokil menyebutkan jika hasil adu drag antara motor sport naked 200cc dan sport fairing 150cc ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Limiter p200ns dipatok 11000 rpm, sehingga jika tidak ingin drop powernya, putaran gas dijaga jangan sampai menyentuh limiter, pada gigi rendah. Dan pada gigi tinggi, biasanya engine tidak mampu menyentuh limitar. Sedangkan gsx r150 memiliki limiter yang lebih tinggi, yaitu sekitar 13000 rpm, jadi pada saat p200ns sudah mentok, gsx r150 masih mampu berakselerasi.
  • Power puncak p200ns lebih rendah, biasanya ketika putaran semakin tinggi powernya semakin turun dan akselerasinya pun ikut turun. Sedangkan gsx r150 power puncaknya terletak di rpm yang lebih tinggi dan jika dilihat hasil dynonya, kurva powernya terlihat cenderung mendatar. Sehingga pada putaran tinggi (full throttle) gsx r150 masih mampu memberikan akselerasi yang lebih besar dibandingkan p200ns.
  • Dalam kecepatan tinggi motor full fairing memiliki aerodinamika yang lebih baik ketimbang motor naked. Sehingga koefisien drag lebih kecil, otomatis hambatan anginnya juga lebih kecil. Makanya pada kecepatan tinggi terlihat gsx r150 mulai mampu mengejar p200ns.
  • Bobot dan skill rider juga sangat berpengaruh.

Sepertinya hasil drag gsx r150 vs p200ns di atas cukup realistis, dan cukup sesuai dengan hasil pengujian kru otomotif. Simak komparasinya :

Lihat tabel di atas, pada jarak 0-400 m p200ns selalu unggul dibandingkan gsx r150. Akan tetapi simak juga topspeednya, gantian gsx r150 yang lebih unggul dibandingkan p200ns. Artinya bajaj pulsar 200 ns mampu melesat lebih dahulu, kemudian suzuki gsx r150 akan mampu menyusul jika jalan lurus yang tersedia lebih panjang lagi. Biasnya kru otomotif mengui topspeed pada jarak 1 km.

Hebatnya suzuki meracik gsx r150 dengan topspeed mengungguli p200ns, akan tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Hal ini terjadi atas kontribusi sistem fuel injection yang canggih pada gsx r150, sementara p200ns masih menggunakan karburator + pengapian 3 busi. Itulah sedikit analisis yang bisa motogokil sampaikan terkait dengan tes (adu) drag antara suzuki gsx r150 dan bajaj pulsar 200 ns. Ungkap pak Dosen..

Jadi, bagaimana menurut pemirsa? Monggo komentarnya…
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

Advertisements

6 Comments

  1. Wajar la klo rolling start bisa imbang / menang..
    Soalnya 200ns nafas gigi nya pendek pendek..
    Klo start dr diam aye rasa gsx ga da kesempatan walo traknya 1km 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.