Suzuki Jimny 2017 Rilis di Indonesia, Legenda Mobil Off Road Suzuki Reborn! harga Rp. 285jutaan

Warungasep.net – Semua orang kalo melihat mobil off road kecil dari Suzuki pasti pada tahu… Oh, ini Suzuki Jimny!!! Mobil ini menjadi legenda karena sempat tenar pada masanya, karena selain kendaraannya yang unic, tapi juga karena desainnya yang timeless dan selalu tampak keren, apalagi kalo dimodif pake ban gede, terus touring, beuh pasti kereeen… 


Sempat didiscontinue dan tidak lagi dijual, kemudian muncul generasi baru mobil ini di Jepang… Model yang lebih modern tapi tetap mempertahankan desain Jimny yang khas dan unic membuat para loyalis mobil Suzuki dan pecinta Jimny di Indonesia, me-request mobil ini supaya mobil ini di jual di Indonesia…

Dan akhirnya, tepat di Gaikindo indonesia  Internasional Auto Show GIIAS 2017 di ICE BSD City Tangerang Selatan kemarin, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi merilis Suzuki Jimny terbaru 2017 di Indonesia…

Mobil ini sebagai “pengobatan rindu” pagi para pecinta mobil Suzuki Jimny yang sejak lama menantikan versi baru dari mobil Off road Suzuki ini…

Mobil Suzuki terbaru ini dijual di Indonesia dengan harga Rp. 285.000.000 OTR Jakarta dan jumlahnya sangat terbatas yaitu hanya tersedia 88 unit saja dan dijual dalam 2 varian warna antara lain White (putih) dan Bluish Black (hitam) dan hanya tersedia dalam versi AT.

Dan berikut ini adalah keterangan resmi dari pihak Suzuki Indomobil sales tentang mobil baru 4×4 mereka :

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara eksklusif menghadirkan kendaraan off-road legendaris di Indonesia, SUZUKI JIMNY generasi ketiga, dengan kepraktisan yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya, namun tetap menawarkan karakteristik kuat untuk menaklukkan medanoff-road. Pembaruan pada SUZUKI Jimny generasi ketiga ini dilakukan untuk menjawab fungsi Sport Utility Vehicle (SUV) seperti JIMNY yang tidak hanya untuk para pekerja keras, namun untuk memenuhi tren yang ada di tengah masyarakat saat ini, yaitu untuk mendukung gaya hidup.

Dengan peruntukan sebagai kendaraan off-road, JIMNY mencoba untuk mencairkan kekakuan SUV. Permukaan lengkung yang dinamis menciptakan tampilan yang lebih halus namun kental akan desain SUV generasi baru. JIMNY kini dilengkapi dengan desain lampu yang lebih besar, guard splash yang lebar dan ban 205/70 R15, serta Rail Roof Rack, dan ban cadangan yang membawa  karakter kuat SUV yang fungsional dan praktis.
JIMNY tetap memposisikan diri sebagai kendaraan yang kuat untuk medan off-road sebagai taman bermainnya. Rangka pijakan Jimny adalah fondasi yang kokoh untuk perfoma kendaraan 4X4. Bagian pijakan yang menyilang memperkuat bagian samping, sehingga rangka dapat menyerap hentakan dan meningkatkan kemantapannya, bahkan pada medan yang kasar. Suspensi depan dan belakang Jimny menggunakan 3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring , ground clearance mencapai 190 mm.
Transmisi otomatis memberikan kepraktisan dan kemudahan bagi pengemudi, sedangkan system penggerak bisa dilakukan dengan tombol yang terdeteksi melalui indicator pada panel instrumen.
“Sejak generasi pertamanya, Suzuki JIMNY telah menjadi bagian dari sejarah Indonesia. Melalui generasi ketiga ini, Suzuki mengemas JIMNY sebagai kendaraan yang stylish namun kuat, serta mengkombinasikannya dengan berbagai kepraktisan mengemudi yang menawarkan nilai tambah bagi pemiliknya. Saat ini kami menawarkan Jimny secara eksklusif dan dengan edisi terbatas,” kata Setiawan Surya – 4W Deputy Managing Director PT SIS.
Didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang SUZUKI JIMNY ditawarkan dengan harga Rp 285.000.000 untuk tipe A/T dengan harga on the road Jabodetabek. Sedangkan pilihan warnanya ada dua yakni Superior White dan Bluish Black 3.
Suzuki JIMNY, Kenangan Melegenda
Generasi pertama SUZUKI JIMNY di Indonesia lahir pada tahun 1979 dengan hadirnya JIMNY LJ-50 4×4, sementara LJ-50 dibuat khusus untuk pasar ekspor, termasuk pasar Indonesia.
Pada tahun 1976, dengan kinerja yang lebih kuat, Suzuki memperkenalkan JIMNY LJ-80 4×4.Dengan kapasitas mesin yang lebih besar berukuran 4 silinder, kendaraan ini bahkan dibuat secara lokal di Indonesia.
JIMNY SJ410 dan SJ413 menunjukkan kekuatan performanya dengan mesin yang berbeda, dari 1.000 cc sampai 1.300 cc dengan variasi dariJimny Sierra ke Jimny Samurai.
Melanjutkan generasi kedua yang diperkenalkan di Indonesia di tahun 1990, yaitu SUZUKI KATANA 4×4, sampai akhirnya padatahun 1998 ditutup dengan Caribian.
Sepanjang dua generasi JIMNY yang dipasarkan, ternyata banyak penggemar yang merawat Jimny milik mereka dengan baik dan beberapa telah memodifikasinya menjadi lebih bergaya atau bahkan cukup ekstrim untuk kompetisi off-road, dan berkembang pula berbagai komunitas yang telah terbentuk dengan kuat di berbagai daerah di Indonesia.
EKSTERIOR

Sebagai mobil offroad, JIMNY tetap dikemas dengan bodi yang ringkas agar tetap lincah ketika melewati berbagai kondisi jalan, bahkan hingga yang ekstrim. Mobil off-road ini menggunakan jarak sumbu roda hanya 2.250 mm dengan panjang keseluruhan bodi mencapai 3.695 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.705 mm. Sementara lebar pijak antar roda disajikan 1.365 mm.
SUZUKI mencoba menghadirkan aksen grille generasi pertama namun lebih modern dan menunjukkan ketangguhan SUV, diapit oleh lampu depan multi reflektor. Ditambah pula dengan fog lamp sehingga menambah maksimal pandangan pengemudi.
JIMNY juga dilengkapi dengan Rail Roof Rack memberikan tampilan lebih kokoh namun juga tetap fungsional untuk menempatkan barang bawaan ekstra.
Bagian belakang JIMNY tampil tangguh sebagai SUV sejati dengan menampilkan ban cadangan tergantung di pintu belakang. Untuk memaksimalkan pandangan ke belakang, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan wiper. Bumper belakang tampil kokoh di dukung barisan lampu yang informatif sehingga mudah terpantau oleh kendaraan dari kejauhan.
JIMNY memiliki rahasia kelincahannya bermain di medan off-road berkat tinggi ground clearance mencapai 190 mm. Bumper depan yang pendek ini membuat JIMNY memiliki approach angle 340, ramp break over angle 310 dan bumper belakang yang juga pendek menyajikan departure angle 460.
Memiliki radius berputar 4,9 meter membuatnya mudah bermanuver ketika harus menghindari medan yang sempit. Sedangkan untuk pijakan ke permukaan jalan, JIMNY mengandalkan ban ukuran 205/70 R15.
Kemampuan JIMNY tak sekadar di dukung dengan bodi yang ringkas, namun paling utama adalah ketangguhan sasis generasi ketiga JIMNY. Designnya yang tetap mempertahankan konstruksi body-frame rigid sehingga lebih fleksibel dan kuat mengakut beban yang berat apalagi menghadapi berbagai guncangan.
Selain itu perangkat suspensi bagian depan dan belakang mengandalkan 3-Link rigid axle. Sistem ini membuat JIMNY lebih kokoh dan lincah melewati kondisi jalanan yang tak rata.
INTERIOR

Melalui dimensi JIMNY yang ringkas, kabin dibuat tetap menyajikan kenyamanan ketika digunakan. Mulai dari kompartemen penempatan barang yang ergonomis bagi penumpang dan pengendara. Kompartemen tersedia berlimpah untuk tempat penyimpanan, mulai dari glove box berlimpah, console box, floor console tray, dengan cup holder, tempat penyimpanan di pintu samping, penumpang belakang juga disiapkan tempat penyimpanan dan juga cup holder.
Kepraktisan berkendara memanfaatkan transmisi otomatis. Tuas mudah dijangkau dan memilih sistem penggerak roda 4WD-L, 4WD atau 2WD bisa melalui tombol di dashboard.
Penyejuk kabin memakai sistem tombol putar. Terdapat juga pilihan sebagai pemanas kabin ketika berada di kawasan pegunungan. JIMNY dilengkapi perangkat audio yang nyaman ketika menemani perjalanan selama berpetualangan.
Masi dalam ruang pengemudi, JIMNY memiliki kombinasi meter cluster antara analog dan digital serta lampu indikator. Lampu indikator ini secara lengkap menunjukkan kesiapan ABS, airbag, temperatur mesin, pengingat pintu hingga sistem penggerak empat rodanya. 
JIMNY dapat memuat empat orang dewasa dengan jok pengendara dan penumpang belakang dibalut oleh material fabric yang dilengkapi head rest. Demi keselamatan, jok sudah terdapat sabuk pengaman serta terdapat ISOFIX Child Seat sebagai pengait khusus untuk tempat duduk bayi. Guna mengakomodir muat barang di kabin, jok belakang pun dapat dilipat dengan format 50:50. 
MESIN

Keandalan dan ketangguhan SUZUKI JIMNY didukung oleh mesin empat silinder dengan material  alumunium. Sehingga bobot lebih ringan dan berdampak pada efesiensi bahan bakar. Selain itu, Suzuki menjanjikan mesin sangat responsif di berbagai kondisi jalan.
JIMNY ditunjang dengan mesin empat silinder DOHC berkode M13A, memiliki kapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup. Diameter ruang bakar tepatnya 78 mm dan langkah pistonnya 69,5 mm dengan rasio kompresi 9,5:1. Untuk memberikan performa yang handal, JIMNY menghadirkan 82 PS pada 5.500 rpm, sedangkan torsi 110 Nm pada 4.500 rpm. 
FEATURE & SAFETY
Meski JIMNY punya kemampuan bermain di medan off-road, Suzuki tak melupakan bahwa keamanan di permukaan jalan juga menjadi perhatian. JIMNY sudah mengandalkan sistem pengereman Antilock Braking System (ABS). Adapun rem depan menggunakan cakram berventilasi dan belakang memakai drum, leading & trailing.
Keselamatan berkendara lainnya yang juga menjadi peranti standar JIMNY adalah Dual SRS airbag untuk melindungi penumpang dan pengendara.
Selain itu, agar pengemudi benar-benar terlindungi di dalam kabin ketika alami benturan dari depan, JIMNY sudah mengadaptasi Collapsible Stering Column. Batang stir akan patah ke bawah, sehingga meminimalisir pengendara terhimpit oleh lingkar kemudi.
Untuk meredam benturan keras dari samping, JIMNY telah disematkan Side Impact Beam pada bagian pintu samping. Konstruksi Side Impact Beam sendiri terbuat dari batang baja yang tidak menyulitkan penumpang membuka pintu ketika terjadi benturan.
Seperti keunggulan mobil Suzuki lainnya, JIMNY sudah dilengkapi peranti kunci Immobilizer yang memberikan keamanan maksimal ketika parkir dari tangan pencuri. Dengan sistem kunci Immobilizer ini, mobil hanya bisa dihidupkan oleh kunci aslinya. 

Sebagai tambahan info jika pemirsa membutuhkan mobil untuk dirental atau disewa, terutama untuk daerah Yogyakarta dan sekitarnya bisa kunjungi langsung situsnya di Rental Mobil di Jogja … Semoga berguna…

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki Sukses Jual Ratusan Mobil dan Motor di GIIAS 2017 | WARUNGASEP★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!