Muncul Gambar Patent Honda CRF 150cc Street Legal, Mirip Gak???


Gambar sketsa patent Honda CRF150L

Warungasep.net – Sebuah gambar sketsa patent yang menampilkan sosok motor Trail yang tentunya kita sudah hafal banget dengan desainnya, mirip dengan Honda CRF150 Concept yang dipajang diajang HBD 2017 kemarin. Ah masa sih? Apa yang membuatnya mirip??? Oke analisa pertama adalah pada bagian stoplamp, berikut ini ilustrasi yang dibuat apak RT Ridertua :

Oke, seperti yang kita ketahui bersama sosok calon motor trail baru AHM ini mulai terkuat lewat teaser yang diungkap minggu lalu, buat yang belum tahu bisa cek di artikel Teaser Honda CRF , naah pada teaser tersebut terlihat desain stoplamp yang menyatu dengan spakbor belakang lengkap dengan lampu sein.. Dan pada gambar patent diatas terlihat posisi tail light menyatu dibagian belakang. Kemudian kita juga bisa lihat desain patent bagian mesin, cekidot :


Untuk desain mesin bagian kiri memang mirip banget dengan desain cover crankcase mesin 150cc Honda seperti Verza?Megapro yang nantinya akan dipakai oleh motor baru Honda berkode Honda K84 ini. Tapi untuk bagian cover crankcase bagian kanan kok sepertinya beda ya?? Kita perhatikan foto saat CRF versi konsep lalu saya ambil :

Jadi apakah ini benar desain patent Honda CRF lokal yang akan hadir sebentar lagi??? Sayang pak RT tidak menyebutkan lebih detail darimana gambar ini berasal, tapi kita bisa sedikit berpekulasi mungkin hanya bagian body saja yang mirip, sedangkan untuk bagian mesin seperti yang kita tahu, AHM sudah punya mesin tersendiri yang akan dipakai, sehingga menghemat cost production dan gak perlu riset lagi mesin baru, hehe…

Honda CRF series 150cc di seluruh Dunia

1. Honda CRF150L di Amerika
Ngomongin Honda CRF series, di belahan dunia ini banyak sekali model dan bermacam kubikasi mesin yang digunakan untuk motor off road Honda ini, dari mulai cc terkecil seperti CRF50 hingga yang terbesar yaitu Honda CRF1000L aka Africa Twin. Namun jika ngomongin tentang CRF series yang bermesin 150cc tentunya sangat jarang… Setelah saya cek di beberapa situs resmi Honda CRF 150cc hanya ada di bagian negara Amerika serikat, namun disana hanya ada Honda CRF 150 versi offroad yang diberi nama Honda CRF150F, ingat ada huruf “F” dibelakangnya… berikut ini penampakannya :

Pemirsa bisa lihat, hampir semua bagian sama dengan CRF versi konsep yang dipajang, mesinnya sepertinya mirip dengan gen mesin 150cc SOHC berpendingin udara, tapi perbedaanya motor yang hadir di Amerika ini pakai suspensi teleskopic konvensional, lalu tanpa adanya lampu depan maupun lampu belakang jadi motor ini hanya untuk motor enduro atau untuk kegiatan offroad…

2. Honda CRF150R
Tak hanya di Amerika, di Jepang juga Honda menjual Honda CRF bermesin 150cc untuk kompetisi Motocross, ada huruf “R” dibelakangnya yang berarti motor ini untuk balapan atau racing.. Nah, mesinnya berbeda dan khusus, karena mesinnya bukan pakai SOHC maupun DOHC tapi pakai mesin 149cc 1 silinder berpendingin cairan dengan Unicam®, four-valve; 26mm intake. wow… Dan berikut penampakan modelnya :

3. Honda “CRF150L” di Indonesia?*
Dan yang ketiga, dan seperti rumor yang beredar jika calon motor trail bikinan PT, AHM ini akan diberi nama Honda CRF150L, terlihat ada huruf “L’ dibelakangnya pemirsa. Dan saya ubek-ubek situs resmi diluar negri spertinya CRF series 150cc dengan huruf “L’ dibelakangnya memang belum ada. Jadi apakah Indonesia jadi negara yang ekslusif memproduksi motor CRF 150cc yang street legal seperti layaknya CRF250L ataupun CRF250Rally?? Bisa jadi… Dan untuk modelnya kita tentu belum tahu, jadi masih hanya sebatas teaser saja :

4. Honda XR150L di Filipina
Tapi ada lho, motor dual purpose Honda bermesin 150cc yang street legal, dan lebih beraura sport adventure, tapi sayangya bukan termasuk klan CRF series melainkan masuk kedalam klan Honda XR series, namanya adalah Honda XR150L, pernah saya bahas artikelnya di

Dan berikut ini penampakan sosoknya :

Jadi kita tunggu saja kehadiran motor CRF series baru yang pastinya merupakan generasi baru CRF series street legal bermesin 150cc pertama di dunia. CRF150L?? semoga saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.