Lava Tour ke Gunung Merapi Bersama Blogger, Vlogger dan AHM

Lava Tour Merapi dengan Jeep

Warungasep.net – Jadi gini ceritanya… #eh itu kan Prolog blognya Marlin, hehe… Jadi gini ceritanya pemirsa, di acara Honda Bikers Day 2017 di Yogyakarta kemarin, kita para Blogger dan Vlogger bersama AHM punya acara ekslusif selama 3 hari, dari mulai tanggal 13 sampai 15 Oktober 2017, diartikel sebelumnya saya sudah bahas, jika di hari pertama saya gak ikut, karena Jadwal Peswat sore, dan barulah di hari kedua yaitu Fun Riding dengan CBR150R ke HBD dan di hari ketiganya kita punya acara tour ke Gunung Merapi yang bernama “Lava Tour Merapi” bersama Blogger, Vlogger dan AHM pada hari Minggu, 15 Oktober 2017…

Rombongan Lava Tour Merapi berfoto didepan Batu Alien, Pict : Sumarlin

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya banyak sekali destinasi wisata, selain di daerah Kota Yogyanya yang punya keunikan tersendiri, karena disini punya pemerintahan setingkat Provinsi yang Istimewa berbeda dengan daerah lainnya yaitu Kesultanan Yogyakarta, juga punya beberapa objek wisata menarik disekitarnya, seperti Candi Borobudur juga Candi-candi lainnya. Dan salah satu hal yang identik dengan Yogyakarta adalah Gunung Merapi yang paling terkenal karena letusannya yang dahsyat di pulau Jawa beberapa tahun kebelakang. Dan acara wisata Lava Tour Merapi yang kita ikuti ini adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu dan menjadi bukti kedahsyatan letusan Gunung yang berada di sebelah Utara Yogyakarta ini.

Saya, Irfan Singindo dan Vlogger papan atas Sumarlin Putra

Awalnya saya mengira jika tour ke gunung yang berada di Kab. Sleman Yogyakarta ini kita akan pakai Honda CBR150R, ternyata gak juga tuh pemirsa, hehe… Karena disini disediakan armada khusus yaitu kendaraan roda empat berupa Mobil 4WD Jeep Land Cruiser, yang tentu mampu menerjang jalanan yang memang menuju kaki gunung dengan tinggi 2.930 meter dpl ini didominasi batuan pasir dan batuan, jadi banyak sekali rintangan tuh pemirsa, jadi kendaraan Jeep ini adalah yang paling ideal dan punya sensasi tersediri bagi pengunjungnya.. Jadinya, saat wisata kita ini terasa “My life May adventure” banget nih pemirsa, kayak ikutan petualnagn di iklan Rokok Djarum Super gitu deh rasanya, wkwkwkw…

Mengunjungi Batu Alien di Kaki Gunung Merapi

Destinasi pertama dalam rangkaian Lava Tour Merapi ini adalah menuju kawasan Batu Alien, dimana dilokasi ini yang tepat berada di pinggir jurang tempat lava menerjang kaki gunung yang kini area tempat limpahan lahar gunung digali dan diambil pasir dan batunya oleh warga setempat. Dan ini membuktikan jika Merapi selain melimpahkan bencana juga bisa menjadi ladang berkah bagi pencari tambang pasir, hehe..

Lokasi tambang pasir lahar gunung Merapi

Dan berikut ini foto Batu besar yang katanya mirip Alien, jadinya dinamakan Batu Alien, tapi yang saya lihat sih malah mirip wajah Transformer ya? cekidot aja :

Museum Sisa Hartaku

Ditempat kedua, kita mulai naik ke kaki gunung Merapi, tujuan selanjutnya adalah kita mengunjungi “Museum Sisa Hartaku” dimana disini ada sebuah museum kecil yang memperlihatkan jejak-jejak yang ditinggalkan ketika lahar panas merapi menerjang rumah penduduk, dan salah satu rumah penduduk disini memperlihatkan sisa-sisa yang tertinggal untuk membuktikan kekuasaan tuhan…

Di dalam rumah ini, ada buktim Jam yang berhenti berdetak pada saat Erupsi Merapi menerjang rumah tersebut, Jam tersebut berhenti pada pukul 12.05 WIB malam, tepat di hari Jum’at tanggal 5 November 2010.

Bukti Jam Erupsi Merapi

Tak hanya itu, dimuseum ini ditampilkan juga bukti-bukti lainnya berupa tengkorak hewan peliharaan, motor yang tinggal rangka, gelas yang meleleh, wuiih gelas saja sampe meleot kayak plastik pemirsa, hingga kitab Suci Al-qur-an yang masih utuh, Subhanallah… berikut galeri fotonya :

Bunker Kaliadem

DI destinasi ketiga dalam Lava Tour Merapi, kita menuju saksi bisu ganasnya Lava panas Merapi yaitu Bunker Kali Adem, naahhh, tentu pemirsa dulu masih inget kan dulu pernah ada beberapa relawan yang bersembunyi saat erupsi Merapi, tapi naas, mereka tewas didalam karena lava panas yang dimuntahkan Merapi berhasil masuk kedalam pintu Bunker atau ruang bawah tanah, dan melahap mereka yang bersembunyi didalamnya… negri banget pemirsa… berikut ini foto-fotonya :

Kabarnya, karena berbahaya saking dekatnya dengan kawah maka Bunker persembunyian ini tidak digunakan lagi dan dipakai sebagai objek wisata bukti sejarah ganasnya gunung Merapi.. Dan ini saat kita foto bersama di depan pintu Bunker Kali Adem :

Pict : Marlin

Rumah Mbah Marijan Juru Kunci Gunung Merapi

Dan tempat terakhir dalam rangkain Lav Tour adalah menuju tempat kediaman Mbah Marijan, yang meninggal terkena awan panas Merapi beberapa tahun lalu karena tak sempat mengungsikan diri… Disini tersimpan bukti-bukti dimana rumah Mbah Marijan dan anaknya Pak Asih(beliau sekarang menjadi penerus Mbah Marijan sebagai Juru Kunci Gunung Merapi) yang hancur, lalu ada beberapa motor yang tingal rangka juga sebuah mobil yang dulunya dipakai untuk mengungsikan mbah Marijan namun naas, gak sempat menyelamatkan diri dan langsung terkena awan panas Merapi, berikut galeri fotonya :

Dan ini, Foto saat kami juga BU Isti AHM yang ikut dalam rombongan Tour berfoto bersama istri Mbah Marijan di tempat yang dulu menjadi rumahnya.

Ibu Isti bersama Istri Mbah Marijan, Pict Marlin

Nah, itulah cerita tentang traveling kita para Blogger, Vlogger dan PT, Astra Honda Motor (AHM) mengunjungi bukti sejarah Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta… Tentunya punya kesan tersendiri, juga mendapat beberapa pelajaran bagi kita untuk terus mensyukuri nikmat atas kecukupan rezeki, kesehatan dan keselamatan. Ada hal yang menarik saat mengikuti acara Lava Tour ini pemirsa, pasti pada tahu kan salah satu Blogger yang identik dengan postingan mistisnya? Yupz, mas Yudi Batang(Kunjungi blognya Yudibatang.com ), nah Blogger yang satu ini memang berbeda dengan yang lainnya, karena mungkin ia punya kelebihan, atau sudah Upgrade panca Inderanya ke versi 6, disaat kita masih pakai Indera versi 5, hehe.. Jadinya, ada pengalaman spiritual baginya saat mengunjungi tempat-tempat yang kita datangi, kita melihat beliu menangis dan menitikan air mata, disaat kami tanya, jawabnya dia bisa merasakan bagaimana getirnya para korban letusan gunung Merapi dan mungkin jika kita bisa layaknya apa yang dilihat mbah Yudi pasti juga akan merasakan hal yang sama… Jangankan merasakan pemirsa, membayangkan saja sudah ngeri banget, apalagi ketika melihat bukti dan jejak dahsyatnya Merapi ditambah Foto-foto yang berhasil diabadikan juga cerita-cerita para guide tour, membuat bulu kuduk merinding dan tak hentinya ber-Istigfar dan mengingat akan kebesaran Tuhan.. Disitulah kita mendapat pelajaran dan rasa bersyukur…

Terimakasih juga kami ucapkan pada PT. Astra Honda Motor (AHM) yang telah memberikan pengalaman yang terlupakan dalam event Lava Tour ke Gunung Merapi ini…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

• Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator< a

4 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!