Honda Akan Lawan Panigale V4 Dengan RVF 1000cc V4, Gosipnya Hadir Tahun 2020 dan Ikutan WSBK??


Warungasep.net – Sebeneranya info ini bukan hal baru, karena sejak beberapa tahun lalu info ini sudah ada. Yaitu tentang rencana Honda memproduksi motor Superbike dengan konfigurasi mesin V4. Awalnya digosipkan jika mesin V 4 silinder ini untuk CBR Fireblde terbaru, tapi pasca kehadiran Superbike terbaru Honda ini akhir tahun lalu, gosip tersebut terpatahkan karena CBR1000RR 2017 masih pakai mesin 1000cc konfigurasi 4 silinder inline bukan V4. Dan sebenarnya, gosip yang lama tersebut juga bukan sekedar gosip, karena Honda juga mewujudkannya dengan memproduksi motor versi jalanan dari motor prototipe Motogp yaitu Honda RC213V-S yang memiliki mesin V4 serupa dengan yang dipakai Marc Marquez.

Tapi, masalahnya adalah RC213V-S ini memiliki harga yang fantastis gak biasa dengan Superbike sekelasnya , di Jepang saja yang merupakan negara asalnya RC213V-S ini dibandrol21,9juta Yen, berbanding jauh dengan rencana Ducati Panigale v4 yang akan menjual motor baru Dauctai ini di Jepang dengan harga 3 Juta Yen saja(Sumber YM ) juga karena motor yang dibuat dengan tangan atau hand made ini tidak bisa dipakai di ajang balap Internasional seperti WSBK yang saat ini Kawasaki yang berjaya dengan ZX-10R-nya ataupun balapan ketahanan seperti Suzuka 8 Hours yang selalu dimenangkan Yamaha R1M, Apalagi pasca pabrikan dari benua biru Eropa memperkenalkan motor Superbike baru dengan mesin V4 yaitu Ducati Panigale V4, membuat Honda punya strategi baru dan berencana akan memproduksi superbike V4 yang gosipnya akan diberi nama RVF 1000.


Info ini diungkap media Jepang Young Machine, dan ternyata media kenamaan asal Jepang ini bukan pertama kali saja mengungkan gosip ini kepermukaan, sebelumnya juga sudah dengan membuat renderan berupa Superbike dengan mesin V4, juga media Inggris MCN yang juga lebih detail lagi karena menyebutkan kabarnya motor ini akan pakai rangka yang unik(Baca : Honda RVF 1000 ). Dan tambahan lagi, dari Media Young Machine jika mereka menemukan desain patent motor ini, dan sekaligus mencoba mereflesikannya kedalam gambar olah digital seperti ini :

Terlihat pada gambar diatas, dibagian tengah ada desain patent yang didaftarkan Honda di Amerika pada bulat Maret 2017 awal tahun lalu, dan saya mengutip dari artikel Youngmachine, dan menerjemahkan nya secara bebasa adalah seperti ini ” Foto Tengah: Paten bingkai V4 yang diterapkan oleh Honda di AS pada bulan Maret tahun ini. Bingkai utama yang kompak diikatkan ke kepala silinder, dan bagian pivot terpecah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi lebar dan membuat akses ke bagian atas silinder lebih mudah. Hal ini mirip dengan tembakan mata-mata Pani Galle V4 secara kebetulan. Foto bawah: Awal tahun ini, sejumlah besar paten yang terkait dengan Honda V4, seperti sistem asupan variabel, muffler di bawah mesin, bingkai, asupan udara, dan sebagainya, dilepaskan ke publik. Aneh rasanya bertepatan dengan saat eksistensi Panigale V4 terungkap.” ungkapnya..

Nah, ada tambahan lagi jika kabarnya model Superbike bermesin V4 yang bisa jadi lawan tangguh buat Panigale V4 ini akan mulai pengembangan dan produksinya di pertengahan tahun 2020 nanti, tak hanya itu Moge baru Honda ini juga akan mengikuti peraturan regulasi terbaru yaitu Euro 5. Nah, jika benar Honda akan memproduksi Moge V4 ini dan akan diturunkan diajang World Superbike, waahh, pertarungan layaknya Desmosedici dengan RC213V seperti di Motogp akan sama nih di kelas WSBK, hehe… Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya..

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

Leave a Reply

Your email address will not be published.