Ada Apa Aja Sih Fitur dan Spesifikasi Honda PCX 150cc?


Warungasep.net – Honda PCX 150 sebenarnya bukan produk yang benar-benar baru di Indonesia, pertama hadir di tahun 2009 lalu tapi di datangkan secara CBU dari negara tetangga. Dan baru kemarin tanggal 13 Desember 2018, PT. Astra Honda Motor merilis Honda PCX yang merupakan motor yang diproduksi oleh bangsa sendiri untuk dijual di dalam negri. Hasilnya, bandrol harga bisa lebih murah, sparepart yang tentunya akan lebih mudah didapat, juga dijualnya juga gak cuma ada di delaer premium semisal dealer Wing atau Big Wig tapi di dealer reguler sehingga bisa mencapai pelosok daerah, “Beli Honda PCX Sudekat” ujar konsumen yang di NTT, dan yang jelas adalah bisa memiliki perbedaan fitur dan spesifikasi dengan PCX global yang dijual di luar negri.

Itu benar adnya pemirsa, karena diproduksi lokal membuat PCX buatan Indonesia bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen , bahkan berbeda dengan PCX lainnya yang dijual semisal di Thailand dll, PCX lokal Indonesia punya rem belakang cakram juga punya ukuran ban dan pelek yang cukup lebar.

Pertanyaanya , apa saja sih fitur dan spesifikasi Honda PCX 150cc lokal di Indonesia???
Untuk lebih lengjapnya pemirsa bisa lihat lebuh lengkapnya di bawah ini :

  • Lampu Depan, lampu rem dan lampu sein PCX sudah LED

Headlamp lampu PCX punya 3 buah reflektor, yang terdiri dari lampu dekat dibagian sisi kanan dan kiri(mirip headlight Vario 125/150) dan lampu jauh dibagian tengah, juga lampu sein dan Day Running Light atau lampu alis yang melingkar diatas headlight juga lampu sein yang berada dibagian atas samping. Tak hanya itu PCX baru juga masih punya fitur lampu Hazard.

Lampu Rem juga desainnya mewah dan futuristik banget dengan shape lampu rem LED berbentuk huruf X, lampu sein juga menyatu dengan reflektor rem belang dengan lampu LED, mantap…

  • Smart key atau Keyless dengan remote

Nah, salah satu kelebihan Honda PCX lokal ini adalah adanya fitur keyless ignition atau Honda menyebutnya dengan Smart Key Technology, dimana kini motor baru Honda ini tanpa kunci kontak konvensioanl digantikan sebuah remote yang terintegrasi dengan fitur Anser Back Sytem, alarm anti thief dan kunci pembuka jok juga tutup tanki BBM terletak pada knop yang mirip kompor gas itu pemirsa, berikut penampakannya :

  • Rem belakang dan depan Cakram dengan CBS dan ABS

Salah satu fitur motor premium adalah adanya ftur antilock braking system atau ABS, kini PCX punya fitur ini pemirsa, dan disematkan pada PCX versi premium , sedangkan untuk versi standar, AHM cuma membenamkan fitur rem CBS hydrolis saja untuk mendukung safety motor baru mereka.

  • Ban lebih lebar dengan velg baru

Selain rem ABS, PCX baru juga menyesuaikan harapan konsumen Indonesia yang ingin punya ban dengan ukuran lebar, nah PCX baru ini punya ukuran lebih lebar, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14, dan juga wheelbase yang lebih pendek berukuran 1.313mm sehingga semakin memudahkan pengendalian bagi pengendara.

  • Port Socket Charger

Nah, fitur ini memang sudah ada sejak PCX sebelumnya hadir, salah satu fitur yang menjadi keunggulan motor matic Honda ini.

  • Bagasi luas

Bagasi yang luas yang bisa muat 2 helm, helm full face dan half face di bawah jok, cocok nih buat berkendara jarak jauh bisa muat barang bawan lebih banyak, bisa bawa beras juga nih kayaknya hehe…

  • Kapasitas tanki BBM lebih banyak

Untuk mengisi full tank Honda PCX pemirsa butuh sekitar 8 liter BBM nih pemirsa wah bisa aman nih ketika dipakai touring tanpa kekurangan bahan bakar atau jauh ke pom bensin. Dan seperti biasa posisi tanki BBM Honda PCX ini berada di dek ya, bukan dibawah jok.

  • Speedometer Full Digital

Dan terakhir ini yang paling bikin PCX terihat lebih mewah dan canggih, yaitu bagian speedometer yang full negative LCD digtal yang punya fitur lengkap dalam satu panel, desainnya elegan banget dan futuristik, seperti speedometer mobil nih pemirsa, namun sayangnya ketika dikendarai, bagian stangnya masih terbuka tidak tertutup cover seperti pesaingnya yang mirip stang Jetsky, cuma terbantu juga dengan stang model street bike berwarna chrome yang terlihat mewah.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi Honda PCX 150 ALL nEW 2018 ini?
Sayangnya sama seperti bandro harga yang belum diberitahukan secara resmi berapa, untuk spesifikasi pun AHM masih terbatas memberikan infonya, tapi biar pemirsa gak penasaran bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi All New Honda PCX 150 2018
Tipe Mesin 4 tak, SOHC, 2 klep berpendingin cairan
Kapasitas Mesin 149,3 cc
Bore x Stroke 57,3 mm x 57,9 mm
Power Maks ?
Torsi Maks ?
Rasio Kompresi 10.6 : 1
Pengabut Bahan Bakar PGM-FI
Starter Elektrik(ACG Starter)
Pengapian Full Transisterized, Battery
Transmisi Otomatis, V-matic
Kopling Tipe Kering, Otomatis, Sentrifugal
Tipe Rangka Underbone
P x L x T 1.923 mm x 745 mm x 1.107 mm
Ground Clearance 137 mm
Tinggi Jok ?
Jarak sumbu 1.313 mm
Kapasitas Tanki 8 liter
Berat ?
Ukuran Ban Depan 100/80 – 14M/C (Tubeless)
Ukuran Ban belakang 120/70 – 14M/C (Tubeless)
Suspensi depan telescopic fork
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal
Rem depan Cakram
(Triple Pots Hydraulic, Combined Brake System)ABS Type
Disc Brake
Antilock Braking System
Rem Belakang Cakram
Batrei
Busi
Lampu depan LED
Harga Kisaran Rp. 27juta sampai Rp 32juta

Dan satu lagi, pemirsa pasti tanya, apakah mesin Honda PCX 150 ini sama dengan Honda Vario 150, ternyata beda masbro, bisa lihat sendiri dibagian cover CVT jika mesin PCX ini tanpa kick starter dan bagian box filter yang tampak lebih besar, cekidot :

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Advertisements
Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.