Tahun Ini Penjualan Nmax 50 Kali Lipat PCX CBU, Tahun Depan Gimana???

Pict. Kobayogas Pihak Ketiga

Warungasep.net – Pasar Maxi skutik 150cc pabrikan Jepang di Indonesia diisi oleh Yamaha dengan 2 produknya yaitu Yamaha Aerox dan Nmax sedangkan Honda mengandalkan PCX 150. Dari segi penjualan pun ternyata keduanya jomplang banget nih pemirsa, berdasarkan data AISI yang dihimpun pihak Detik.com, dalam sebelas bulan penjualan Yamaha Nmax bahkan bisa dibilang 50 kali lipat penjualan PCX CBU.

Tercatat selama Januari hingga November tahun 2017, penjualan Honda PCX hanya 4.848 unit saja. sedangkan Nmax jika ditotal mencapai angka 251.576 unit. Mungkin jika dirata-rata penjualan PCX sekitar 400an unit, sedangkan Nmax diangka 20ribuan unit.

Banyak banget faktor penyebab jomplangnya angka tersebut, pertama dari segi harga, Honda PCX dibandrol dengan harga Rp 40jutaan, sedangkan Nmax lebih separohnya saja, hanya Rp 26jutaan saja. Ini karena PCX merupakan produk import dan didatangkan secara CBU, sedangkan Nmax diproduksi di Indonesia, dan sebalikny Nmax justru yang dijual keluar negri.

Kedua karena PCX CBU hanya dijual di Wing Dealer saja dan masuk kategori skutik Premium seperti Honda SH150, dalam artian dealer yang jual skutik ini jelas terbatas, beda dengan Nmax yang dijual di dealer reguler di pelosok daerah. Ketiga selain mahal juga karena PCX CBU bisa dibilang kalah fitur di banding Nmax.

Pertanyaan selanjutnya, apakah tahun depan penjualan PCX lokal akan salip penjualan Nmax???
Seperti yang kita ketahui, beberapa hari lalu AHM sudah merilis PCX baru, (Baca : All New Honda PCX 150 2018 ), yang merupakan produk yang ditunggu konsumen selama ini, banyak sekali perubahan yang terdapat pada maxi skutik 150cc Honda ini yang tentunya merupakan perwujudan dari keinginan konsumen yang tentunya sudah dipelajari AHM sebelumnya.

Pada PCX baru kini lebih kaya akan fitur, tapi masih mempertahankan desain konsep elegan dan mewah seperti skutik premium yang menjadi ciri khas PCX sebelumnya yang merupakan produk global. Sebut saja, ban yag kini lebih lebar, penambahan cakram belakang, rem ABS, speedo digital dan juga fitur kunci anti maling berupa keyless perpaduan knop dan remote untuk menggantikan kunci konvensional. Dari segi harga juga karena diproduksi lokal maka bisa lebih terjangkau bagi konsumen.

Lalu apakah prediksinya tahun depan penjualan PCX akan bisa mengalahkan penjualan Nmax? Dengan perubahan PCX lokal yang tampil serba baru tersebut, AHM juga punya strategi tersendiri tuh pemirsa, itu terlihat dari target penjualannya, AHM memasang target penjualan PCX 150 baru yang punya bandrol harga Rp 27jutaan(baru kisaran) sebanyak 150ribu unit dalam setahun, ini artinya target penjualan PCX secara Nasional rata-rata cuma 12ribuan unit perbulannya. Tentu akan masih jauh dari penjualan rata-rata Nmax.

Tapi untuk bersaing dengan rivalnya AHM juga optimis bisa sukses di segmen ini, tapi tentu butuh waktu… Apalagi sekarang Honda PCX ini tak lagi dijual hanya di delaer Wing saja tapi juga di dealer Reguler, jadi bisa di dapatkan di dealer-dealer di pelosok daerah secara merata. Jadi kita tunggu dan lihat saja tahun depan nih pemirsa, apakah AHM akan sukses jualan PCX? Apakah akan merebut calon pembeli Nmax? Nah, ini yang pastinya bikin penasaran, apalagi melihat banyaknya yang antusias dengan kehadiran PCX baru AHM ini, walaupun efeknya tak sedikit juga yang kojel-kojel dan kejang-kejang dari pihak lawan, hehe… Atau mungkin juga bisa merebut pasar di segmen yang lain , sebut saja disegmen sport naked ada CB150R yang punya harga yang hampir setara, atau di segmen bebek super 150cc yang sama-sama berada di rentang harga Rp 20jutaan? Kita lihat saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Advertisements
Advertisements

8 Comments

  1. Koment anakku (cw) yg kuliah saat kutawari mau NMax atau PCX? Dia tetep pilih NMax… PCX desain dpannya katanya kayak matic low level. Naah… jawaban tak terduga kan?

  2. Tahun 2018 pasar Nmax vs PCX lokal = 45:55
    Tahun 2019 pasar Nmax vs PCX lokal = 30:70 (asumsi Nmax tidak facelift/berubah)

    yang musti dilakukan oleh YMKI. Kasih features yang ada di aerox/PCX tapi ga ada di Nmax, syukur2 kasih lebih

  3. Waduuh, yg CBU itu handlingnya udah enak, yg lokal malah 2 klep, downgrade. Wkwkwk, paling Honda memasarkan ke negara deket yang satu selera sama Indo

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.