Kenalan Sama GPX Legend Gentleman, Motor Clasic Cafe Racer Lokal Thailand


Warungasep.net – Menarik juga membaca berita otomotif di negri tetangga, pemirsa masih ingat tentang pabrikan lokal asal Thailand yaitu GPX yang akhir tahun lalu merilis motor sport terbaru GPX Demon 150GR yang modelnya mirip Ducati Panigale itu? Nah, ternyata menurut media Malaysia Paultan, disebutkan jika pabrikan yang berpusat di Prachauthit, Thailand ini akan melakukan ekspansi ke negri Jiran Malaysia. Dan ternyata pabrikan motor terlaris ke-3 di Thailand ini sebelumnya juga sudah terlebih dulu hadir di Filipina, Singapura juga Kambodja… Nah, kira-kira jika ke Malaysa masuk, apakah GPX juga akan masuk ke Indonesia ya???

Mungkin tidak banyak yang tahu jika GPX punya banyak banget line up produk motor yang mereka jual, tapi cuma memproduksi motor kubikasi kecil antara 1125cc hingga 200cc. Produk mereka juga modelnya cukup menarik walaupun memang desainnya khas Mocin banget yang tak lepas dari gambaran motor kloningan, terutama motor-motor Eropa, sebut saja yang kemarin rilis, GPX Demon 150GN mirip Panigale, lalu GPX Demon X mirip Ducati Monster mini, dan GPX Demon 150GN mirip KTM Duke, hehe..

Dan sepertinya, jika masuk ke Indonesia akan sulit bersaing dengan motor yang ada disini yang lebih mementingkan performa, spesifikasi juga model ketimbang harga yang murah dan mirip moge-mogean. Tapi ada salah satu varian produk GPX yang sepertinya akan cocok masuk ke pasar Indonesia? Produk apakah itu? Namanya adalah GPX Legend Gentleman 200, berikut ini penampakannya :


Sudah lama sebenernya para pembaca yang bertanya soal salah satu produk ini, namun saya baru sempat bikin artikelnya pasca berita jika motor ini akan masuk ke Malaysia. Kenapa motor ini cocok masuk ke Indonesia? Karena modelnya itu loh pemirsa, yang punya desain klasik dan bergenre Cafe racer banget yang saat ini lagi kekinian banget di tanah air, apalagi Kawasaki kini lebih dulu terjuan dengan Kawasaki W175 -nya dan belum ada lawan.

Motor ini hadir dengan konsep motor retro modern, dan sekilas motor ini mirip dengan ala-ala BMW R nine T, tapi cukup beda dan juga terlihat mewah. Fiturnya juga gak biasa aja, pemirsa bisa lihat suspensi depan sudah Upside down, walaupun stangnya belum clip on, tapi punya ergonomi yang khas, semakin memperkuat tampilan klasiknya dengan lampu bulat, juga beberapa bagian detailing berwarna chrome yang mewah desian tanki yang retro banget lengkap dengan buritan ala Cafe Racer yang membulat dan suspensi belakang tunggal juga rem cakram petal dngan double cakram depan(rem cakram depannya ada 2 tuh pemirsa, wow.. ) yang dipadukan dengan velg tipe jari-jari, berikut penampakannya :

Lalu bagaimana dengan spesifikasi GPX Gentleman ini? Nah, untuk mesinnya sendiri mengusung mesin 197cc 4 tak satu silinder tegak berpendingin udara, sayangnya powernya tidak diketahui nih pemirsa, namun kabarnya motor retro modern pesaing Honda CB150R exmotion di Thailand ini bisa mencapai topspeed 137km/jam. Dimensinya punya Lebar x Panjang x Tinggi 790 x 2,020 x 1,160 mm tinggi jok rendah sekitar 730 mm dan sumbu roda 1.400 mm. Beratnya 160kg dan Untuk ukuran ban yang cukup lebar yakni 110/70-17 inchi untuk depan dan 140/70-17 inch untuk belakang, dan yang menarik adalah walaupun mocin tapi pakai ban standar Pirelli Angle City tuh pemirsa, ckckckc…

Dan terkahir, untuk harga GPX Legend Gentleman di Thailand ini dibandrol dnegan harga 67.500 Thai Baht atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitra Rp 27jutaan. Cukup mahal juga ya, hehe.. Dan punya 4 warna yang unik yakni merah, hitam, silver dan perpaduan dengan hijau. Oh ya, selain GPX Gentleman, GPX juga sebelumnya punya varian motor klasik lainnya yang diberi nama GPX Legend, berikut penampakannya :

Gimana? Cocok gak kalo motor ini masuk pasar Indonesia? Kalo melihat model yang ditawarkan sih cukup menarik ya pemirsa, pantas saja pabrikan lokal Thailand ini bisa masuk pasar ekspor, dan Malaysia jadi tujuan berikutnya di tahun 2018 nanti, menurut bocoran dari Paultan, di Malaysia sana, GPX Gentleman ini akan dibandrol RMY. 11000 atau setara Rp 36jutaan.. wow, gak deh kalo segitu mah, hehe.. kalo menurut pemirsa gimana? Monggo kongmengtarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.