Unik… Baterai PCX Elektrik Gak Perlu “Dicas”, Cukup Ditukar di Mesin Penjual Otomatis


Warungasep.net – Motor Listrik memang bukan barang yang baru, di Indonesia sendiri kendaraan dengan motor listrik sudah ada sejak lama dengan model sepeda listrik dll. Dan saat ini sudah ada skuter listrik yang sudah resmi di jual dan bahkan sudah pakai STNK seperti motor konvensional salah satunya Viar Q1. Walaupun,memang lebih hemat dan tanpa bahan bakar, kedala kendaraan motor listrik adalah saat mengisi ulang batrei yang tentunya memerlukan waktu yang tak bisa sekejap saja seperti layaknya mengisi bahan bakar ketika habis, lalu isi ulang, penuh lalu pergi… tapi motor listrik butuh waktu yang cukup lama ketika batreinya habis hingga terisi penuh.

Nah, masalah ini membuat pabrikan motor Honda punya konsep lain seputar pengisian ulang baterai untuk produk mereka nantinya. Seperti yang kita tahu, Honda memperkenalkan model konsep skutik Honda PCX Electric di Tokyo Motor Show 2017 Oktober lalu. Bicara motornya memang tidak terlalu special, karena modelnya mirip dengan Honda PCX 150 lokal yang juga dijual di Indonesia. Yang cukup menarik adalah soal mesin listriknya nih pemirsa.

Dikutip dari media Visordown, Honda ternyata punya konsep baru pengisian ulang baterai Honda PCX electric mereka, selain bisa dicharge seperti motor listrik pada umumnya, PCX electrik ini pun bisa diisi ulang batreinya dengan cara ditukar antara baterai yang kosong dengan batrei baru yang terisi penuh di sebuh Mesin khusus penjualan batrei mereka secara otomatis.

Ide konsep ini mereka ambil dari Consumer Electronics Show di Las Vegas, dimana mereka telah mewujudkannya dengan membuat konsep baterai yang diberi nama “Mobile Power Packs“, dimana Baterai buatan Honda ini akan menjadi sebuah standarisasi baterai untuk berbagai produk Honda seperti mobil listrik dan juga produk Honda lainnya.

Jadi ini seperti layaknya batre berjenis AA yang bisa dipakai di berbagai barang elektronik tuh pemirsa, misal sebuah remote TV kehabisan batrei kita cukup mengganti batrei yang kosong dengan baterai yang baru, dan konsep tersebut akan diterapkan pada Honda PCX electric nantinya. Bahkan kabarnya Honda juga akan membuat produk konsep bernama Mobile Power Pack Charge and Supply Portable Concept, seperti layaknya “Powerbank” buat batrei standar mereka. wuiihh..

Nah, pertanyaannya muncul, kalo gak dicas, berarti harus beli baterai baru dong? Yang lama kemanain, apa dibuang??? Nah disini yang menariknya nih pemirsa… Jadi bukan dibuang, ketika misal PCX electric kehabisan baterai, maka kita cukup mengunjungi sebuah mesin khusus yang disebut Exchanger Mobile Power Pack, seperti ini penampakannya :

Dimana nantinya mesin khusus ini layaknya sebuah ATM yang akan banyak tersedia, jadi ketika motor kehabisan daya, kita cukup membawanya ke mesin tersebut, untuk menukarnya dengan baterai baru yang terisi penuh yang dibeli bisa dengan cara menggesek kartu kredit dll, sekejap saja, kita cabut baterai motor, lalu masukan baterai kosong ke mesin, dapat baterai baru yang penuh, pasang di motor, lalu pergi lagi, hmmm, Jadi kayak beli gas 3 kg kali ya? hehe…

baterai PCX electrik

Tentu hal ini mungkin menjadi solusi buat masalah motor listrik yang terkendala dengan pengisian baterai yang tentu memerlukan waktu yang gak bisa sekejap saja. Tapi walaupun konsep ini cukup menarik dan terlihat lebih praktis, tapi juga punya masalah lainnya, misal mesin tersebut gak akan tersedia banyak seperti layaknya stasiun pengisian bahan bakar atau stasiun pengisian motor listrik. Dan tentu jika konsep ini hanya standarisasi produk Honda saja, pastinya akan sangat terbatas dan kendaraan listrik lainnya gak bisa pakai alat tersebut, cukup disesalkan juga bukan? Tapi semoga saja kedepannya mungkin konsep seperti ini bukan cuma untuk standarisasi baterai produk Honda saja, tapi untuk semua motor listrik, hasilnya mesin pengisian seperti ini akan lebih banyak ditemukan dan bersifat universal, seperti layaknya Batreai AA yang bisa digunakan diseluruh dunia, hehe…

Gimana? Menarik juga bukan? Tapi tentu info diatas kabarnya baru sekedar konsep saja sih pemirsa, walaupun kabar PCX Electric memang akan diproduksi masal, mungkin system isi ulang baterainya akan masih seperti motor listrik konvensional, bukan konsep Exchanger Mobile Power Pack yang disebutkan diatas. Tapi tentu konsep tersebut cukup bisa kita menggambarkan bagaimana jika nantinya era motor listrik datang, mungkin yang ditulis diatas bisa menjadi aktifitas sehari-hari, hehe.. Saya sih membayangkan apa gak berat ya itu bawa baterai isi ulang, bongkar pasangnya gitu, malah makin ribet ya, hehe.. Walaupun memang bisa dibilang lebih praktis dan gak butuh waktu lama untuk isi ulang seperti dengan cara “dicas”/di charge… tapi mau tidak mau era motor listrik akan datang dan kita harus siap akan hal itu. Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo koemntarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. <

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.