Lagi, Adu Drag Ninja 250 2018 vs CBR250RR dan R25… CBR 3 Kali Kalah Euy!!!


Warungasep.net – Setelah kemarin cukup heboh dengan sebuah Video penampakan Adu Drag antara Ninja 250 SE dengan CBR250RR warna hitam, kini ada lagi videonya nih yang lebih lengkap lagi karena hadirnya Yamaha R25 yang menjadi pelengkap 3 motor sport bike seperempat liter di tanah air. Wah pastinya pemirsa pada penasaran nih gimana ya kalo ketiga motor ini diadu drag di jalan raya? Kali ini Videonya cukup menarik karena diunggah oleh Blogger papan atas om Leopold Sudaryono, beliau dikenal karena sudah berpengalaman dalam hal motor-motor sport, jadi ketika membuat komparasi pasti bisa lebih objektif. Nah biar gak kepo, langsung aja nih lihat videonya di bawah ini :

Sayangnya , sama seperti sebelumnya Videonya sangat singkat karena diuplaod di Instagram bukan di Youtube yang bisa lebih panjang durasinya, tapi om Leo sudah meraciknya dan merangkum hasilnya sehingga kita bisa hasil akhir dari balapan drag dari ketiga motor tersebut..

Menurut om Leo, dalam blognya mengungkapkan jika para joki yang mengedarai ketiga motor diatas adalah para pengguna motor sport juga Moge yang silih bergantian menggunakan ketiga motor yang berbeda, para joki diatas antara lain Puntoaji (R25 owner, Community Race Yamaha Sunday Race), Juno (CBR250RR rider, big bikes owner), Indra DS (Aprilisa RS250, NSR150SP owner) dan Om Leo sendiri yang merekamnya aksi mereka diatas kondisi jalanan yang basah karena cuaca buruk.

Dari hasil tes drag berjarak 400M yang dilakukan di daerah BSD-ALam Sutra ini adalah :

  • Di run pertama: jarak cukup rapat, namun dipimpin oleh New Ninja.
  • Run kedua: CBR250RR yang memimpin.
  • Run ketiga: gantian New Ninja yang di depan.
  • Run ke empat: Sekali lagi CBR250RR yang memimpin
  • Sempat sekali lagi free run tanpa R25 ikut, kali ini New Ninja yg di depan.

Total Score:

  • CBR250RR= 2 wins
  • New Ninja 250 = 2 wins + 1 unofficial run (krn tanpa R25)
  • R25 = 0 wins

Wah CBR 3 kalah euy wkwkwkw… Dan para joki yang sudah mengetes ketiga motor diatas secara bergantian pun memberikan beberapa testimoni dan komentar tentang motor yang mereka tes kala itu, berikut komentarnya :

Aji (R25 rider) : CBR ini cocok banget buat drag 400m, dari start udah galak.

Juno (CBR250RR rider) : Ninja ini tenaganya gede, tapi slipper clutchnya bikin kagok krn ga biasa

Raka (R25 rider): R25 nampol di bawah, Ninja cuma butuh penyesuaian

Dan kesimpulan dari hasil pengetesan diatas menurut Om Leo adalah sbb :

  1. Dari sisi tenaga, ketiga motor 250cc ini selisihnya sudah 11-12. Tidak seperti zaman Ninja 250FI yg memang jauh. Saya kira teknologi terakhir sudah semakin mendekati batas tenaga atas yang bisa diharapkan dari mesin harian 250cc.
  2. Perbedaan terbesar di ketiganya adalah pada ergonomic dan handling.
  3. DI ergonomic efek perbedaan ketiganya lebih terasa, karena langsung di badan. R25 dan New Ninja terasa rileks. Karena lebih tegak, terasa lebih lincah bermanuver di kemacetan. Dan ga pegel. Sementara kalau butuh ergonomy yg murni sport ya CBR250RR..
  4. Untuk suspense. Suspense USD pada CBR250RR memang membuat motor ini jadi lebih agresif di tikungan karena suspense yang lebih rigid/kaku. Utk kepentingan pure balap cocok banget. Namun di jalan keriting/jelek terasa getaran permukaan jalan agak bikin pegel kalau kelamaan.
  5. Suspense New Ninja meskipun masih telecospic tapi ternyata masih oke banget karena ukurannya gede (41mm) seperti moge 650c. Nyaman tanpa terlalu berayun. Suspense belakang yg nempel langsung ke mesin juga empuk tanpa berlebihan mengayun.
  6. Untuk R25, suspense nampaknya jadi PR pertama kalau utk kepentingan kompetisi. Utk harian masih okelah, namun perhatikan suspense belakang yang cenderung mengayun kalau kita cornering.
  7. Buat kopling, the best masih New Ninja. Enteng banget. Assisst Slipper Clutch membantu saat berakselerasi atau saat harus engine brake.
  8. Buat pengereman, pengereman terasa lebih predictable dan linear New Ninja. ABS bekerja dengan baik. Intervensinya lebih halus, tidak se-ndredet Regina (bukan CBR yg sedang di test).

 

Kesimpulan dari ketiga rider yang berbeda :

Bro Puntoaji (R25 owner, Community Race Yamaha Sunday Race)

CBR 250,yang pasti handlingnya presisi dan bikin pede. Powernya spontan. Cuman ga boleh tutup gas, harus gantung RPM biar atasnya ngisi terus.

Juno (CBR250RR rider, big bikes owner)

Ninja 250 ini beda banget dg CBR250RR, ini dari penampilannya aja udah keliatan nyaman dan tegak. Dan begitu dinaikkin memang emang nyaman dan santai. Powernya juga sebenarnya tinggi, cuman deliverynya keluar alus banget, engga berasa tau2 udah kenceng.

Indra DS (Aprilisa RS250, NSR150SP owner)

Ninja ergonya nyaman, stangnya enak. Belum sempat nyoba top speednya sih. Tapi compare dg CBR dan R25, mid ke atasnya lebih enak ini.

Om Leopold :

R25 ini ergonominya rileks. Dan powerful di RPM bawah, cocoklah di perkotaan. Cuma di RPM atas agak kurang dibanding yg lain. Buat ukurang orang asia dengan tinggi rata-rata 170an cm atau di bawah, motor ini ergonya pas. Buat yang lebih tinggi di atasnya mungkin bakalan terasa cramped.

Komentar om Leo yang terkahir adalah Cari agresi dan pure sport dari sebuat motor standard ada di CBR. Buat yang cari kenyamanan dan power atas ada di New Ninja. R25 seperti di middle ground, biar mantap kita tunggu versi updatenya. Mantap.. Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya…

Sumber : https://7leopold7.com/2018/02/02/tes-jalanan-new-ninja-250-vs-r25-vs-cbr250rr-drag-test-400m-pilih-yang-mana/

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. <

Advertisements

7 Comments

  1. saya kok merasa kurang yakin klau ninja250 yg d pinjamkan kmi ke om leo itu udah versi masspro,… klau itu udah versi masspro, berarti pabrikan zaman now lebih mengutamakan blogger drpda konsumen

  2. ini dukung satu merk amat, jelas2 yg pro bilang tarikan awal ama akhir enak cbr buat race, klo ninja masih kerasa ninjanya gitu kan katanya

  3. Dari beberapa kali run, R25 paling stabil, selalu di posisi dua, yang lain naik turun performanya drastis, kalo gak juara ya finish paling bontot.. berarti yang outputnya paling rata adalah R25, meski diatas kertas paling inferior. 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. CBR250RR vs Ninja 250 2018 Diadu Diatas Sirkuit dan Dyno.. Siapa Yang Tercepat??? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published.