Apa Kepanjangan Dari Nama GSX, YZF, CBR, PCX, KTM dan KLX?


Warungasep.net – Melihat judul diatas yang merupakan suatu pertanyaan yang mungkin banyak juga buat para pemirsa yang belum tahu artinya dan ikutan kepo, tapi bagi sebagian pemirsa juga mungkin dan pastinya udah banyak yang tahu dari arti beberapa merk motor dari brand ternama terutama di segmen motor sport global. Dan di artikel ini saya akan bagikan beberapa arti dari singkatan nama-nama motor seperti GSX series yang merupakan varian motor sport Suzuki, lalu artinama YZF dari Yamaha, CBR dari Honda dan lainnya. Jadi untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa lihat kepanjangan akronim dari nama-nama merk motor atau kode -kode merk motor tersebut dibawah ini :

Kepanjangan Suzuki GSX : Grand Sport eXperimental

Oke, pertama adalah arti atau kepanjangan dari varian motor sport atau naked dari Suzuki GSX series, G berarti Grand, S nya beraryi Sport dan X dari kata eXperimental, nah dibelakang nama GSX sering kita lihat pengkodean seperti GSX-R R tersebut berarti Racing sedangkan S seperti GSX-S150 yang berarti Street bike atau naked bike, ada pula yang dibelakangnya diberi nama Suzuki GSX-S1000F yang berarti GSX ini merupakan motor sport naked bike yang bergenre touring bike.

Kepanjangan Yamaha YZF : Yamaha Zinger Fourstroke

Nah pengkodean tersebut juga dibedakan antara Yamaha YZ series yang masih pakai mesin 2 tak, sedangkan YZF untuk mesin 4 tak, misal YZF-R25.. Kemudian untuk YZR, R tersebut berarti Racing…

Kepanjangan Honda CB dan CBR : City Bike dan City Bike Racing

Nah, yang unik dari nama CBR ini ternyata banyak sekali yang membuat arti kepanjangannya nih pemirsa, ada yang menyebut Closed Body Racer, ada juga yang sering bilang Commuter Bike Racer.yang lucu malah ada sebutan Cross Beam Racer.

Kepanjangan nama KTM : Kronreif Trunkenpolz Mattighofen

Nah, arti dari nama dari brand asal Autria KTM ini adalah diambil dari nama kedua pendirinya yang bernama Kronreif dan Trunkenpolz, sedangkan M nya bukan berarti Motor, melainkan nama kota asal mereka yaitu Mattighofen.. wow.. ternyata begitu…

Kepanjangan nama KLX : Kawasaki Light Cross

Kalo Kawasaki KX berati tanpa kata Light ditengahnya tuh pemirsa.. Oh ya, untuk nama-nama produk Kawasaki ini bisa dibilang bukan singkatan, melainkan sebuah kode.. Nah kodenya ini cukup rumit tapi bisa juga dibilang nama-namanya ini terlihat lebih terstruktur dan transparan, karena beberapa kode produknya kita bisa melihat produk tersebut memiliki genre dan model sesuai dengan kode-kode produk yang diberikan. Misal kita ambil contoh nama produk Kawasaki ER6N, nah dari kode tersebut terdapat kombinasi dari huruf pertama yaitu huruf E yang berarti konfigurasi mesin 2 silinder, dan arti kata R yang berada diposisi ke-2 berarti bergenre naked bike, dan angka menunjukan kubikasi mesin. lalu nama produk Kawasaki lainnya misal Kawasaki ZX-10RR berati motor tersebut memiliki konfigurasi mesin 4 silinder yang diberi kode Z, sedangkan karena motor tersebut bergenre sport bike, maka huruf kedua diberi nama X, dan 10 berarti 1000cc

Nah, kode-kode produk Kawasaki tersebut bisa pemirsa artikan tersendiri, karena Kawasaki punya kode-kode produk yang terstruktur.. Dan untuk mengetahui kode-kodenya, pemirsa bisa lihat secara lengkap dibawah ini (Sumber : Enoanderson.com )

  • Huruf pertama produk Kawasaki :

Z = Inline 4 Silinder
E = Inline 2 Silinder (Inline-Twin)
B = Single Silinder (Silinder Tunggal)
V = V-Engine (Mesin Konfigurasi V)
K = Dirt Bike (Motocross/Dual-Purpose) & Kode Untuk Motor Bermesin 2-Tak
A = Cub/Moped
J = Scooter (Skutik)
W = Retro Classic

  • Huruf kedua produk Kawasaki :

X = Sport Full-Fairing
R = Naked-Sport dan Full-Fairing Untuk Motor Bermesin 2 Tak
L = Road-Bike (Biasanya Paduan Untuk Huruf Pertama K / Dirtbike)
N = Cruiser Bike
J = Japanese Classic

Jadi misalkan Kawasaki Ninja 250 FI 2018, motor tersebut memiliki kode EX250, Jadi motor pesaing CBR250RR tersebut bisa kita ketahui memilki konfigurasi mesin 2 silinder, bergenre motor sport fairing dan memiliki kubikasi mesin 250cc, jadi misalkan nantinya akan ada Kawasaki Ninja 250cc 4 silinder yang mereka tunggu, kodenya pasti akan menjadi ZX25R.. woww..

Dan untuk arti dari nama singkatan motor lainnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

  • PCX = Personal Comfort Xaloon
  • CRF = Competition Race F = Four Stroke
  • VFR = V (konfigurasi mesin V engine) Four (4 silinder) Racing
  • VTR = V (konfigurasi mesin V engine) Twin (2 silinder)

Untuk lainnya, mungkin pemirsa bisa menambahkan di kolom komentar, ngantuk nih udah malem, hehe.. semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. <

Advertisements

9 Comments

  1. 1.Soul GT
    GT=Grand Tourismo
    =Gentle
    2.Mio J
    J=Jet,asal kata dari teknologinya YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet Fuel Injektion)
    3.Mio M3
    M3=Mio generasi ke-3
    4.Jupiter MX135LC
    MX=Maximum
    135=kapasitas cylinder
    LC=Liquid Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.