Penjualan Produk Honda di India Bisa Kalah Sama Pabrikan Ini!!!

Salah satu motor terlaris di India

Warungasep.net – Ngomongin data penjualan motor di Indonesia yang kita kenal dengan data AISI, tentu laporan statistiknya cenderung stagnan beberapa tahun terakhir ini, bayangkan saja tiap bulan dan tiap tahunnya penjualan motor di tanah air bisa dibilang didominasi produk Honda… bagaikan sang penguasa, pabrikan sayap mengepak ini rata-rata menguasai sekitar 70 sampai 75% market share, sisanya yang 25% ini dibagi 4 pabrikan, Yamaha megap-megap supaya bisa bertahan untuk mencapai market share lebih dari 20%, sedangkan sisanya terus merayap dan berjuang untuk naik dari dasar jurang yang paling bawah menunggu keajaiban turun dari langit dengan produk yang sedanya tanpa melakukan inovasi produk baru yang diinginkan konsumen.

Itu kalo di Indonesia, bagaimana jika di negara lain? Apakah Honda juga menjadi penguasa? Oh tentu tidak, salah satunya di negeri Bollywood India… Nah dinegara ini, Honda bukanlah pabrikan yang mendominasi, bisa dikatakan data statistik penjualan motor disana cenderung seimbang dan sama rata dan sama laris, dan bahkan disana penjualan pabrikan Honda bisa kalah dengan pabrikan lokal.

Pabrikan lokal itu adalah Hero Motocorp, pabrian yang justru dulunya bagian dari Honda ini bisa mengalahkan market share Honda di India. Padahal kalo boleh dibilang, produk Hero ini tidak ada yang special atau superior, produknya rata-rata motor sport standar yang bentuknya aneh tapi dengan harga yang murah meriah, berikut ini contoh line up produknya :

Waduh, kalo yang kayak gitu dijual di Indonesia, apakah bisa mengalahkan pabrikan Honda? haha.. kalo dijual disini jangankan laku, malah pasti dibully wkwkw… Tapi buktinya, menurut data penjualan yang dimuat salah satu media di India, laporan penjualan pabrikan Hero ini dalam sebulan di Februari kemarin mencapai 629.597 unit, bandingkan dengan penjualan Honda di India yang hanya mencapai 519.375 unit… wah bisa gitu ya? Bahkan menurut laporannya, penjualan Hero ini sudah 6 bulan berhasil tembus diangka 600ribuan unit… mantap…

Bagaimana dengan pabrikan lainnya seperti TVS, Bajaj, Oplet, Becak, Gojek ehhh maksudnya pabrikan Royal Enfield, Mahindra, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki? Pemirsa bisa lihat datanya yang saya sadur dari media Rushlane berikut ini :

  1. Hero Motocorp : 629.597 unit
  2. Honda Motor dan Scooter India (HMSI) : 519.735 unit
  3. TVS Motor Company : 290.673 unit
  4. Bajaj Auto Limited : 175.489 unit
  5. Royal Enfield : 73.077 unit
  6. Suzuki Motor India : 52.083 unit

Sayangnya untuk Yamaha dan lainnya tidak diketahui nih datanya, jadi cuma segitu saja ya.. semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

Advertisements
Advertisements

14 Comments

  1. Sampai 2010, Honda motorcycles Joint venture dgn Hero Group India. Mereka market leader. Setelah itu, mereka pecah kongsi, dgn Hero jualan merk sendiri.
    Honda jual merk sendiri, dmn thn 2011 market share cuman sekitar 7%an (Hero 55-56%).
    2017?? Honda sdh diangka 28%, sdgkan Hero turun ke 39%an…

  2. Tapi buktinya, menurut data penjualan yang dimuat salah satu media di India, laporan penjualan pabrikan Hero ini dalam sebulan di Februari kemarin mencapai 629.597 unit, bandingkan dengan penjualan Honda di India yang hanya mencapai 519.375 unit… wah bisa gitu ya? Bahkan menurut laporannya, penjualan Hero ini sudah 6 bulan berhasil tembus diangka 600ribuan unit… mantap…

    maksudnya ???
    bl februari 629.597…6 bulan 600ribuan….bingung?????????

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.