XGJAO XGJ250-6, Naked Bike 250cc 2 Silinder Desain Campuran Yamaha, KTM dan MV-Agusta


Warungasep.net – Pertengahan tahun lalu sempat heboh penampakan sebuah gambar patent sepeda motor bergenre naked yang diungkap media Inggris,(Baca artikelnya di Kloningan Yamaha MT-03 ) seketika motor ini menjadi heboh karena disinyalir merupakan kloningan Yamaha MT-03/MT-25 dari pabrikan Tiongkok. Saat itu memang belum diketahui motor apa, dan menjadi misteri karena sempat disinyalir merupakan desain baru produk Yamaha karena memiliki basis mesin yang sama dengan Yamaha. Dan ternyata, saat ini motor yang misterius tersebut sudah lahir, nsepeda motor bergenre naked ini adalah produk dari produsen Tiongkok bernama XGJAO dengan nama produknya yang diberi label XGJAO XGJ250-6, berikut penampakannya :

Coba bandingkan dengan gambar patentnya yang sempat bikin heboh tahun lalu :

Gimana? mirip banget bukan??
Xgjao XGJ250 ini merupakan produk terbaru di negeri China sana, motor ini diposisikan sebagai lawan tangguh daruipada Suzuki GW250 aka Inazuma juga Kawasaki Z250. Desainnya sendiri unik, dimana motor ini mengusung 3 desain pabrikan berdesa antara lain bagian headlamp mirip KTM DUke series, pemirsa bisa lihat pada gambar dibawah ini, bahkan bagian shapenya dibuat mirip, sampai ke lampu DRL-nya yang khas, cuma bedanya dibagian atas ada semacam visor untuk mempermanis tampilan.

Tak hanya KTM, XGJ250 ini juga menjiplak desain Motor Italia MV-Agusta Brutale series, itu terlihat pada desain shroud juga bagian pinggiran kondom tangki, terlihat padat dan kekar seperti layaknya sebuah moge.

Sayangnya bagian stang tidak menggunakan stang fat bar seperti MV, melainkan model stang Clip On tinggi, yang mirip yang dipakai pada varian Suzuki Inazuma

Melihat bagian tersebut menjadi daya tarikkarena tak seperti produk Mocin pada umumnya, terlihat sporty dan futuristik, apalagi kalo pemirsa lihat desain konsol speedometer negative lcd digitalnya, beuuhh keren banget, coba aja lihat :

Dan bisa dibilang motor ini lebih kepada kloningan produk Yamaha nih pemirsa, karena jika diperhatikan bagian rangkanya mirip punya Yamaha R25 atau MT25 series, rangka teralis, swing arm banan hingga bagian kaki-kaki pun dibuat mirip, cuma Xgjao 250cc ini dibuat lebih baik karena sudah pakai suspensi depan Upisde down juga double disc brake depan, kaliper rem-nya juga sudah pakai tipe Radial dan salah satu variannya sudah pakai rem ABS.. wuiidih, kalah deh motor aslinya si MT series hehe..

Tak hanya bagian fisik saja yang di jiplak, Bahkan ke bagian mesinnya juga,baik model crankcase hingga desain dual knalpotnya mirip banget..

Bentar, dual knalpot? Emang motor ini pakai mesin 2 silinder???
Yupz, itu benar.. XGJ250 ini sesuai namanya mengusung mesin 250cc 2 silinder DOHC 2 silinder berpendingin cairan.. Power puncaknya bisa mencapai angka 31,5 Hp atau setara 23.5kw pada kitiran mesin 11000rpm juga Torsi maksimum 22N.m pada 10000rpm, mereka mengklaim jika mesin yang mereka buat powernya lebih besar dari Suzuki GW250 juga Kawasaki Z250, hehe ini lucu, karena kalo dibandingkan dengan power Honda CBR250RR ataupun Ninja 250 baru bahkan sama Yamaha MT-25 yang mereka kloning juga akan kalah, wkwkwk…

Satu hal lagi yang menarik selain dual disc brake depan dan suspensi USDnya dari XGJ250 ini adalah desain joknya yang unik, mirip jok Ducati Monster… bagian spakbor belakang juga terlihat sporty dengan fender model gantung, bahkan ditambah juga dengan mud guard yang tampil seperti motor Italia. Cuma kekurangannya ada pada desain stoplamp yang aneh seperti ini :

Entah desain motor apa yang mereka kloning, kalo disebut menjiplak tail light MT-09 juga gak mirip, hehe.. Tapi dengan kehadiran XGJ250 ini sekaligus menambah daftar Mocin baru yang modelnya bener-bener aduhai dan bikin geleng-geleng kepala, gimana tidak karena kini produk yang mereka buat benar-benar mementingkan desain sebagai focus utama, walaupun dalam segi performa mesin jelas gak ada yang special, kecuali fitur dan tampilan. Oh ya, varian warna XGJ250 ini selain warna biru juga terdapat yang warna hitam yang terlihat lebih sangar.. Mantap..

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements
Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.