Honda X-ADV 2018, si Moge Matic Adventure Desain Italia, Diperkenalkan di Indonesia


Warungasep.net – Selain 2 motor baru yang dirilis PT. Astra Honda Motor (AHM) di ajang IIMS 2018 Jakarta, ada 1 motor baru lagi yang menarik perhatian, sayangnya motor ini beum dirilis resmi, melainkan untuk melihat respon pasar, dan tidak menutup kemungkinan jika salah satu Moge Honda ini juga akan mengisi line up Big Bike Honda yang dijual di Indonesia di kemudian hari, produk baru tersebut adalah Honda X-ADV. Moge Matic yang unik karena bergenre adventure yang punya desain futuristik karena didesain oleh desainer Italia yaitu oleh Daniele Lucchesi dan Maurizio Carbonara.

Semenjak diperkenalkan 2 tahun silam saat pameran di Eropa, Moge baru Honda ini memang banyak menarik perhatian dan sudah mulai dijual di berbagai negara termasuk Thailand. Disana Moge ini dijual sekitar 415,000 THB, sedangkan untuk pasar Indonesia, menurut SPG-nya sih di kisaran Rp 400jutaan, atau tidak akan jauh beda dengan Honda NM4 Vultus yang didiscontinue tahun lalu.

Membahas desainnya, gak heran pada saat perilisannya dulu disebut sebagai X-Ride-nya Honda, karena Yamaha punya motor bergenre seperti ini yaitu skutik dual purpose dengan kubikasi mesin kecil yang diberi nama Yamaha X-ride, sedangkan Honda, mungkin untuk Moge Adventure sudah banyak dengan varian CBX dan CRF seriesnya, lalu untuk Moge skutiknya juga sudah banyak seperti Honda Integra, Vultus juga beragam macam Moge baru dengan teknologi Dual Clutch Transmision (DCT), dan Honda X-ADV memiliki gabungan diantara keduanya, yaitu desain Maxi skutik Moge bereknologi DCT tapi dengan konsep adventure bike yang gak mainstream.

Pemirsa bisa lihat dari desain depannya, sudah memperlihatkan ini merupakan Maxi skutik dengan ciri khas Wind shield tinggi yang bisa distel ketingiannya, dual headlampnya kecil tapi dengan shape yang sangar dengan lubang udara dibagian moncong.

Dan baian dek juga ini merupakan maxi skutik murni dengan dek tidak rata karena terpisah dengan rangka back bone juga karena tempat posisi tanki BBM, dimana bagian bawah jok merupakan posisi bagasi yang superluas yang fungsional khas Maxi skutik.

Cuma bedanya dengan Maxi skutik adalah bagian kaki-kaki yang gambot dengan karet bundar model motor penjelajah dual purpose, ciri khasnya pakai velg model jari-jari tapi menggunakan ban tubeless yang unik, seperti velg Moge Adventurenya BMW R1200GS. Ukuran kaki-kainya, 120/70 dengan velg 17 inch di bagian depan dan 160/60 dengan velg 15 inch untuk bagian belakang, suspensi depannya sudah Upside down tuh pemirsa…

Rem-nya pun sudah double disc brake depan dan rem belakang cakram, dan kesemuanya sudah mengaplikasikan rem Antilock Braking System atau ABS.

Walaupun Moge ini memang mirip banget dengan motor skutik, tapi tidak dikategorikan sebagai motor bertransmisi CVT seperti layaknya skutik konvensional, karena pada dasarnya Moge ini tetaplah pakai mesin berkopling manual, cuma cara pengoperasiannya yang semi automatic dengan perpindahan gigi hanya melalui saklar dibagian kiri pengemudi, bukan tuas perseneling konvensional yang berada di bagian kaki. mungkin untuk lebih jelasnya pemirsa bisa lihat penjelasan tentang konsep mesin DCT Honda, kalo dijelasin di artikel ini jelas akan lebih panjang, hehe.. Teknologi DCT Honda ini juga diterapkan pada hampir sebagain line up Moge Honda, seperti Honda Africa Twin, Honda NC series juga pada Moge terbaru yang rilis kemarin yaitu Honda Gold Wing.

Lanjut ke bagian mesin, Honda X-ADV ini mengusung mesin 2 silinder SOHC 745 cc berpendingin cairan, powernya diklaim mencapai 54 Hp pada 6.250 rpm dan torsi sebesar 50,15 lb/ft pada 4,750 Rpm. Moge ini punya dimensi p x l x t sebesar 910 mm x 2,230 mm x 1,480 mm, walaupun Moge ini bergenre adventure tapi tinggi joknya cukup rendah yakni hanya 7,9 cm saja, pantesan pas saya naikin gak terlalu jinjit tuh pemirsa…

Enaknya, ini motor buat adventure juga enak buat touring, lihat aja, posisi kaki bisa selonjoran gitu, hehe, dan gak perlu pake side box atau aksesories lainnya karena sudah punya bagasi yang luas. Oh ya, buat pemirsa yang penasaran akan sosok Moge baru Honda ini bisa langsung kunjungi both Honda di Hall D IIMS 2018 di JIEXPO Kemayoan Jakarta, masih ada beberapa hari lagi sebelum event ini berakhir di tanggal 29 April nanti.

Dan berikut ini ada bebebrapa video detail yang memperlihatkan sosok Honda X-ADV dari dekat, semoga berguna.. cekidot :

Video Honda X-ADV di #iims2018 Moge Skutik Advencuy, desain ngeropah, andai ada yg 150cc

Sebuah kiriman dibagikan oleh Warungasep dot net (@warungasepnet) pada


Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.