Foto Perbandingan Honda Forza 300 dan Yamaha Xmax, Berikut Komparasi Spesifikasi dan Fiturnya


Warungasep.net – Di Indonesia, pangsa pasar Maxi skutik saat ini begitu meningkat dengan hadirnya beberapa varian maxi skutik dari mulai 125cc, 150cc hingga 250cc. Nah untuk varian 150cc mungkin saat ini diisi paling banyak produknya, Honda punya varian Honda PCX series sedangkan Yamaha punya banyak varian dari mulai Nmax dan Aerox series. Tapi di kelas Maxi skutik 250cc saat ini hanya diisi oleh Yamaha Xmax, dimana penjualannya bagaikan tiada lawan dan melenggang sendirian. Tapi, berbeda cerita jika dibandingkan negara tetangga Thailand, di negeri tetangga kita, disana ada 2 maxi skutik yang saling mengisi di kelas maxi skutik premium dimana ada Honda dengan Honda Forza 300 yang dirilis bulan kemarin dengan Yamaha Xmax 300 yang lebih dulu hadir tahun lalu. Dan gimana jadinya jika 2 maxi skutik yang sama -sama bermesin 300c ini ketika berjejer bareng? Berikut penampakannya :

Wuiidiihh.. Pasti bikin bikers di tanah air iri bukan? Dimana kedua maxi skutik ini imbang dari segala hal baik dari segi desain, spesifikasi dan fitur bahkan dari segi harga. Dan untuk itu di artikel ini kita bahas saja artikel khsuus komparasi antara Honda Forza 300 dengan Yamaha Xmax 300 dari segala sisi, kebetulan hadir juga beberapa foto yang s aya ambil dari sebuah grup Yamaha Xmax society Thailand di facebook,

Komparasi desain Yamaha Xmax vs Honda Forza 300 :

Pertama kita bahas perbandingan firik dari kedua maxi skutik, dari dimensi sendiri seperti Xmax lebih besar dan gambot juga lebar tuh pemirsa. Kemudian dari segi facia depan, Xmax terlihat lebih sporty dengan dual headlight yang sangar mengintimidasi sedangkan Forza terlihat lebih elegan dengan single headlamp tapi terdapat 3 reflektor pencahayaan yang semuanya LED. Tapi keduanya memiliki karakter yang berbeda, Xmax dengan dual headlight tapi Forza lebih menonjolkan sisi futuristik dengan tambahan DRL LED-nya yang iconic.

Dari bagian belakang pemirsa bisa lihat, Xmax terlihat lebih semok dengan dual tail lightnya, sedangkan Forza lebih ramping dan terlihat seperti desain skutik 150cc. Apalagi jika melihat desain knalpot dimana Xmax terlihat lebih proporsional dengan knalpot oval-nya yang besar. Tapi keduanya punya beberapa kesamaan desain, seperti desain cover stang kemudi, sama-sama pakai behel atau rear grip tanduk dan sama-sama pakai dual shock belakang tanpa tabung juga pengereman dual disc brake dengan sistem ABS. Begitu juga dengan ukuran velg yang sama-sama pakai ring 14 belakang dan 15 untuk depan, bahkan ukuran bannya pun sama yaitu 120/70-15 untuk depan dan belakang 140/70-14.

Perbandingan fitur Honda Forza 300 dan Xmax 300

Nah, dari segi fitur keduanya ini bisa dibilang hampir imbang pemirsa, keduanya sama-sama punya fitur Traction Control, dimana Honda punya sistem patent sendiri bernama HSTC atau Honda Selectable Torque Control, kemudian keduanya sama-sama sudah pakai kunci keyless dan juga punya bagasi super luas yang muat dua helm didalamnya, sayangnya untuk shock depan Xmax sudah pakai shock full seperti layaknya shock depan motor sport sedangkan Forza masih shock konvensional biasa.

Cuma, dari segi fitur Forza 300 punya kelebihan pada bagian windshield depan yang sudah pakai electrinic adjustable windscreen dimana layar depan bisa diatur ketinggiannya secara elektronik dan yang menari adalah posisi lampu sein yang berada di spion sehingga memperkuat kesan maxi skutik premiumnya yang canggih dan mewah.

Komparasi spesifikasi Xmax 300 vs Honda Forza 300

Dari segi spesifikasi, mana nih yang paling kencang performanya anatar Xmax 300 dan Forza 300???
Nah, pertama untuk Xmax dulu. Maxi skutik produk Yamaha Indonesia ini punya spesifikasi mesin 292cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan. powernya termbus hingga 20.6 kW @ 7,250 rpm dan Tosri sebesar 29.0 Nm @ 5,750 rpm. sedangkan Honda Forza 300 punya spesifikasi mesin 279cc 1 silinder SOHC berpendingin cairan, power maksimumnya mencapai 8,5 kW atau setara 25,2 hp @7.000 rpm , dengan torsi 27,2 Nm @5.750 rpm, kesimpulannya sbb :

Power Xmax 300 : 20,6 Kw pada 7.250 rpm
Power Forza 300 : 18,5 Kw pada 7.000 rpm

Untuk kapasitas tanki bbm, Xmax lebih besar yaitu sebanyak 13 liter sedangkan Forza hanya 11,5 liter saja dan Untuk berat motor juga Forza 300 lebih berat yaitu 183 kg dan Xmax hanya 179 kg…

Perbandingan harga Yamaha Xmax 300 dan Forza 300

Terkahir, tentunya pemirsa kepo akan perbandingan harga dari kedua maxi skutik ini. Walaupun di Thailand sana skutik ini berbeda produksi dimana Forza diproduksi lokal sedangkan Xmax diimpor dari Indonesia, tapi keduanya punya bandrol harga yang tidak terpaut jauh, untuk lebih detailnya berikut ini perbandingannya :

Harga Yamaha Xmax 300 di Thailand 168.000 THB atau setara Rp 73jutaan
Harga Honda Forza 300 di Thailand 169.000 THB atau setara Rp.74,4jutaan

Nah, coba bayangkan di Indonesia sendiri Xmax 250cc dibandrol Rp 57,2jutaan, seandainya tahun depan atau mungkin di akhir tahun ini AHM memboyong maxi skutik ini ke Indonesia? akan dibandrol berapa ya? hehe… Tapi, Pastinya akan membuat pasar maxi skutik semakin maju dan kompetitif dengan banyak varian. Kalo menurut pemirsa gimana nih? jika disuruh memilih diantara keduanya antara Honda Forza dan Xmax, mana yang pemirsa pilih? Monggo komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements

23 Comments

  1. Teu resep bujurna x-max, ai Forza mah elegan saeutik gitu mun x-max mah sangar tapi sugan nu mawana teu sangar teuing.

    Secara polling ge meunang Forza, mangga upami teu percanten..

  2. Dilihat dari samping dan belakang, mogelook nya lebih dapat XMax. Lihat belakang Forza kayak ngeliat matic kelas medium. Persis ngelihat belakang PCX kayak ngelihat Spacy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.