Mengintip Honda CB190R Versi Balap di CSBK, “Moge” SOHC Air Cooled Yang Tampil Racy..!!!


Warungasep.net – Pertama kali melihat gambar diatas, saya cukup penasaran karena terlihat sosok motor yang tampil sangar layaknya motor balap. Buritannya yang tampil racy seperti Honda RC213V-nya Marquez dan Dani Pedrosa lengkap dengan livery team Repsol Honda yang kita kenal menjadi team terkuat di Motogp. Pertanyaanya motor apa ini? Dan kejuaraan balap apa dan dimana?

Setelah ditelusuri ternyata, motor balap tersebut adalah sebuah kelas balap One Make Race (OMR) bernama Honda Stormfront Eyes 190 Unified Tournament yang digelar bersamaan dengan Kejuaraan Superbike di negeri China atau yang disana disebut ajang CSBK. Motor yang digunakan sendiri cukup anti mainstream dimana, biasanya yang dipakai balap itu motor prototype atau motor produksi masal bergenre sport fairing bike, tapi yang digunakan dikejuaraan tersebut adalah sosok motor naked bike produk Wuyang Honda yang kita kenal dengan nama Honda CB190R. berikut penampakannya :

Honda CB190R sendiri merupakan produk lokal Honda China yang juga di ekspor ke berbagai negara seperti Argentina, Brazil dan juga Singapura. Motor ini bergenre naked bike yang punya desain yang macho seperti layaknya Moge dengan style ala motor street fighter, dengan membenamkan suspensi depan Upside down, knalpot underbelly, swing arm banana, lampu deapn dan belakang LED juga ukuran ban lebar 110/70-17 untuk depan dan 140/70-17 untuk belakang.

Tapi jangan kaget jika melihat spesifikasi mesin yang diusungnya, Walaupun bertampang layaknya Moge naked bike, tapi CB190R ini punya spek mesin yang terbilang imperior jika dibanding motor-motor sport yang ada di Indonesia, CB190R ini mengusung mesin 184cc 1 silinder SOHC berpendingin udara, ingat motor ini hanya pakai pendingin angin seperti motor jadul hehe.. Powernya, apalagi, cuma 11,7 Kw pada 8000 rpm dan torsi sebesar 15 Nm pada 7000 rpm. Bobot motor ini juga terbilang berat yakni mencapai 140 kg.

Tapi, pihak Wuyang Honda China tentunya sudah memodifikasi motor andalan mereka ini supaya bisa dipakai kompetisi balap, seperti menambahkan knalpot racing, stang balap, dll. Tak hanya cowok, pera pembalapnya juga ada yang cewek juga lho.

Dan yang menarik adalah, kompetisi balap OMR di China ini ternyata pakai helm buatan Indonesia yaitu KYT sebagai helm standar balap disana. Wuiiddiih.. cukup bangga juga ya, hehe… Berikut penampakannya :

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.