Workshop dan Bedah Teknologi Honda PCX150 Hybrid Bersama AHM dan Blogger


Warungasep.net – Hari Rabu tanggal 26 Mei 2018 kemarin, PT. Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah Jurnalis, Blogger dan Vlogger untuk melakukan Workshop dan bedah tekhnologi produk terbaru mereka yaitu All New Honda PCX150 dan juga Honda PCX Hybrid, jadi kita diajak mengenal lebih dekat teknologi daripada kedua skutik produk dalam negeri tersebut terutama teknologi yang ada pada PCX Hybrid yang merupakan teknologi Hybrid pertama yang diproduksi secara masal di dunia.. mantap…

Bersama team HC3 AHM, ada juga dari teknisi dan juga dari team pabrikan AHM turun tangan dan membagikan informasi dan ilmu pengetahuan tentang produk baru ini, tak hanya itu diakhir sesi acara ini ada juga sesi tanya jawab seputar isu-isu tentang masalah yang mencuat akhir-akhir di media social tentang PCX baru ini, Namun di artikel kali ini akan saya bahas terlebih dahulu apa saja yang dibahas di acara workshop kemarin.

Pertama tentangfitur-fitur yang tedapat pada sosok PCX Hybrid, yang diantaranya tidak terdapat pada Honda PCX150 CBS/ABS, seperti sistem motor Assist, kemudian ECU atau ECM yang diubah unitnya menjadi bernama PDU, kemduian speedometer baru, adanya Engine cut-off dan juga headlight dengan blue accent atau ada nuansa biru yang futuristik.

Kedua bahas teknologi Hybrid PCX ini mengadopsi sistem Paralel Hybrid dimana masih menggunakan mesin bensin sebagai penggerak utama yang digabungkan dengan motor assist system sebagai motor listriknya sebagai tambahan output tenaga. Nah, beberapa part pendukung motor hybrid pertama di dunia ini adalah sebagai berikut :

Diatas terdapat beberapa nama yang pastinya cukup asing dan tidak ada pada motor skutik konvensional bahkan pada Honda PCX standar. Seperti misal PDU(Power Drive Unit), BMU, Down Regulator, Junction Unit, Lithium Ion Baterai dll. Untuk lebih detailnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Dan melihat bentuk aslinya akan seperti ini :

Nah, setelah melihat gambar diatas, tentu pemirsa penasaran kan bagaimana cara kerja daripada mesin hybrid PCX ini, bisa pemirsa lihat berserta penjelasan fitur speedometer dan juga fitur mode riding yang tersedia dan menjadi kelebihan produk AHM yang dijual dengan harga Rp. 40jutaan ini pada video berikut ini :

Selanjutnya, pembahasan tentang perbedaan rangka antara PCX lawas dengan PCX baru(PCX ABS/CBS dan PCX Hybrid) juga info tentang perbedaan system rem Antilock Braking Sytem Honda PCX yang mengggunakan model ABS 1 Chanel :

Dan terkahir, kita membahas tentang teknologi pada system suspensi belakang yang dipakai pada PCX 150cc series ini ternyata berbeda dengan Honda PCX lawas maupun skutik Honda lainnya tuh pemirsa, AHM menyebut jika teknologi shock belakang PCX ini merupakan teknologi tertinggi dengan sistem triple rate spring yang berarti suspensi PCX ini punya 3 tingkat kekerasan.

 

Jadinya tipe suspensi ini memiliki karakteristik riding feeling yang lebih baik, sehingga pemirsa bisa merasakan kenyamanan dalam kondisi jalanan, baik dalam kondisi berkendara sendirian, berboncengan atau bahkan dalam keadaan berboncengan di jalan yang tidak rata…

Lalu bagaiaman dengan kasus suspensi belakang PCX bengkok dsb? Nah untuk menjawab hal itu akan saya bahas di artikel berikutnya ya, untuk diartikel ini cukup artikel tentang bedah teknologi dan kelebihan Honda PCX dan PCX Hybrid ini saja dulu.. semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.