Intip Daleman Honda PCX150 Hybrid Ketika Dibongkar, Ada Baterainya…!!!

Kunci Keyless (Smart Key) Honda PCX Hybrid

Warungasep.net – Hari Rabu kemarin, sehari sebelum hari pertama shaum Ramadhan, PT. Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah Jurnalis, Blogger dan Vlogger untuk melakukan workshop dan bedah teknologi Honda PCX Hybrid, dimana diberikan pemahaman dan penjelasan lebih informasi teknologi yang diusung produk baru maxi skutik Honda pertama di dunia yang menggunakan teknology Hybrid yang biasanya hanya terdapat pada kendaraan roda empat premium.

Nah, Di artikel sebelumnya, saya sudah bahas tentang bedah teknologi Honda PCX melalui penjelasan dari Pak Kiswinar melalui presentasi melalui layar projector, dan tak hanya itu, AHM juga mengajak kita untuk membongkar langsung apa daleman daripada Honda PCX150 Hybrid ini sehingga kita bisa lihat langsung apa saja yang terdapat pada sosok maxi skutik yang dibandrol dengan Rp 40jutaan ini.

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja pemirsa bisa lihat pada beberapa galeri foto berikut ini ketika Honda PCX150 Hybrid dibedah:

Yang berbeda dengan PCX Hybrid dengan PCX150 ABS dan CBS adalah terdapatnya baterai Lithium Ion yang terletak dibagian bawah jok belakang, tepatnya dibawah bagasi, sehingga bagasi PCX Hybrid dengan PCX biasa berbeda ukuran dan isinya, punya PCX Hybrid space nya ebih kecil karena terdapat baterai.

Dan yang perlu diketahui adalah karena Baterai Lithium Ion PCX Ini punya daya yang cukup besar yakni sekitar 48 Volt sehingga harus diperlakukan khusus, sehingga ketika pemirsa ingin mengganti atau mengalami masalah pada bagian ini, harus di service di bengkel resmi Dealer Wing Honda, karena untuk menghandle bagian baterai ini, AHM pakai alat khusus yang terisolasi, seperti sarung tangan khusus dan juga tool khusus terstandar yang dilindungi karet demi keamanan mekanik yang berurusan langsung dengan kelistrikan bertegangan tinggi. Seperti ini penampakannya Toolsnya :

Dan seperti ini ketika mekanik memperlakukan baterai Honda PCX Hybrid :

Setelah dibuka, dimensi baterainya cukup kecil dan terlindung dengan cover yang sangat safety bahkan dari guncangan dan juga dari air. Dan mengapa harus pakai tools tersendiri, adalah dibagian socketnya yang terkoneksi langsung dengan kelistrikan yang cukup berbahaya. Berikut ini penampakan baterai ketika dilepas dari tempatnya :

Sekedar info juga jika Batreai jenis Lithium Ion PCX hybrid ini bisa bertahan maksimal hingga 8 tahun pemakaian normal, dari tahun ketahun performanya akan menurun, intinya sama seperti baterai Handphone tuh pemirsa. Sedangkan untuk harga baterainya sendiri, menurut instruktur yang hadir saat Workshop kemarin, estimasi harga Baterainya sekitar Rp 8 sampai 9 jutaan yang musti diganti selama 8 tahun sekali. wuiih… Oh ya, satu lagi, beberapa spare part PCX Hybrid ini ada yan tidak dimiliki oleh PCX lainnya, seperti misalnya ada sparepart PDU atau Power Drive Unit, BMU, Junction unit dll, seperti ini penampakannya :

Dan biar lebih jelasnya untuk pemahaman tentang lebih detail lagi pemirsa bisa simak melalui videonya berikut ini :

Jika tidak terbuka klik :: Workshop PCX Hybrid

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements

7 Comments

  1. 50,4 V 4 AH ya

    Apakah bisa diganti dengan baterai laptop 10.8 V 5 AH 5 buah yang disusun seri?
    Kan lebih murah tuh paling 4-5 juta doang

    • Pake batery jam dinding bisa ngak pak guru ?
      9 tahun kelamaan….baru di pakai 2 tahun …mbeledug..dan terbakar.apa jadinya….dunia
      Konsumen langsung yg meng trial produknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.