Akhirnya Bisa Menyentuh TVS Apache RR 310, “Moge” India Seharga Rp. 49 jutaan


Warungasep.net – Di artiel sebelumnya, saya sudah bahas jika selain mengadakan promo dan diskon harga motor TVS, ternyata di pameran Jakarta Fair Kemayoran pabrikan asal India ini juga membawa 4 produk teranyar mereka yang didatangkan langsung dari India secara CBU. Ke-4 produk tersebut terdiri dari 2 produk motor sport dan 2 produk skutik. Nah, ang paling menarik perhatian juga membuat heboh dan hangat diperbincangkan adalah kehadiran motor sport bike terbaru dan juga merupakan motor sport fairing pertama racikan TVS yang diberi nama TVS Apache RR 310 ini hadir dan secara resmi dijual di Indonesia… Mantap..

Kehadiran motor sport yang juga diberi julukan versi fairing dari BMW G310R ini membuat heboh dikalangan bikers bukan hanya karena motor ini digadang-gadang pesaing sport bike 250 di Indonesia, tapi lebih ke bandrol harganya yang bisa dibilang dibawah harga pasaran motor sport bike 300cc. Bayangkan saja, walaupun motor ini termasuk kedalam jajaran big bike alias moge karena spesifikasi mesinnya yang berada diatas 250cc, tapi memiliki bandrol harga yang setara motor sport 250cc, yakni dibandrol dengan harga Rp 49jutaan saja.

Harga ini jelas hanya beda dikit dengan harga KTM RC 250 yang dibandrol Rp. 50jutaan serta berada sedikit diatas harga Nina 250 SL diangka Rp 45jutaan. Bandrol yang pastinya cukup mengejutkan ini tentu menepis anggapan jika harga motor dengan PPNBM harus selalu dibandrol dengan harga tinggi di Indonesia, seperti contoh harga Ninja 300 yang berada diangka Rp 87jutaan serta RC dan Duke 390 yang menyentuh angka seratus jutaan rupiah.

Lalu, kenapa harga RR310 ini bisa murah? Untuk lebih jelasnya saya sempat tanyakan kepada para SPG di both TVS, dan mereka menjawab motor ini impor dari India, dan harganya selama promo saja. Dan perlu diketahui juga, jika di India sendiri harga motor ini memang terbilang sangat dan sangat murah pemirsa, bayangkan saja moge 310cc ini hanya dibandrol dengan harga Rp 43jutaan saja (Baca : Harga TVS Apache RR310 di India ). wow…

Nah, sekarang kita bahas lebih detail ke motornya nih pemirsa. Kali ini saya bisa dapat kesempatan melihat juga menyentuh dan bahkan sempat mencoba duduk diatas “Moge” India seharag Rp 49jutaan ini pemirsa.. Bagaimana impresinya? Yuk kita bahas satu per satu…

Pertama kita bahas desainnya. Menurut saya pribadi sih tidak ada efek “wow..” nya jika kita melihat desain fisiknya. Stylenya memang India banget, punya karakteristik desain tersendiri, berbeda dengan motor China yang lebih cenderung ke motor jiplakan atau menyerupai motor lainnya.

Karena motor ini mengambil basic dari BMW G310R, maka terdapat beberapa kesamaan seperti bagian rangka, velg, ukuran ban, knalpot, mud guard serta suspensi depan. Dari bagian headlamp, terlihat desainnya agak ketinggalan, terlihat seperti desain sport bike tahun 2000-an nih pemirsa, hehe.. walapun pakai dual headlamp prodjie LED lengkap dengan DRL yang juga LED, tapi desain kombinasi antara headlight kiri dan kanan di bagian tengahya terlalu lebar, andai saja bagian ini terdapat sebuah air scoop, pasti bakalan lebih berkarakter nih…

Tapi untuk bagian depan terbantu dengan adanya suspensi depan Upside down berwarna emas, sehingga terlihat lebih elegan dan Moge look. Tangkinya cukup besar dan muscle mampu menampung 11 liter BBM. Jok-nya cukup tinggi yakni sekitar 81cm, saya juga agak kesulitan untuk menaikinya karena cukup tinggi dan lebar.

Dan ketika dinaiki, ergonomoninya tidak senunduk motor sport bike 150cc di Indonesia. Stang kemudi belum underyoke dan posisinya pun tidak terlalu jauh dari tangki, mirip-mirip ergonomi GSX-R150 tapi gak terlalu nunduk.

Melihat tampilan dasbornya akan berbeda karakternya dengan tampilan dasbor motor Jepang yang cenderung berbentuk kotak, karena tampilan dasbor speedometernya TVS Apache RR ini bertuknya vertikal tuh pemirsa. Unik juga…

Ada 2 unit TVS Apaceh RR310 yang dipajang di pameran kemarin yaitu warna merah dan hitam, untuk yang varian warna merah ini terasa banget aura motor Italia-nya, kombinasi warna merah yang dominan yang dipadukan dengan warna putih.. Juga dari desain tail light LED-nya yang berbentuk sebuah line atau garis-garis yang berkarakter, sekilas mirip buritan Panigale sih, hehe.. Cuma bedanya TVS shape lampu rem LED-nya membentuk garis seperti dua buah tanduk.

Tempat duduk pembonceng juga cukup sporty yang terpisah dengan jok depan, dua buah lubangnya juga memang ala-ala motor Italia nih, hehe.. dan dibagian samping Apache RR ini cukup berkarakter dan tidak mirip dengan motor apapun sebelumnya, melihat desainnya juga sepertinya kontruksi aerodinamika serta untuk pelepasan panas mesinya sangat mendukung banget ketika dibawa riding, hmm bikin penasaran juga, hehe..

Rasa penasaran tentang bagaimana suara mesinnya pun terwujud nih pemirsa, kita gak cuma diperbolehkan menunggangi dan melihat serta menyentuh saja, kita juga diperbolehkan untuk mencoba menyalakan mesinnya. Dan ketika tombol starter dinyalakan, wuiih.. suaranya cukup kaget juga… walaupun mesinnya cuma 1 silinder suara idelnya agak mirip motor dengan mesin stereo, keren nih… Cuma ada suara keletek seperti klep longgar yang katanya memang karakter daripada mesin yang sama dengan BMW G310R. Ohhh… seperti itu, hehe.. Dan ketika kita coba tarik throttle, cepet banget naikin Rpmnya, dan suara knalpotnya ngebas.

Dari karakter suara mesinnya, terdapat potensi power yang cukup gahar untuk ukuran motor India nih pemirsa. Apache RR310 ini mengusung mesin 312cc DOHC 1 silinder berpedingin cairan, tenaga puncaknya diklaim mampu mencapai 34 PS @ 9700 rpm dan torsi maksimumnya hingga 27,3 NM @ 7700 rpm. Kabarnya, akselerasi TVS RR 310 ini bisa mencapai kecepatan tertinggi 160 km / jam , dan percepatan dari 0 sampai 60 km / jam hanya dalam 2,9 detik , berkat paket aerodinamika canggih yang menjanjikan koefisien drag terendah di segmen ini.

Lanjut kita bahas ke bulid quality-nya nih pemirsa.. Untuk bagian body plastiknya tidak terlalu istimewa, cukup tipis seperti motor Jepang cuma lebih rapih aja walaupun desain dan lekukannya memang cukup aneh buat kita, hehe.. Cuma yang menarik jika meliha las-lasan di rangka terlaisnya rapi banget. Dan satu lagi yang membuktikan jika TVS Apache RR ini adalah versi fairing-nya G310R, yaitu jika pemirsa melihat ke bagian dalam tepat didalam rangka maka akan terlihat lubang knalpot yang keluar dibagain belakang, bukan di bagian depan seperti pada motor konvensional, hal ini karena konfigurasi mesinnya memang memang mengambl basic dari si G310R-nya BMW.

Sayangnya di event pameran PRJ Kemayoran ini, pihak TVS belum menyediakan area tes ride, sehingga kita hanya melihat serta mengetahui bagaimana impresi daripada motor India ini hanya di dalam both saja, belum bisa merasakan impresi motor seharga Rp 49jutaan ini dilintasan langsung. Semoga saja nanti ada waktu buat tesridenya nih pemirsa… Dan buat yang penasaran, pemirsa bisa kunjungi saja Jakarta Fair Kemayoran 2018 di JIExpo Kemayoran, dan mumpung ada kesempatan promo, tentunya dengan harga Rp. 49jutaan, “Moge” India ini tentu cukup value dengan apa yang ditawarkan seperti power mesinnya serta fitur dan desainnya, terutama uat pemirsa yang suka dengan model anti mainstream dengan motor-motor Jepang pasti bisa jadi alternatif untuk memilih motor baru yang punya konsep dan desain berbeda… semoga berguna..

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Advertisements
Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.