Dukung Pendidikan SMK, Yamaha Resmikan Bengkel Yamaha Adab Motor di SMK Muhammadiyah Lemah Abang


Warungasep.net – Yamaha Indonesia terus mendukung dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui program SMK Binaan Yamaha juga merupakan bagian dari sebuah CSR atau Corporate Social Responsibility yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2003.

Salah satu bentuk nyata Yamaha untuk mendukung aksi tersebut salah satunya ditandai dengan peresmian Bengkel Resmi Yamaha Adab Motor yang digelar di SMK Muhammadiyah Lemah Abang yang acaranya dihadiri oleh H R Alpha Ammirachman selaku Sekertatis Majelia DikDasMen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, lalu ada juga Direktur Pembinaan SMK dari Kemendikbud RI yaitu Dr Ir M. Bakrun juga dari pihak YIMM yaitu pak M. Abidin selaku GM Aftersales dan Motorsport.

Dengan dibukanya Bengkel Resmi Adab Motor di lingkungan SMK Muhammadiyah Lemah Abang ini diharapkan melayani kebutuhan purna jual, serta service dan sparepart bagi konsumen di wilayah Cirebon.karena sama seperti di bengkel resmi Yamaha lainnya, para teknisi Yamaha Adab Motor juga bersertifikat Yamaha Technical Academy dan peralatan standar Jepang dan tools yang paling lengkap.

Sekertaris Majelis DikDasmen PP Muhammadiyah H. R. Alpha Amirrachman menyampaikan

“Selamat dan rasa bangga saya ucapkan kepada SMK Muhammadiyah Lemah Abang, atas prestasinya karena tak hanya dengan pemerintah tapi juga dengan pihak industri yaitu perusahaan besar seperti Yamaha. Ini suatu bentuk kepercayaan luar biasa dan semoga bisa ditularkan kepada SMK yang lainnya. Ujar H. R. Alpha.

Nah bersamaan dengan peresmian bengkel, di SMK Muhammadiyah ini juga diresmikan kurikulim SMK kelas Yamaha terbaru. Tujuannya untuk mengikuti perkembangan Industri sepeda motor terkini. Juga supaya lulusannya nanti siap bekerja di jaringan bengkel Yamaha maupun berwirausaha.

Hal tersebut juga membuktikan bahwa Yamaha mendukung program pemerintah antara dunia pendidikan dan industri yang bertujuan mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan industri yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional Indonesia.

Selain itu, Yamaha juga masih menggelar program SMK Binaan Yamaha, program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dan siswi SMK yang siap pakai di dunia kerja melalui standarisasi teknik bisnis sepeda motor yang sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy atau YTA.

Hal tersebut ditandai dengan pemberian dari PT.YIMM dengan mendonasikam mesin dan sepeda motor ke 700 SMK binaan Yamaha, dan 47 diantaranya terpilh menjadi kelas khusus yang mendapatkan fasilitas ruang praktik, peralatan bengkel, dll.

Para lulusan program ini nantinya, setara dengan lulusan YTA dan siap bekerja di jaringan bengkel Yamaha, dan sejalan dengan jurusan teknik STM yang sekarang menjadi Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor atau TBSM. Nantunya mereka bisa dituntut untuk semakin mandiri dan berwirausaha sendiri dengan bekal dari program tersebut.

Pak M. Abidin selaku GM After Sales dam Motorsport Yamaha memberikan komentarnya menngenai program ini.

“Kerjasama antara Yamaha dan SMK Muhammadiyah Lemah Abang dimulai sejak tahun 2008, kemudian dibuka dengan kelas khusus Yamaha. Kemudian kerja sama ini terus berkembang sampai peresmian Bengkel Yamaha Adab Motor milik SMK Muhammadiyah Lemah Abang”ungkap Abidin.

“Hal ini merupakan tindak lanjut dalam bentuk Teaching Factory dimana selain kelas khusus Yamaha, SMK juga bisa punya bengkel yang digunakan sebagai sarana belajar sekaligus menjadinunit produksi bagi SMK” tutup Abidin.

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.