Yamaha Grand Filano Hybrid Rilis di Thailand, Pesaing PCX Hybrid Dengan Harga Rp. 23 Jutaan

Warungasep.net – Sudah hampir setahun sejak Honda PCX Hybrid yang diklaim sebagai motor Hybrid produksi masal pertama dari pabrikan Honda yang mulai diperkenalkan untuk pertama kalinya di Tokyo Motor Show tahun lalu. Dan sepertinya membuat para rivalnya mulai tertarik untuk memproduksi motor dengan system serupa. Dan ternyata tepat dengan peresmian Harga resmi PCX Hybrid oleh AHM beberapahari lalu, ternyata bertepatan dengan dirilisnya motor Hybrid pertama dari Yamaha yang diproduksi masal. Sayangnya motor Hybrid Yamaha ini tidak dirilis di Indonesia, melainkan dinegeri tetangga, Thailand. Dan motor Hybrid Yamaha ini adalah Yamaha Grand Filano Hybrid yang punya banyak fitur baru yang semakin canggih dan lebih terlihat futuristik.

Tentunya masyarakat Indonesia sudah kenal dengan skutik bergaya retro ala skutik Italia ini. Karena pihak YIMM sempat dan mungkin saat ini masih memasukan motor ini secara CBU dan masuk kedalam line up motor ini yang mereka jual. Dan dengan adanya Grand Filano Hybrid ini membuat Honda PCX Hybrid yang menjadi motor skutik Hybrid pertama di dunia kini ada lawannya…

Memang melihat kubikasi mesinnya jelas berbeda. Jika PCX Hybrid mengusung mesin 150cc liquid cooled sedangkan Grnad Filano pakai mesin 125cc air cooled. Namun melihat kinerja Hybrid-nya sepertinya ada kemiripan nih pemirsa… Sama halnya seperti PCX Hybrid yang memanfaatkan ACG starter sebagai generator listrik. Nah, Grand Filano juga menggunakan SMART MOTOR GENERATOR atau System SMG(ACG-nya Yamaha)sebagai Power Assist yang diperintahkan oleh SGCU, menghasilkan output yang lebih cepat ketika berkaselerasi.

Secara garis besarnya sih sama, dan saya juga belum bisa mengambil informasi lebih banyak. Namun jika membaca info dari media sana menjelaskan jika System Hybrid dari Grand Filano ini akan bekerja ketika akselerator dinyalakan, mesin dan motor listrik akan bergabung bersama. Mesin Hybridnya akan mengalami peningkatan torsi ketika sistem berjalan normal atau putaran mesin lebih dari 4.000 rpm. Disebutkan juga jika output baterai saat bekerja menjalankan mesin Hybrid ini akan meningkat menjadi 10,5 v. Dan membuat mesin menjadi irit bahan bakar.

Nah, yang membuat motor skutik Retro Yamaha ini special selain teknologi Hybrid ternyata matic 125cc Yamaha ini juga sudah menggunakan pengereman Antilock Braking System atau ABS. Fitur yang sebelumnya hanya dibenamkana pada motor sport atu matic premium, kini hadir di skutik kecil Yamaha berkapasitas 125cc air cooled.

Lampu depan juga semakin terlihat futuristik dengan shape desain yang cantik dengan penerangan LED, speedometer kombnasi analog dan digital dengan layar TFT. Punya USB Power socket charger, sudah pakai keyless juga dan tak ketinggalan yang membuat skutik retro ini unit adalah punya lubang tanki pengisian bahan bakar di bagian depan.

Pihak Yamaha Thailand menjual Grand Filano Hybrid ini dalam 2 tipe yaitu tipe Hybrid standar dan Hybird ABS dan terbagi kedalam 7 varian warna diantaranya sbb :

Dan terkahir, jangan kaget ketika mendengar harga Yamaha Grand Filano 2018 versi Hybrid ini pemirsa, karena akan membuat harga PCX Hybrid yang dijual dan diproduksi secara lokal di Indonesia terlihat overprice dan kemahalan. Karena di Thailand Harga Grand Filano Hybrid MY 2018 ini dibandrol dengan harga 55,500 THB atau sekitar Rp. 23,9jutaan.. wow.. seharga Lexi-S tuh pemirsa. Tapi itu untuk versi standar sedangkan untuk versi ABS dibandrol dengan harga 62.000 THB atau setara Rp. 26,7jutaan..

Nah, apakah Yamaha Indonesia juga akan menjual Grand Filano Hybrid ini guna menghadang PCX Hybrid di Indonesia? Atau bisa jadi membenamkan teknologi ini pada sosok Yamaha Finoa 125 yang punyabasic mesin yang sama? Kita tunggu saja…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.comac
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

    Ditulis oleh Warungasep < a

    Advertisements
    Advertisements

5 Comments

  1. jenis motor yang pengen gue beli. Sayang kemaren dijual secara IU. Jadinya mahal. Masak motor mesin Fino harus dibeli 28 juta lewat IU. Gak ah, sayang uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.