Honda CRF1000L Adventure Sport, Africa Twin 2018 Rilis di Indonesia, Harga Rp. 585jutaan


Warungasep.net – Tak hanya Honda Forza 250 dan Honda Supercub C125, di ajang Gaikindo Indonesia Internasional AutoShow (GIIAS) 2018, Pt. Astra Honda Motor (AHM) merilis moge baru yaitu Honda CRF1000L versi 2018 atau yang lebih dikenal dengan nama Africa Twin Adventure Sports. Berikut penampakannya :

Moge baru Honda ini hadir untuk memperkaya pilihan bagi pecinta sepeda motor adventure tourer di Indonesia. Varian baru ini menyuguhkan ketangguhan yang akan mewarisi semangat ”go anywhere” dari pendahulunya.

Naah, Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports 2018 hadir dengan pembaruan di berbagai sektor yang membuat sepeda motor sport ini semakin nyaman dikendarai di jalan tanah, turing jarak jauh, bahkan makin lincah dikendarai di jalan perkotaan serta jalan berliku. Pilihan terbaru ini melengkapi dua pilihan Honda CRF1000L Africa Twin yang telah diperkenalkan tahun lalu, yakni tipe standar (STD) dan Dual Clutch Transmission (DCT).

Masih tetap mengusung mesin yang ringan tapi bertenaga, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingan cairan yang sudah terbukti ketangguhannya. Sasis dipertahankan untuk kelincahan bertualang di medan on-road atau pun off-road, Untuk spesifikasi Africa Twin Adventure Sports ini memperkuat ketangguhan Honda CRF1000L Africa Twin dengan mesin 998 cc parallel-twin menggunakan 4 katup unicam head. Kombinasi itu menghaslkan tenaga maksimal 69,2 kW @7.500 rpm, dan torsi puncak 95,4 Nm @6.000 rpm. Lengkapnya baca disini :

Dan yang membuatnya semakin canggih moge ini sudah pakai teknologi throttle by wire untuk mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta pilihan riding mode yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. Adventure tourer ini diperkaya perpindahan gigi dengan sistem DCT yang memudahkan pemilihan mode manual ataupun otomatis. Beberapa fitur tambahan juga semakin memperkuat tampilan tangguh dan adventure melalui perubahan di sektor suspensi depan, tangki bahan bakar, panel meter, extended fairing protection, skid plate yang lebih lebar, serta windshield lebih tinggi.

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports memiliki Skid plate (pelindung mesin bagian bawah) yang didesain lebih lebar. Model terbaru ini juga mendapatkan body protector, besi yang melingkar untuk melindungi fairing dan bagian bawah lampu. Jok lebih tinggi 30 mm dibandingkan tipe STD dan DCT, kini menjadi 860 mm, tapi masih bisa disesuaikan. Kapasitas tangki bahan bakar kini lebih banyak, 24,2 liter dari sebelumnya yang hanya 18 liter, sehingga akan memberikan pengalaman untuk berkendara dengan jarak lebih jauh.

Suspensi Showa tipe Adventure Sports ini memiliki panjang langkah yang lebih dari sebelumnya, tapi tetap dapat dilakukan penyesuaian penuh. Suspensi ini dikombinasi dengan sistem pengereman kaliper ganda Nissin 4 piston, wavy disk brakes, dan sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS). Suspensi belakang Showa menggunakan tipe spring preload yang dapat diatur. Roda depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci dengan balutan ban berukuran 90/90-21 dan 150/70-18.

Pembaruan lainnya pada tipe Adventure Sports adalah disematkannya panel meter LCD dengan desain baru yang menyediakan berbagai informasi penting mulai dari speedometer, tripmeter, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, takometer, suhu mesin. Fungsi peranti elektronik juga dapat dipantau dari panel ini.

Pembaruan lainnya, Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mengusung teknologi Throttle by Wire untuk mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta pilihan riding mode untuk dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

Karakter sepeda motor ini memiliki torsi dan tenaga yang kuat di semua putaran mesin, terutama bisa dirasakan pada RPM tinggi. Sasis Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mendukung tiga sektor utama, yakni performa saat off-road, kenyamanan saat turing, dan kelincahan ketika berkendara harian. Penyematan baja dengan frame semi-double cradle menghadirkan keseimbangan saat melakukan perjalanan jauh, bahkan saat penuh dengan beban.

Sistem elektronik secara keseluruhan mampu mengatasi kondisi apapun, baik melaju di trek aspal atau sedang menjelajah medan off-road. Ini berkat adanya Honda Selectable Torque Control (HSTC) system yang menawarkan tujuh tahap kontrol (mode), yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

Dual Clutch Transmission (DCT) hadir sebagai pasangan mesin tangguh Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports. Pengguna bisa memilih menggunakan mode manual atau otomatis melalui tombol di sisi kiri setang.

Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport dengan tiga pilihan dari S1, S2 dan S3. Ada ”G switch” untuk penggunaan kopling dan fluktuasi tenaga saat berjalan pada RPM rendah. Saat tombol ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut.

Tak hanya itu DCT juga mendeteksi kondisi menanjak, yang mampu menghambat RPM tinggi saat memindah gigi naik. Kebalikannya, saat jalan menurun, downshifts terjadi lebih awal untuk memungkinkan pengereman mesin (engine brake) lebih baik.

AHM memasarkan Honda CRF1000L Africa Twin melalui tiga pilihan. Tipe standar dan DCT ditawarkan dengan warna kombinasi merah dan putih (Victory Red). Sedangkan tipe Adventure Sports memilki satu pilihan warna, yakni Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru.

Dan terakhir untuk bandrol harga Africa Twin ini terdiri dari 3 varian antara lain :

  • Tipe Standar harga RP 485.000.000
  • Tipe DCT dibanderol Rp 520.000.000.
  • TipeAdventure Sports harga Rp 585.000.000.

Kabarnya moge petualang tangguh buatan asli Jepang ini sudah mulai bisa dipesan di 11 diler Big Wing pada Agustus 2018. Mantaapp…

Advertisements
Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Harga Cicilan Kredit Honda Forza 250 dan Honda C125 Selama GIIAS 2018 | WARUNGASEP ★★★☆☆

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.