Honda PCX Mesin Listrik Produk Lokal, Gosipnya Akan Rilis Akhir Tahun Ini?

Warungasep.net – Setahun lalu diajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Honda Global memberikan kejutan dengan memajang 2 motor concept yaitu Honda PCX Hybrid dan Honda PCX Electric… Tak butuh waktu lama, selang 2 bulan pasca mereka memajang produk concept tersebut, AHM melakukan soft launching Honda PCX yang dipajang sebagai motor konsep tersebut menjadi produksi masal, sayangnya bukan sebagai PCX Hybrid maupun PCX Electrik, tapi untuk versi konvensional alias pakai mesin bahan bakar biasa.

Apakah 2 produk konsep yang dipajang di TMS tersebut hanya sebatas produk konsep alias prototype? Ternyata bukan… Duaar…!!!! Honda PCX dengan teknologi Hybrid juga dirilis dan dijual secara resmi (baca : Honda PCX Hybrid resmi dirilis ) dan bahkan motor dengan teknologi gabungan antara mesin bensin dengan motor listrik ini adalah produk lokal yang pastinya membuat bangga, karena PCX Hybrid yang dijual AHM ini diklaim sebagai motor produksi masal pertama di dunia yang menggunakan teknologi mesin Hybrid.

Setelah PCX konvensional dan PCX Hybrid dirilis, bagaimana dengan PCX Electric? Apakah PCX tanpa Bensin ini akan juga diproduksi masal? Atau cuma produk konsep saja seperti layaknya Honda Remix juga Honda SFA?? Ternyata cukup mengejutkan juga pemirsa, karena gosipnya PCX Electric alias PCX tanpa bensin alias tanpa mesin bensin ini juga ternyata akan diproduksi masal layaknya PCX Hybrid, bahkan gosipnya PCX berenaga listrik ini akan diproduksi secara lokal… wow,,,

Honda PCX Electric

Seperti yang dlansir Indiankobayogasblok (Baca sumbernya disini ), PCX Electric ini dipastikan akan mulai dijual di awal tahun 2019 nanti nih pemirsa, tapi sebelum itu perlu diketahui jika skutik listrik pertama Honda nantinya akan diproduksi secara lokal di Indonesia, tapi berbeda dengan PCX versi Hybrid dan PCX Konvensional(mesin bensin) yang lebih banyak kandungan lokalnya, sekitar 95 sampai 98%, naah untuk PCX versi mesin istrik ini akan lebih banyak kandungan komponen sparepart yang diimpor, hal ini dikarenakan mesin listrik yang memang masih jarang produsen lokal yang memproduksinya secara masal. Lebih lanjut lagi, mang Kobay sapaan admin Kobayogas.com ini menyebutkan jika sejumlah partnya adalah CKD dari Thailand.

Pict : Kompas

Nah, bicara komponen listrik yang akan dipakai PCX EV atau PCX Electric Vehicle ini juga sempat dimuat oleh media Kompas.com (Sumbernya klik disinu ) yang bahkan menyebutkan jika AHM ternyata sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan elektronic raksasa Panasonic. Kerjasama tersebut adalah untuk menyediakan komponen baterai yang akan mendukung calon produk motor listrik Honda kedepannya, yang tak hanya untuk PCX Electric saja, tapi juga kemungkinan untuk kendaraan Honda dimasa depan.

Terkait kerjasama ini, mereka bekerjasama membuat sebuah paket baterai yang diberinama Honda Mobile Power Pack (untuk lebih jelasnya pemirsa bisa simak di artikel : Baterai PCX Electrik ), berbentuk paket baterai yang bisa dilepas untuk berbagai penggunaan. Penelitian sendiri mau dimulai pada Desember 2018 di dua daerah, yaitu Bandung, Jawa Barat, dan Bali. Konsep baterai ini menjadi salah satu jalan keluar, terutama untuk memudahkan konsumen di negara yang infrastruktur pengisiannya masih minim. Pihak Kompas.com pernah bertanya kepada Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengenai hal tersebut.

“Kita memang sudah rencanakan itu, untuk tahap awal kita siapkan buat PCX EV (listrik),” ujar Thomas menjelaskan bahwa kerjasama tersebut disesuaikan dengan produk yang akan diluncurkan akhir tahun 2018.

Tuh kan, dengan gamblang beliau menyebut akan diluncurkan akhir tahun ini… Thomas melanjutkan, bukan hanya untuk PCX listrik saja tetapi ke depan bisa juga buat model lain yang menggunakan baterai.

“Jadi peran AHM dalam kerjasama ini untuk keperluan seperti itu di masa depan,” tegasnya…

Wuiih, mantap nih jika info ini benar dalam waktu dekat atau diakhir tahun ini AHM akan rilis Honda PCX dengan mesin listrik nih pemirsa… hmmm bisa jadi di ajang IMOS 2018 nih, jadi kita tunggu saja kejutannya…

Baca juga : Kymco Ionex, pesaing PCX Electrik

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.comac
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

    Ditulis oleh Warungasep < a

    Advertisements
    Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.