Oleh Oleh Dari Kota Jogjakarta

Assalamu’alaikum…
Selamat siang pemirsa,detik ini kota Tasikmalaya diguyur hujan disiang bolong,padahal barusan disini rame,di Warungasep lagi ngumpul orang-orang yang lagi ngobrol sama bapak Intel Polisi,tentang temannya pengunjung warung yang kehilangan motor waktu jum’atan kemarin di Masjid Kantor Walikota Tasikmalaya.

Sebenarnya mereka sudah dari semalam menunggu bapak Polisi ini,namun mungkin si bapak Polisinya sudah tidur,jadi baru siang ini ia datang ke Warungasep,eh ternyata cuma mau minta rekaman cctv dari sikorban.

Kondisi saya masih ngantuk efek begadang semalam,hampir seharian jaga warung sendirian,karena gak ada yang gantiin jaga soalnya adik saya lagi si Solo,baru pulang tadi jam 03.00 malam,dia langsung tidur,belum bangun sampe sekarang,haduh jadi gak bisa tidur siang,mau loading power buat nanti begadang malam minggu nemenin Polisi begadang di warungasep 😀

Tapi kali ini saya bukan mau membahas kasus curanmor,tapi ngebahas barang yang saya temukan barusan ditas yang di bawa adik saya,yaitu oleh-oleh yang dibawa dari Jogjakarta,katanya ini makanan khas dari sana,benarkah???? Ini dia:

Lanting

Benar kan ini namanya,emmh… Rasanya gurih-gurih enyoiiyyy…
Mantap 😀

Bakpia Pathok

Saya makan ini sambil ngetik ini postingan,rasanya beda ya kalo yang asli dari tempat asalnya,beda sama yang ada di Tasikmalaya 😀

Jenang

Tapi ini nih yang belum saya coba,kok bentuknya aneh ya? 😀
Mungkin kalo disini yang disebut wajit,atau yang di Garut disebut Dodol,mungkin…

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman budaya,juga beranekaragam makanan,padahal Tasikmalaya sama daerah Jawatengah cuma beberapa km,tapi sudah banyak perbedaan ya dalam soal jenis makanan,sungguh luarbiasa.

Oh iya,saya juga mau memperkenalkan makanan khas Tasikmalaya,apa anda pernah mencoba,atau sekedar melihat atau tahu namanya?

Ini dia makanan khas Tasikmalaya:

Dorokdok

Bahan makanan ini terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan cara dimasak,lalu dijemur hingga kering lalu digoreng,maka jadilah kerupuk yang rasanya gurih-gurih enyoiii…
Makanan ini banyak ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket,setahu saya pabriknya yang terkenal berada di daerah Jl.Paseh Tasikmalaya.

Opak

What do you think abaout opak???
Makanan ini bentuknya bundar,disini ada 2 jenis opak,menurut bahan bakunya,antaralain:
-Opak Ketan,yang terbuat dari beras ketan,dan
-Opak Becak,”what,becak dibuat opak?”,bukan bahan bakunya dari becak,tapi mungkin pemberian namanya saja,karena bentuknya mirip ban becak jadi dikasih nama opak becak,tapi bahan baku aslinya dari olahan singkong.

Sorabi

Mungkin makan jenis ini sudah ada yang tempe ya,eh tahu maksudnya 😀 ,makanan yang terbuat dari tepung beras lalu dimasak pada katel kecil yang terbuat dari besi,biasanya makan ini dibuat untuk sarapan pagi,selain aromanya yang harum,rasanya pun enak apalagi ditambah dengan toping oncom dll.

Sebenarnya masih banyak lagi,namun kebetulan saya mau tidur siang dulu,maka cukup segitu saja,nanti malam ada postingan baru…

Jika ada kesalahan penulisan,mohon dikoreksi,Jogjakarta mantap…

Wassalamu’alaikum…

Advertisements
Advertisements

11 Comments

  1. anyis nyaho aya nu kitu mah init kadinya uing ngahahahahahaa 😀 curcol heula mang dua eutik,gara gara molor ti beurang nepi ka burit tingaleun init ka garut bareng ayang beb gurih gurih nyooooooyyyyy 🙁 🙁 🙁

  2. Komen dkit kang, klo lanting mungkin lbh tepat disebut makanan khas kebumen, bukan yogyakarta.
    Selain bakpia, makanan khas yogya lainnya adalah
    – geplak bantul (terbuat dari kelapa muda dan gula, manisnya luarbiasa)
    – kue kipo (dari ketan dan gula jawa yg dipanggang, warna hijau dari daun pandan, rasanya legit manis dan gurih)
    – kue yangko (dari ketan, gula dan kacang. rasanya empuk, manis dan gurih)
    – dan lain2.. tapi yg 3 diatas bener2 khas jogja, hampir tdk bisa ditemukan di daerah lain.
    Kalau opak, saya sering nyicip juga wkt dulu kkn di purwakarta.

    • Oh gitu ya,wow nice share,itu juga ada yang ngasih,saya pernah ke Jogja dah lama banget,dulu belum ada hp,jadi cuma jalan2 doang,ke borobudur,kebun binatang apa tuh,gembiraloka ya kalo gk salah,terus sekalian ke goa Jatijajar pulangnya,hehe… Banyak banget ya kuliner jawatengah dan jogja,mantap 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.