Perbedaan Nama Sparepart Motor Menurut Montir Bengkel Jalanan

Warungasep Malam ini Tasikmalaya diguyur hujan sejak sore,belum berhenti sampe sekarang,tapi memang sudah menjadi biasa,efek dari hujan,warung terlihat sedikit berkurang pengunjungnya,ya beginilah nasib yang punya warung,hehe…

Tak terasa sudah 7 tahun saya berprofesi rendahan seperti ini,bukannya tak ingin merubah pekerjaan atau status ke level yang lebih tinggi,tapi memang apa yang bisa dilakukan oleh orang yang hanya lulusan S3 (SMP 😀 ),jadi hanya inilah hasil perjuangan saya.

7 Tahun yang lalu,saya bekerja sebagai penjaga toko sparepart motor di sebuah bengkel di Tasikmalaya,dari sinilah kesukaan saya terhadap otomotif dimulai,dan saya akan berbagi cerita lucu semasa saya bekerja di bengkel.

Bisa dibayangkan,saya yang tak punya latarbelakang dan pengalaman apapun,bekerja disebuah toko yang diharuskan mempunyai kemampuan pelayanan yang cepat dan hapal tentang semua produk yang dijual,lah saya,liat bentuk motor juga jarang,hehe…

One upon the time in bengkel,baru beberapa hari bekerja,dan saya baru belajar melayani pelanggan,ada konsumen yang menanyakan tentang sparepart yang dibutuhkannya:

“bos,ada parkit gk?”

saya jawab dengan mimik wajah bego
“parkit???”

“iya,parkit buat cebe gelatik”

pikiran saya langsung terfokus ke burung 😀
“wah,kalo itu sih gk ada,harus ke Cikurubuk pasar burung”

Tragedi pun terjadi,datang my majikan
“ada apa Sep?”

si pembeli tertawa
“hahaha… Bos,beli parkit bos,buat cebe”.

Si bos pun ikut tertawa
“hahaha… Maaf kang,pegawai baru… Sep,ambilin Repair Kit Karburator CB100 dibelakang”.

Wuahahahahaha….
Sampe saat ini saya masih ingat kejadian lucu itu… 😀

Ya,jadi kesimpulannya,ternyata nama2 part di bengkel itu mempunyai nama2 lain yang sudah di ubah dari nama aslinya,dan sudah melekat erat menjadi nama istilah baru dikalangan masyarakat.

Ada juga nama2 lain yang saya temukan selama saya kerja dibengkel,saya gak tau jika disaerah lain mempunyai kesamaan,dan berikut diantaranya:

1.Werpak
Ini dia yang pernah membuat saya binggung,apaan nih,oh ternyata nama ini istilah lain dari Gasket atau Packing 😀

2.Kabilator
Istilah sebutan para montir untuk Karburator,entah bagaimana asalnya,kok bisa gitu,mungkin karena lebih mudah mengucapkannya kali ya.

3.Seher
Kayaknya disemua daerah juga sama,ini istilah lain dari Piston,dan ternyata istilah serapan dari bahasa Belanda dari kata Zuiger.

4.Laher
Istilah lain dari Bearing,dan sama nama serapan dari bahasa Belanda dari kata Lager.

5.Keteng
Istilah lain dari Cam Chain,atau rantai yang menghubungkan antara Cam Shaft dan Crankshaft.

6.Parkit
Nah ini nih kata yang Fenomenal dalam hidup saya,hahaha kata lain dari Repair Kit Karburator.

7.Panyelahan
Nama sebutan untuk Kick Starter (starter tendang,kalo bahasa west javanya:”tajongan ngamimitian”) 😀

8.Sokbeker
hahaha.. Kata lain untuk Shockbreacker Yang ini udah pada tahu,seperti anak SD disuruh nulis Spiderman,menjadi “sepaidermen” 😀

9.Aki Sir
Sebutan lain untuk air aki,kata resapan dari Accu Zuur.

10.Asbes
Nama lain Cincin gasket untuk lubang knalpot.

Sebenarnya masih banyak nama2 istilah sebutan para montir bengkel,tapi cukup segini dulu saya bahas lain kali oke…

Oh ya,buat yang mau nambahin,atau mengkoreksi jika ada tulisan yang salah,silahkan…

Maaf jika ada kesalahan tulisan…

Saya melaporkan langsung dari Warungasep memakai hp Nokia jadul stupidphone X2-01… Trimakasih…. 😀

Advertisements

76 Comments

  1. Parkit sama gelatik berapa bang? hehehe….
    mau nambah dikit :
    Kamprat : Cam chain
    Fuler : Filler
    Planger : Behel
    Slebor : Spakbor
    Pir seker : Piston Ring
    Pelatuk Klep : Rocker Arm
    dsb (dan saya bingung) 😀

  2. Semoga kang asep bukan koruptor 😀

    Karena kalo Allah yang bikin sandiwara, kita punya potensi korupsi miliyaran rupiah tapi gak ada kesempatan melulu. Itulah sandiwara Allah buat hamba2 yang dicintain-Nya.

    Beruntung bisa bekerja dan dapat rejeki yang halal lagi baik. Good job kang asep.

    Btw, keren nih ulasannya. Bermanfaat. 😀

  3. klw disumatra utara
    pilot/main jet = spuyer
    kruk as = sokar
    flasher = tomsol
    silinder head = deksel
    shockbreaker = sokbreges
    bearing = lahar
    kopling = klos
    sein = lampu tangan
    kamrat = temeng
    velg sw/cw = lingkar jari2/ lingkar racing
    fairing = kap
    spakbor = sayap
    undertail = kolong
    plat nopol = beka
    sepeda motor = kereta
    filter udara = saringan hawa

  4. – Cincin/ gasket knalpot disebut asbes karena memang bahannya dulu dari asbes.
    – sokbeker nama aslinya : Shock Absorber. Shock : kejut
    Absorber : penyerap / peredam.
    ———–
    Untuk penyebutan karburator sama ama daerah saya, kabilator.
    – piston : seker
    – bearing : laker
    – glasswool : gasbul
    – cam shaft : kamprat
    – boring : bureng
    – velg : pelag/pelah
    – footPEG : putstep
    – fender / spatboard : slebor.
    – balancer stang : jalu stang
    – klakson / horn / bell
    – sign : riting

1 Trackback / Pingback

  1. ▓ Ini Alasannya Kenapa Saya Milih Honda Vario… ▓ | Warungasep.com

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.