☠ NGOBRAS: Mudik, Jari Tangan Orang Ini Tinggal 9½ ☠

Warungasep – Masih teringat obrolan tadi pagi bersama teman sepermainan yang sudah lama merantau dan kini pulang kampung lalu saya tulis saja diblog tentang pengalamannnya ya walaupun tidak ada yang special, tapi cukup buat saya merinding.

Tapi bukan soal jurig ala merinding seriesnya om Kobayojazz tapi obrolan ini menyangkut bocoran part dari vendor, tapi gak seheboh EA’s Blog Emonanderson 😀 , jadi cuman obrolan warungkopi biasa.

Sebut saja dia Dani(nama samaran), ia merantau sejak putus sekolah sewaktu SMP, beberapa tahun ia merantau hingga ke pulau Sumatra, hingga terakhir ia kerja di sebuah pabrik pembuatan part sepeda motor atau vendor yang menyuplai barang untuk pabrikan AHM, wow…

Tadi pagi ia datang ke Warungasep untuk membeli pulsa, saya kaget, pangling karena sudah lama gak bertemu dia, berubah dari yang dulu, dan hampir saya gak kenal, hingga akhirnya kami pun ngobrol karena saya penasaran akan ceritanya. Berikut obrolannya yang saya singkat dan rubah menjadi bahasa Indonesia supaya pembaca mengerti:

“Dan, kamu kerja di pabrik itu, buat apa aja?” saya bertanya.

“Banyak Sep, misal dudukan rem, handel, footstep buat motor Honda”.

“wah Honda apa? Yang baru ya? CBR lokal ya?
wah semangat nih, awalnya saya pikir 😀

“bebek Sep, Supra, banyak kok, tergantung pesanannya, CBR gak tau tuh!”
yah kirain 🙁

“oh… Dan, katanya barang yang dibuat itu gak boleh di foto, apalagi disebarin ya?”

“Ya, emang gak bisa, rahasia itu, bahaya kalo sampe nyebar mah, kan sudah ada peraturannya Sep”.

“sampe bawa hp gak boleh katanya?”

“hp? Boleh, tapi masalahnya bukan itu, kita kerja itu harus konsentrasi penuh Sep, kerja di tempat gitu banyak resiko, kalo gak jadinya kayak gini!”.

Ia pun lalu menunjukan jari tangannya yang buat saya merinding.

Ilustrasi 🙁

“resikonya kayak gini nih, karena di kejar target orderan semisal kita disuruh bikin part ribuan pieces dalam waktu tertentu, nah kita gak boleh nyantai, jadi gak ada waktu buat mainin hp lah”.

“iiih… Kok bisa gitu Dan, gimana ceritanya tuh?”

“Di pabrik saya kan ada 3 tahap pengerjaan,(bla bla bla… Saya lupa dia nyebutin apa aja 😀 ) Saya kerja bagian megang mesin press, wah namanya mesin kalo gak konsen jadinya seperti ini, waktu itu ya mungkin lagi apes aja, ni jari kegencet, udah resikonya sih”.

“waduh, terus gimana tuh perusahaan tanggung jawab dong ya?”

“Iya pasti Sep, ya namanya perusahaan gede, enak lah, diobatin sampe sembuh, kira-kira seminggu lah. Langsung kerja lagi, karena banyaknya orderan”.

“oh.. Gak kapok Dan?? Hahaha

“hehe… Ya gak lah, temen saya ada yang sampe putus sampe ke siku, ancur dah tuh, saya sampe liat tulang sama dagingnya remuk depan mata, syerem pokonya, tapi selain faktor keteledoran juga, karna faktor lain Sep, tempat pabrik kayak gitu, gak jauh dari dedemit… Hahaha…”

“Maksudny?”

“Yang namanya pabrk, dimana-mana juga pasti ada jurignya, haha… Ya mesin yang biasa saya pegang juga kadang hidup sendiri, naik sendiri, turun sendiri tuh alat pressan, udah biasa”.

“oh… Terus gimana, gak panggil paranormal aja?” 😀

“Sekarang sih udah tahu, kalo lagi merinding terus mesin ada yang aneh, langsung aja nyeduh kopi item, simpen aja tuh belakang mesin, aman… Hahaha…”

“oh gitu caranya, jadi sekaramg jari tangan kamu tinggal 9½ dong? Haha…”

Kasian banget tuh temen saya pemirsa, pastinya gak bisa maenin gitar sekarang, padahal inget dulu waktu SMP lagi sama2 belajar gitar itu saya bareng dia. 😀

Setidaknya jadi pelajaran buat kita, pekerjaan kita yang ringan saja terkadang ada resikonya, apalagi pekerjaan berat seperti pekerjaan temen saya tadi sampai ngerasaain bagaimana resikonya mewujudkan bagaimana sebuah kendaraan yang nyaman untuk kita pakai.
Jadi kita tidak tahu, mungkin saja motor yang kita pakai itu, sewaktu membuat handle rem motor tersebut, tangan seseorang menjadi korban.
Sementara kita tinggal enak pakai, dan memuji terkadang untuk menginanya…
Pikirkanlah 😀

Cukup segitu saja, kisah seseorang yang putus jari telunjuknya sewaktu membuat part motor Honda…
Selamat malam… Selamat bobo 😀

21 Comments
  1. kuclux Reply

Komen Gratis !