Dalam Sebulan Satria FU Injeksi Hanya Laku 1.765 Unit Saja, Tapi Kok Lebih Laris dari Sonic???

satria fu vs mx king

Suzuki All New Satria F150 FI… Motor Tercepat di Kelas masih belum bisa “cepat” dipenjualan Kelas 150cc Underbone…

Warungasep.net – Untung masih memasuki bulan Mei nih pemirsa, jadi membahas data AISI bulan April 2016 belum terlalu “basi” untuk kita bahas. Nah, kali ini yang belum saya laporkan kepada pemirsa adalah Data Penjualan/pendistribusian di segmen sepeda motor bebek/underbone 150cc. Apalagi kalo bukan yang lagi hot nya bertarung dikelas ini antara lain Honda Sonic, Yamaha MX-king series dan Suzuki All New Satria F150. Loh kok, Supra GTR gak disebut?? Ya, motor bebek touring-touringan itu baru lahir kemarin pemirsa, jadi bisa disebut masih bayi gitu, jadi akan mulai ikutan perangnya bulan depan, hehe…

Oke, untuk data AISI di bulan April kemarin saya sudah ungkap data pendistribusian bebek Ayago Honda Sonic di artikel Data AISI Honda April 2016, yakni terjual sebanyak 5.615 unit. Sekarang berapa nih hasil data penjualan dari seterunya?

Hmmm.. Ternyata Yamaha MX-king masih unggul dari Sonic nih pemirsa, tercatat dalam sebulan kemarin bebek bermesin 150cc SOHC bergigi 5 ini terjual 7.681 unit. Sekarang giliran produk Suzuki nih pemirsa, berapa ya kira-kira??? Percaya gak jika bebek ayago berpower 18 daya kuda ini ternyata hanya laku 1.765 unit pada bulan April kemarin.

Wow, ini artinya data penjualan/pendistribusian produk Suzuki ini terus menurun dibandingkan dari pertama dirilis yang mampu mencapai 10ribuan unit. Untuk lebih jelasnya simak Data Lengkap AISI bebek 150cc selama 4 bulan terakhir di tahun 2016 yang bersumber dari kompas otomotif kemarin, cekidot :

Data Penjualan Honda Sonic Suzuki Satria Yamah MX-King
Januari 2016 2.687 unit 2.981 unit* 7.791 unit
Februari 2016 2.587 unit 10.065 unit 14.575 unit
Maret 2016 4.813 unit 3.120 unit 6.712 unit
April 2016 5.615 unit 1.765 unit 7.681 unit
Total : 15.702 unit 17.931 unit 36.759 unit

Nah, pemirsa bisa lihat dari total secara keseluruhan data wholesales produk Yamaha unggul setiap bulannya, jadi bisa dipastikan Yamaha MX-King masih aman untuk diberi gelar Raja bebek 150cc dalam sektor penjualan… sedangkan antara 2 ayago yang sama-sama dibandrol dengan harga Rp. 21jutaan lebih ini terus bersaing ketat, sehingga walaupun produk Suzuki pada bulan terakhir mengalami penurunan drastis tapi jika ditotal selama 4 bulan, penjualan Suzuki Satria FU injeksi lebih unggul dibanding penjualan Honda Sonic, yakni 17.913 unit dengan 15.702 unit. Itu pun jika data penjualannya dijumlah dengan data penjualan Satria karburator di bulan Januari.

Lho, kok Sonic kalah laris dari produk Suzuki Satria selama 4 bulan terakhir?? Ya karena diawal tahun lalu, Sonic terpuruk diangka 2 ribuan unit pemirsa, sekarang gantian, dibulan terakhir ini Satria yang terjun bebeas penjualannnya… hmmmm, apakah ini efek dari hasil balapan Motoprix ya?? karena di beberapa daerah event balapan ini didominasi oleh Ayago dari Honda, jadi mungkin mulai terdongkrak imej Sonic jadi motor juara, hehe… bagaimana menurut pemirsa??

Oke, sekian semoga berguna.. oh ya simak juga data AISI April lainnya secara detail :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Posted from WordPress for Kalkulator

26 Comments

  1. Suzuki g niat jualan motor,sosialisasinya g ada apa lagi promo2an.
    Beda sama honda/yamaha,di setiap tikungan ada salesnya yg lg sebar brosur + ada unit displaynya juga.

  2. data AISI adalah data pendistribusian
    dulu pernah Blogger ini bahas
    tapi sekarang pura2 lupa
    cek lagi…
    1. Januari Satria Karbu yg di hitung, krn Fufi blm mulai debut
    2. bukan karena sonic yg turun jd 2000 an, tetapi bulan Februari karena Fufi Awal Pertama distribusi ke semua Dealer, jd ya harus banyak, dulu juga pernah dibahas.

  3. Kendala yg dihadapi satria fu adalah, mau beli dimana? Dilernya pada tutup…contoh ditempat saya, diler suzuki tutup, harus ke diler kecamatan sebelah yg jaraknya 60 km…beda dengan honda yamaha

  4. Suzuki hrs segera berbenah…. Di tempat ane jg dealer terdekat jaraknya 18km dari rmh, klo yamaha & honda 1km jg udah ada…
    Selain itu calon pembeli jg mngkn msh mikir2, kan fufi ini produk fresh (fi, seblmnya karbu) jd blm terbukti kehandalannya, khawatir terjd sesuatu sedangkan part2nya blm bnyk tersedia di BERES / bengkel umum & toko2 onderdil lainnya… Mngkn batch kedua (facelift) baru bisa meningkat & stabil penjualannya… 🙂
    IMHO

  5. Betul,efek juara trus di balapan, ditambah diblowup ku blogger papan atas.. Beuki we payu.. Eh tapi naha yamahmud nu juara ka hiji tara dibahas??

    Ada uang ada promosi.. Promosi itu berpenfaruh besar trhdp pnjualan.. Hehe..

  6. kekuatan mesin bukan tolok ukur dan fitur satu2nya dalam kesuksesan penjualan suatu produk, banyak faktor lain seperti desain, promosi, penetapan reasonable price, dan benefit saat memilih produknya dibanding produk kompetitor – ini yang belum diperhatikan suzuki.

1 Trackback / Pingback

  1. Data AISI Honda Mei 2016 Lengkap : CBR150R Terjual 7.302 unit Tapi Sonic Anjlok Cuma 972 unit | WARUNGASEP★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!