Suzuki Malaysia “Bangkrut”!!! Suzuki Indonesia Kapan?

suzuki belang malaysia

Suzuki Belang, Satria FU versi Malaysia… wow.. Kini si Belang tutup usia..

Warungasep.net – Dapet press rellease nih dari bro Indra Fathan(thanks ya infonya 😀 ) yang isinya ternyata mengejutkan, “Suzuki tutup Pabrik“, sontak saya kaget, waduh, gimana nih yang nunggu sport saringan bermerk Suzuki, pasti dikasih php nih, kan kasian.. Tapi ternyata setelah saya baca lebih lanjut, oh,, ternyata yang di tutup adalah pabrik perakitan motor Suzuki di Malaysia… syukurlah.

Dari beritan yang dilansir media Malaysia Paultan org disebutkan jika penjualan sepeda motor di negri Jiran semakin kesini terus menurun pemirsa, bahkan penjualan motor Suzuki disana pada tahun 2015 kemarin, tercatat hanya terjual sebanyak 8000an unit saja atau setengah dari total penjualan mereka di tahun 2013. Dan puncaknya adalah di tahun 2016, Suzuki terpaksa menutup pabrik perakitan motor di Malaysia. Ini artinya Suzuki motor mengambil langkah serupa yang dilakukan Suzuki roda 4 yang juga menarik diri dari sana pada awal tahun lalu.

Sebenarnya Produk Suzuki di Malaysia juga sama seperti di Indonesia, dari mulai motor bebek seperti Suzuki Belang(Satria), Samash FI(Shooter) dan matic seperti Suzuki Nex, Skydrive dll. Tapi, sepertinya penjualan di Indonesia lebih baik ketimbang di negri yang punya sirkuit Sepang ini. Tapi kabarnya, walaupun pabrik perakitannya tutup tapi Suzuki Malaysia akan tetap menjual produk motor Suzuki tapi khusus menjual produk Big Bike yang didatangkan secara CBU.

Nah, sekarang bagaimana dengan nasib Suzuki di Indonesia?
Semoga saja tidak mengalami hal serupa ya pemirsa. Dan dilihat dari data penjualannya pun Suzuki masih terbilang laris(tapi jangan dibandingkan dengan duo raksasa Honda dan Yamaha hehe) Tercatat selama tahun 2015 kemarin Suzuki Indonesia total menjual sebanyak 109.882 unit sepeda motor, atau sekitar 1,7% market share tanah air selama tahun 2015, baca lengkapnya :

Baca : Data penjualan sepeda motor selama tahun 2015

Dan tahun ini, penjualan Suzuki terdongkrak dengan hadirnya All New Satria F150 baru, apalagi rencananya Suzuki akan memproduksi motor baru bergenre sport fairing 150cc secara lokal, jadi sepertinya nasib Suzuki Indonesia akan lebih baik dari negara lainnya… Di tambah di Indonesia sendiri loyalis Suzuki cukup banyak, jadi bisa di pastikan produk Suzuki akan punya pasar tersendiri. Tapi sekarang tergantung pihak Suzuki Indonesia sendiri, gimana strategi supaya motornya laku dan sesuai dengan keinginan konsumen dan pastinya sesuai dengan tren pasar, mengikuti arus gitu hehe… Jadi, ya semoga saja Suzuki Indonesia terus maju dan tidak bernasib seperti Suzuki Malaysia… aamiin…

Baca juga : Mesin Suzuki GSX-R250 ternyata 2 silinder

Modenas Dinamik 120 Motor 2 tak yang masih diproduksi di Malaysia

Honda RS150R Repsol Supra GTR versi Malaysia

Honda Dash 110 FI honda Blade versi Malaysia

Suzuki Rader 150 FI, Satria FU injeksi di Vietnam

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Whatsapp : 085222233573

Posted from WordPress for Kalkulato<

2 Comments
  1. Tekno Cacing Manuvaktur Reply

Komen Gratis !