Tentang Yamaha All New R15 2017, Sport Fairing Pertama Dengan Assist & Slipper Clutch, VVA dan Upside Down

Yamaha R15 facelift 2017

Warungasep.net – Tepat hari kemarin tanggal 23 Januari 2016, Yamaha Indonesia merilis motor sport terbaru bernama All New Yamaha R15. Bersamaan dengan kedatangan pembalap dari team Movistar Yamaha Motogp Maverick Vinales yang juga sempat memacu motor sport terbaru ini di lintasan Sirkuit Sentul.

Pasti baru nyadar bukan jika nama “YZF” ini hilang dari nama sport fairing 150cc Yamaha ini? kenapa ya? sayangnya saya belum sempat menanyakannya kemarin dan baru sadar saat kedatangan press rellease dan sedang mengetik artikel ini, hehe..

Dengan tag line baru “Live In The Racing Spirit” motor sport fairing Yamaha ini menawarkan desain baru, mesin baru juga standar baru untuk motor kelas 150cc di Indonesia. R15 ini juga menjadi motor sport pertama yang menggunakan suspensi depan Upside down juga sistem kopling assist dan slipper cluth, fitur yang biasanya terdapat pada moge kini tersedia pada motor sport 150cc.. mantap…

Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Jika Anda mengendarainya akan merasa exciting dengan sangat responsifnya mesin baru ini. Perpindahan gigi dapat dilakukan dengan mudah bahkan ketika motor sedang dalam akselerasi maksimum.

Selanjutnya perlu diketahui pula jika Yamaha R15 baru ini kubikasinya naik menjadi 155cc, bore x strokenya otomatis berubah jika untuk R15 curret ukurannya itu 57,0 mmx 58,7 mm berubah menjadi 58,0 mm x 58,7 mm. Tapi profile camshaftnya sendiri masih SOHC pemirsa, bukan DOHC seperti pada kedua Rivalnya. Namun bedanya R15 baru ini sudah disematkan fitur Variable Valve Actuation yang sebelumnya sukses diterapkan pada skutik Nmax.

Hasilnya power maksimum yang didapat R15 adalah sebesar 14,2 Kw atau setara dengan 19 hp pada putaran 10.000 rpm, sedangkan torsinya mencapai 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm. yang juga dikombiasikan dengan rangka atau frame Twinspar Deltabox dan juga swing arm banana alumunium model baru yang membuat bobotnya hanya 137 kg saja.

Oh ya, R15 baru ini pun menjadi motor sport fairing 150cc yang pertama yang mengaplikasikan suspensi depan Upside down. Ditambah dengan desain velg baru yang membentuk hurup “Y” ditambahkan pula ukuran ban dengan tapak lebar. Dengan ukuran ban depan 100/80 ring 17 inch dan belakang 140/80 17 inch, wuih jadi gambot banget ya.. Ditambah juga Wide Front Disc Brake ber-diameter 282 mm membuat pengereman semakin maksimal.

Selanjutnya mengenai fitur nih pemirsa. R15 baru sudah dibekali lampu depan juga belakang LED, namun sayangnya lampu seinnya masih bahlom biasa, tapi.. keunikannya R15 baru ini sudah ada fitur lampu hazardnya nih pemirsa, jadi makin asik kalo buat touring nih, hehe… Fitur lainnya adalah speedometer full LCD digitar dengan warna latar putih yang bisa diatur kecerahannya. Pada speedo baru R15 ini punya banyak fitur juga seperti Multi Information Display yang lebih lengkap, dipadukan dengan shift timing light, gear indicator position dan yang unik bisa memasukan identitas nama dengan cara men-seting tampilan display speedonya.

Dan terakhir adalah penjelasan tentang desain… New R15 ini mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport. Sebelumnya pemirsa tentu tahu dengan desain Yamaha YZF-R1 juga YZF-R6 2017 yang tahun kemari rilis. Memiliki garis desain garu yang lebih tajam dan aerodinamis. pertama dari tampilan depan R15 juga memiliki desain Air Scoop yang terispirasi motor prototipe Yamaha M1 di Motogp, walaupun di R15 ini Air Scoop ini hanya untuk pemanis tampilan saja supaya terlihat lebih agresive.

Lalu desain buritan pun berubah, jika R15 sbelumnya kita ketahui memiliki desain yang tinggi, nah untuk New R15 ini jok belakang dibuat lebih rendah, tapi tetep mempertahankan aura sportynya ditambah lagi dengan desain buntut yang juga mengadopi R1 dan R6 yakni dengan desain bolong yang membuatnya lebih aerodinamis. mantap..

Informasi tambahan lainnya adalah, jika Yamaha R15 pertama diperkenalkan di India kemudian diboyong dan diproduksi di Indonesia hingga lahir pertama kalinya tanggal 23 April 2014 silam, artinya sudah 3 tahun motor sport fairing Yamaha ini eksis di Indonesia, hasilnya tercatat hingga akhir 2016, sudah ada 137 komunitas R15 di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI). Banyaknya pecinta R15 jadi salah satu alasan Yamaha melakukan pengembangan sepeda motor ini lebih racy dan luxury.
Nah, apakah anda termasuk salah satunya? atau mungkin salah satu yang akan menjadi pemilik Yamaha R15 baru dengan VVA, Slipper cluth juga Ber-upside down ini? semoga saja…

Oh ya, untuk bandrol harga sayang sekali Yamaha belum memberitahukannya, karena kabarnya motornya sendiri belum diproduksi masal dan sepertinya akan mulai dipasarkan masih dalam awal tahun 2017 ini, Target penjualannya pun tidak muluk-muluk cuma 7.500-an unit perbulan. Jadi tentunya masalah harga ini akan menjadi kejutan lagi nih nantinya, apakah akan diatas CBR atau bisa jadi akan diantara GSX nih yang diklaim memiliki bandrol lebih murah? tapi tentu kita tahu jika R15 ini memiliki fitur yang lebih lengkap diantara ke-dua lawannya.. Jadi kita tunggu saja nanti.. semoga berguna

Untuk foto detail dan spesifikasi akan saya bahas di artikel berikutnya…
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

7 Comments

  1. Hmmm. . .nice inpo kang, baru sadar jg, gak pke nm YZF lg, atw mungkin YIMM lupa karena trburu2. . .hmmm
    #NewNameR15only

Komen Gratis !