Honda Africa Twin Kini Hadir di Indonesia, Moge Adventure 1000cc 2 silinder Harga Rp. 464jutaan

Warungasep.net – Selain merilis Honda CBR250RR Repsol Edition, Honda CRF250 Rally dan sekaligus merilis Team Repsol Honda 2017, kedatangan duo Repsol Marquez dan Pedrosa pun menjadi bintang saat peluncuran moge baru Honda yang akan menambah line up Big Bike Honda di tahun 2017 ini, dan inilah Honda Africa Twin yang kini hadir untuk pertama kalinya di Indonesia…

Honda Africa Twin ini bisa dikategorikan sebagai motor Adventure Tourer sejati, yang siap menjelajah segala medan baik on road maupun on road karena memiliki mesin yang bertenaga dan sasis yang dinamis. Sehingga, sama seperti CRF250 Rally, kini di Indonesia Astra Honda Motor punya varian motor yang benar-benar siap untuk diajak menjelajah, atau touring menikmati keindahan alam di Indonesia… mantap…

Dan untuk mengetahui lebih lengkap tentang Honda Africa Twin ini, silakan simak penjelasannya dibawah ini :

Mesin CRF1000L Africa Twin yang compact menghasilkan jarak terendah ke tanah sempurna, menjadi syarat untuk mesin adventure yang sebenarnya. Sekaligus rangkaian komponen yang menghadirkan performa dinamis dan estetika. Pompa air radiator diletakkan didalam penutup kopling, pompa air radiator dan pompa oil digerakkan bersama poros balancer. Box perpindahan gigi manual yang ringan menggunakan shift-cam desain yang sama yang ditemukan pada CRF250R / 450R untuk memastikan perubahan positif dan dilengkapi dengan assist slipper clutch.

Untuk bagian rangka Honda Afrika twin ini menggunakan besi baja dengan jenis frame semi-double cradle menghadirkan keseimbangan saat melakukan perjalanan jauh, bahkan saat penuh dengan beban, performa off road, kelincahan dan kekuatan. Sentralisasi massa seperti penempatan aki di posisi belakang dari cylinder head menghadirkan kontribusi yang lebih dekat dengan gravitasi.

Sedangkan untuk kaki-kaki Suspensi Showa dengan jarak main yang panjang dapat dilakukan penyesuaian penuh dan dipasang radial dengan dual kaliper Nissin 4 piston kaliper dan 310mm wave floating disc brake. Suspensi belakang Showa ini menyediakan spring preload yang dapat diatur. Motor ini sama seperti motor dual purpose lainnya, ukuran ban depan lebih tinggi, hehe yakni berukuran 21 inchi dan belakang 18 inchi dengan ban 90/90-21 dan 150/70-18, lihat :

Mengusung tema desain “unlimited adventure,” CRF1000L Africa Twin memiliki gaya desain bodywork yang kuat dan minim, bobot yang ringan menawarkan perlindungan untuk pengendara di berbagai kondisi cuaca dan bodi yang ramping menunjang kelincahan. Model ini hadir dengan dual LED Headlights yang menjadi original signature dan uniknya tinggi jok bisa disesuaikan pemirsa, dari standar cuma 870 mm bisa diatur lebih rendah menjadi 350mm. Tangki bahan bakar 18,8 liter dipadankan dengan konsumsi bahan bakar yang irit 21.8km/l mampu melakukan penjelajahan jauh hingga 400 km. wow.. siap touring niihh… hehe

Sistem elektrik yang secara keseluruhan mampu mengatasi kondisi apapun on dan off-road yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC) system yang menawarkan 3 tahap kontrol, dan memungkinkan bagi pengendara untuk menonaktifkan sistem ABS roda belakang.

Sama seperti Moge Honda lainnya, Africa Twin juga punya fitur patent bernama Dual Clutch Transmission (DCT), Keunikan fitur DCT ini hadir sebagai pilihan yang disematkan di CRF1000L Africa Twin, dengan penggunaan crankcase yang umum dengan mempertahankan lebar yang sama dengan versi transmisi manual.

Fitur mode standar manual memudahkan pengendara untuk memilih menggunakan mode manual atau otomatik melalui tombol di sisi kiri setang kemudi. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport dengan tiga pilihan dari S1, S2 dan S3.

Dan dalam kondisi tertentu seperti berkendara dengan manuver di kecepatan rendah, DCT secara perlahan melepaskan kopling untuk mengurangi efek dari pergerakan throttle secara cepat di sasis. Tentu saja, DCT untuk model CRF1000L Africa Twin telah dilengkapi untuk dikendalikan di lingkungan adventure. Dengan G switch di tiap mode berkendara, throttle dan ban belakang menyesuaikan transfer tenaga secara langsung dari mesin disesuaikan dengan kondisi off road yang diinginkan.

Lalu apa fungsi utama dari fiotur ini? Fungsi baru dari DCT sistem hadir dalam saat mendeteksi kondisi menanjak. Saat menanjak, fungsi upshift adalah menghambat untuk menahan rpm tinggi; Saat jalan menurun, downshifts terjadi lebih awal untuk memungkinkan pengereman mesin yang lebih baik.

Oh ya, Motor sport adventure ini dikenal juga dengan nama Honda CRF1000L, Moge petualang bermesin 1000cc 2 silinder, wow bayangin mesin 1 silinder tapi cuma 2 silinder, ckckckc… Tenaganya gimana? Powernya diklaim bisa mencapai 70 Kw atau setara dengan 94 Hp pada putaran 7500 rpm, yang dikombinasikan dengan penggunaan 4 katup Unicam head yang sama untuk menghadirkan dimensi keseluruhan yang compact. Cast camshaft yang ringan menggunakan material yang sama dengan CBR1000R, menggerakkan valve train dan dual busi menyalakan bahan bakar dengan udara di ruang bakar.

Sedangkan untuk torsi maksimum sebesar 98 Nm dalam putaran rendah 6000 rpm membuat tenaga yang kuat di semua putaran mesin disertai dengan karakter yang juga bisa memuaskan saat di rpm tinggi. 270° phased crankshaft memberikan karakter tenaga yang berbeda, mengantarkan traksi ban belakang yang sangat mengagumkan. Biaxial primary balance shafts menghilangkan getaran. asyik bukan?

Untuk lebih lengkapnya simak spesifikasi Honda CRF1000L aka Honda Africa Twin dibawah ini (buat yang copas, mohon lampirkan sumber ya, thanks 🙂 ):

Spesifikasi  Honda Africa Twin 2017
Tipe Mesin 4 Tak, Paralel Twin, 8 valve 270° crank and uni-cam berpendingin cairan
Kapasitas Mesin  998 cc
Bore x Stroke  92mm x 75mm
Power Maks  93,8 Hp (70 KW) pada 7500 rpm
Torsi Maks  98 Nm pada 6000 rpm
Rasio Kompresi  10.0:1
Pengabut Bahan Bakar  Fuel Injection
Starter  Electric
Pengapian  Full Digital transitstorized
Transmisi  Manual, 6 gear
Kopling
Wet, multi-plate with coil springs, aluminum cam assist and slipper clutch
Tipe Rangka Baja semi-double cradle denganhigh-tensile strength steel rear subframe
P x L x T  2,335 mm x 930 mm x 1,475mm
Ground Clearance  250mm
Tinggi Jok  870 mm standar, bisa diatur lebih rendah menjadi 850 mm
Jarak sumbu  1,575mm
Kapasitas Tanki  18 liter
Berat  232 Kg
Ukuran Ban Depan  90/90-21
Ukuran Ban belakang  150/70-18
Suspensi depan  45mm cartridge-type inverted telescopic fork atau Updide down with dial-style preload adjuster and DF adjustment, 230mm stroke
Suspensi Belakang  Monoblock cast aluminium swing arm with Pro-Link with gas-charged damper, hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustment, 220 mm rear wheel travel
Rem depan  310mm dual wave floating hydraulic disc with aluminium hub and radial fit 4-piston calipers and sintered metal pads
Rem Belakang  256mm wave hydraulic disc with 2-piston caliper and sintered metal pads. 2-Channel with rear ABS off switch.
Harga  Tipe Standar dengan DCT : Rp 464.000.000

Tipe DCT ABS : Rp 499.000.000

Dan untuk pilihan warna Honda Africa Twin, tersedia dalam 2 pilihan warna, berikut ini adalah foto studionya :

Honda Africa Twin 2017 Indonesiua warna merah

Honda Africa Twin 2017 Indonesia warna Tricolor Red White Blue aka RWB

Terakhir untuk bandrol harga Honda Africa Twin ini ada 2 tipe pemirsa, bisa yaitu untuk tipe standar dengan transmisi manual plus DCT dibandrol dengan harga Rp 464jutaan rupiah sedangkan untuk tipe ABS harganya lebih mahal, hampir menyentuh 500jutaan, tepatnya Rp 499jutaan.. dan hanya tersedia di Big Wing Honda, atau dealer khusus yang jual moge Honda di 10 kota besar di Indonesia… wow…

AHM juga ternyata sudah mempersiapkan Honda Genuine Accessories atau HGA khusu untuk si Africa Twin ini berupa igh Wind Screen, LED Fog Lamp – Kit, Main Stand, Low Seat, Top Box 35 L Kit dan Panniers Kit, berikut penampakan lengkapnya :

Sumber spesifikasi dari Honda.co.uk
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

Advertisements

3 Comments

  1. Pertamak turbo…

    Produk pertalite sebelum nunggu riset pertamak harga “mou” bersama.
    Tebakan ku tdk meleset….”mau dibawa kemana” di 2017….produk selingan sebelum ms terjun bebas….
    Ang data aisi jan 2017 kumaha…

1 Trackback / Pingback

  1. Wuiih, Ada Honda Africa Four? Siapanya Africa Twin? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.