Mengenal Motor Trail dan Off-Road Yamaha di Seluruh Dunia, Belum Ada Yang 150cc Nih?

Warungasep.net – Setelah Honda membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan merilis Honda CRF150L yang merupakan produk baru yang terjun ke segmen motor off-road di tanah air, tentu membuat pemirsa bertanya-tanya, kapan nih kiranya para lawannya terjun di kelas dual-sport ini??? Tentu pemirsa sudah tahu jika Kawasaki sudah lebih dulu terjun di segmen ini dengan KLX series (seperti KLX 150 dan D-tracker 150 )dan KX seriesnya, lalu pabrikan Taiwan Viar juga sudah terkenal banget dengan varian Viar Cross-X seriesnya, dan Suzuki muncul dengan varian Suzuki DR200. Lalu bagaimana dengan Yamaha apakah Yamaha juga akan ikut terjun dikelas Off-road 150cc seperti yang lainnya???

Renderan Yamaha WR150X karya Julak Sendie desain

Sebenarnya, Yamaha juga udah duluan ketimbang Honda nih pemirsa, dengan meluncurkan produk motor Off-road yang didatangkan secara CBU bernama Yamaha WR20R, berikut penampakannya :

Yamaha WR250 R

Namun karena motor ini didatangkan secara impor, maka membuat harganya melambung tinggi hingga mencapai Rp. 97jutaan, padahal kubikasi mesinnya cuma 250cc 1 silinder saja pemirsa… Dan pertanyaan pun muncul, apakah Yamaha punya varian motor dual sport atau motor trail bermesin 150cc, seperti layaknya KLX150 series juga CRF150R/L series???

Jawabannya sepertinya belum ada pemirsa, tapi Yamaha juga punya lho line up motor off-road atau motor dual purposenya dan sama lengkapnya dengan pabrikan lainnya, sebut saja Yamaha seri YZ, WR, TW, TTR dan PW series. Dan berikut ini akan saya tampilkan beberapa line up produk motor trail Yamaha di seluruh dunia, cekidot :

Yamaha YZ series :

Motor trail diatas adalah Yamaha YZ series yang dipergunakan untuk kompetisi balap Motocross juga untuk motor Enduro, dalam artian motornya tidak street legal karena tidak dilengkapi lampu depan, almpu rem spion dll.

Yamaha WR250X

Yamaha juga punya motor dual purpose yang street legal, dan bisa dikendarai dijalan umum dan tidak ditilang, hehe salah satunya adalah Yamaha WR-250X yang punya desain Supermoto yang super ganteng nih pemirsa, motor ini adalah sodaranya WR series seperti WR250R yang dijual di Indonesia juga WR250 F yang merupakan motor kompetisi balap Motocross 250cc.. Dan motor ini sepertinya rival kuat bagi Kawasaki D-Tracker 250 juga Honda CRF250M.

Yamaha XT250X

Yamaha XT250 series ini adalah varian lain dari motor dual purpose Yamaha, jika WR punya spesifikasi advance dengan mesin yang powerfull dan desain sporty, nah seri XT ini lebih biasa saja dengan mesin berpendingin udara dan ciri khas lampu bulat, yang berati motor ini sama-sama street legal.. Ya mungkin jika di Honda persamaannya mirip CRF series dengan XR seris pemirsa…

Yamaha TW200

Yamaha TW 200 ini dijual di pasar Amerika nih pemirsa, punya desain yang unik ULTRA‑LOW SEAT, ULTRA‑DUAL SPORT. mengusung konsep Versatility, comfort dan extra‑low seat with big fat tires untuk ultra‑smooth ride. Cukup aneh juga ya modelnya, hehe… Mungkin bisa disebut pesaingnya Suzuki Fan-fan kali ya? CMIIW…

Yamaha TTR series

Motor ini juga di jual di daerah Amerika dan Eropa nih pemirsa, seri ini sering digunakan untuk kegiatan motor Enduro/Cross Contry, beragam macam juga serinya tapi yang paing banyak dipakai adalah seri TTR 230 juga TTR125cc.

Lho, kok mana motor trail 150cc dari Yamaha? Kok gak ada??? Ya bisa dibilang untuk motor dual sport Yamaha global seri 150cc ini belum ada nih pemirsa… Tapi, setelah saya ubek-ubek situs Yamaha di luar negri, akhirnya ketemu juga nih motor dual purpose Yamaha yang bermesin 150cc, berikut ini :

Yamaha Crosser 150

Yamaha Crosser 150 ini adalah produk lokal Yamaha Brazil nih pemirsa, modelnya sendiri lebih ke arah street bike dengan tampilan motor adventure dengan ban dual purpose dan velg jari-jari, tapi fitur-fiturnya cukup lengkap nih pemirsa, speedometernya juga kombinasi digital dan analog :

Mesinnya sendiri mirip seri FZ-15 aka Byson dengan mesin 150cc 1 silinder SOHC berpendingin angin sepoi-sepoi, oh ya disana motor ini berjibaku langsung untuk melawan varian Honda XR series seperti lawan sekelasnya Honda XR150L juga Honda XRE190

Nah, melihat motor-motor cross/trail/ dual sport diatas, apakah kiranya YIMM akan menjadi yang pertama memproduksi motor garuk tanah untuk pasar global seperti yang mereka lakukan terhadap N-max series ya?? Kalo menurut pemirsa gimana? cukup segini dulu ya pemirsa, ngantuk banget nih, coba tulis dikolom komentar jika ada yang belum ditulis diartikel ya, hehe dan maaf jika ada kesalahan mohon dikoreksi juga monggo komentarnya…

Pict : Adi Purnama di Tokyomotorshow

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Blogspot : Motorjipi.com
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Posted from WordPress for Kalkulator<

Advertisements
Advertisements

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.