Kawasak ZXR900, Z900 Yang Berubah Jadi Neo-Classic Sport Bike

Warungasep.net – Gambar diatas adalah potongan dari sampul majalah Young Machine yang mereka pajang di Fanspage mereka di Facebook. Namanya Kawasaki ZXR900. Awalnya saya mengira jika gambar tersebut hanyalah renderan, dimana mungkin media Jepang membuat ilustrasi berdasarkan prediksi atau bocoran produk baru yang akan hadir di masa mendatang, karena memang bukan hal yang aneh jika setiap bulannya mereka selalu membuat renderan calon produk baru. Seperti ini penampakan full sampulnya :

Dari namanya sendiri, kemungkinan jika ZXR900 ini bisa jadi merupakan diversifikasi dari naked bike Kawasaki Z900 , yang juga sebelumnya sudah hadir terlebih dahulu dengan varian sport retro Kawasaki Z900RS dan Z900RS Cafe dan jika memang motor ini akan ada kemungkinan bisa jadi merupakan versi fairing dari Z900RS, istilahnya sport bike Neo-classic-nya dari Z900RS.

Tapi, setelah saya telusuri garis sejarahnya, apakah ZXR900 ini sudah pernah ada dimana silam?
Ternyata tidak, terkecuali mungkin varian Superbike ZX-9R yang hadir sebelum hadirnya ZX-10R. Setelah saya telusuri lagi, lhadalah malah menemukan gambar ini :

Kok mirip sama yang dirender pihak Young Machine Jepang?
Ternyata Kawasaki ZXR 900 ini bukan merupakan sebuah gosip motor baru, tapi merupakan sebuah karya custom modifikasi dari sebuah bengkel odif bernama Japan Legend. Mereka merubah tampilan sang naked Z900RS dengan memakaikan half fairing ala motor sport bike klasik alias Moge jadul ala jaman-jamannya Andy Low gitu, hehe…

Kabarnya, tema modifikasi ini terinspirasi dari Moge jadul Kawasaki ZX-R750 H1 1989 dimana livery motor balap Kawasaki jadul terasa banget dengan didominasi warna hijau muda dipadukan dengan warna putih dan biru.

Desain lampunya dibuat sama dengan motor-motor sport fairing jaman dulu, dua buah lampu bulat kecil yang begitu klasik terasa sentuhan modernnya dengan sorot lampu LED. Mesin 4 silinder Z900 bagitu ditonjolkan karena motor ini hanya menggunakan half fairing.

Sayangnya dibagian tail light dan body belakang terasa begitu maksa sehingga terkesan murahan, padahal secara konsep motor ini cukup menarik seandainya jika Kawasaki Jepang merealisasikan konsep Sport Bike Classic ini menjadi salah satu line up moge terbaru mereka di segmen motor klasik, yang tentunya tema motor klasik di kelas naked sudah begitu mainstream dan jika motor ini hadir tentunya akan menjadi trend baru, apalagi MV Agusta sudah hadir duluan dengan merilis sport bike klasik MV Agusta Super Veloce. Yang tentunya akan menjadi pesaing kuat di segmen sport 800cc hingga 1000cc. Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya..

Sumber : Young Machine, Motorival

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.